Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

TRAVELING

LIFESTYLE

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » 7 Kebiasaan Buruk Pemicu Obesitas



Anisa AE - Obesitas atau kegemukan adalah berat badan yang berlebih dikarenakan penumpukan lemak pada tubuh. Obesitas bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak sampai dewasa. Hal ini tentu perlu diwaspadai, karena mengingat obesitas dapat mempengaruhi gerak bebas kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari, akibat fatal dari obesitas bisa merenggut nyawa. Penyebab obesitas sendiri tidahanya dipengaruhi oleh faktor makanan berlemak yang dikonsumsi. Komponen lain meliputi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan juga gula. Berikut ini beberapa kebiasaan yang menjadi pemicu obesitas.

1. Diet tanpa konsultasi dengan ahli gizi
Diet memang efektif dalam menurunkan bert badan, akan tetapi diet tanpa adanya pengawasan dari ahli gizi adalah sia-sia. Bisa jadi metode-metode yang digunakan selama diet tidaklah efektif. Kaena fungsi dari ahli gizi sendiri adalah membantu dalam pengawasan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang bagus untuk diet tetapi dengan memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Jadi, sebelum memutuskan untuk diet, alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi agar mendapatkan diet yang sehat dan juga efektif.

2. Kebiasaan kurang tidur
Tidur yang cukup sangat diperlukan bagi metabolisme tubuh. Menurut ahli kesehatan, tidur yang cukup minimal selama 8-9 jam dalam sehari. Saat tidur tubuh melakukan proses pembakaran kalori, tentunya hal itu dapat membantu dalam mengurangi berat badan. Tentunya saat Anda kekurangan tidur maka akan lebih sedikit lemak dan kalori yang dapat dibakar oleh tubuh, akibatnya terjadi penumpukan lemak yang berlebih pada tubuh. Kekurangan tidur juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung dan anemia. Orang bisa bertahan hidup satu minggu tanpa minum air, akan tetapi tidak dengan kekurangan tidur. Oleh sebab itu, jaga pola tidur Anda mulai sekarang.

3. Kurang mengonsumsi air
Minum air yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Dengan minum enam gelas air setiap harinya dapat mengurangi 50 kalori dalam tubuh. Minum air secara teratur saat bangun pagi dapat mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh atau istilahnya sebagai detoksifikasi alami.

Baca juga : APEL BERBAHAYA





4. Makan banyak
Melihat makanan yang menggugah selera tentunya membuat Anda ingin sekali memakan makanan tersebut. Apalagi melihat makanan di rumah makan dengan porsi banyak yang kebetulan sedang ada potongan harga, tentunya hal itu sangat sayang untuk dilewatkan. Akan tetapi abaikan saja promo tersebut, fokuslah pada makanan yang sehat yang hendak Anda konsumsi. Sebaiknya, makan makanan yang rendah lemak dan berserat tinggi.

5. Makan yang terburu-buru
Mengunyah makanan dengan terburu-buru hanya akan menambah berat badan saja. Karena orang yang makan terburu-buru menambah 66 kalori ke dalam tubuhnya. Hal itu disebabkan otak kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal kenyang. Oleh sebab itu, orang yang mengunyah makan perlahan-lahan akan lebih sedikit makan dari pada orang yang terburu-buru menghabiskan makanannya.

6. Jangan tertipu dengan iklan makanan bebas lemak
Sejatinya makanan yang menyatakan bahwa kandungan di dalamnya rendah lemak itu hanya digantikan oleh karbohidrat ringan. Hal ini menyebabkan saat Anda mengonsumsi makan tersebut tubuh menjadi sangat mudah mencernanya, hal itu memungkinkan anda menjadi lebih sering lapar dan akhinya mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan.

7. Suka minuman bersoda
Minumam bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Meminum satu sampai dua kaleng soda setiaphariya mampu meningkatkan resiko obesitas sekitar 33%.

Dari kebiasaan sepele di atas mungkin secara sadar ataupun tidak Anda pernah melakukanya atau bahkan menjdi kebiasaan Anda sehari-hari. Setelah membaca artikel ini cobalah untuk mengubah sediki demi sedikit kebiasaan Anda yang dapat memicu bertambahnya lemak di dalam tubuh.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

14 komentar:

  1. dalam 1,5 tahun BB naek 20 kilo -_-
    alhamdulillah sekarang agak ketat mengurangi makan dan rutin berolahraga. semoga gak tambah melar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, nih. Aku belum 2 tahun juga nambahnya 20 kilo. :'D Butuh perjuangan untuk menurunkan.

      Delete
  2. Ada beberapa poin di atas yang saya lakukan juga mbak, mungkin itu sebabnya saya susah kurus ya. Terutama susah minum air putih dan tidur setelah larut. Wah mulai sekarang harus mengubah kebiasaan nih supaya hidup lebih sehat dan terhindar dari obesitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Semi kesehatan juga. :)

      Delete
  3. aduh ternyata pe er ku banyak banget nih biar ga kegemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. PRnya kita kerjakan bareng saja, Mbak. :D

      Delete
  4. Wah, benar2 harus diperhatikan yang masalah tidur untuk mahasiswa seperti saya. Kalau malam, mau tidur, sukanya malah lihat hape. Gak kerasa bisa tahan melek sampai lewat tengah malam. Beda ceritanya kalau baca buku ._.

    Artikelnya sangat informatif bu, terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  5. Ke 7 hal tersebut bener banget. Sering takut kalau berat badan naik. Maka dari itu harus bisa mengubah pola makan neh

    ReplyDelete
  6. Nice share, Teh, mengingatkanku banget akan kurang tidur nih. Harus segera jauhi, kembali ke jadwal awal.. Kesehatan itu memang sangat penting, terkadang sebagai manusia suka lupa, ingat pentingnya sehat disaat sakit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Kesehatan jadi mahal ketika sakit. Tapi, sebenarnya banyak cara murah meriah untuk memulai hidup sehat.

      Delete
  7. Aku mau cobain semua tipd diatas supaya badanku yang kurus bisa gemuk haha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, tukeran yuk? Soalnya aku gemuk nih. :'D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.