Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

TRAVELING

LIFESTYLE

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » Peristiwa Yang Melandasi dan Makna Hari Pahlawan






Anisa AE - Hari ni tepat tanggal 10 November 2017 adalah Hari Pahlawan Nasional. Hari bersejarah di mana setiap tahun nya di Indonesia memperingati hari gugurnya pahlawan di Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945.

Mungkin beberapa dari kita ada yang belum mengetahui kenapa tanggal 10 November di tetapkan sebagai Hari Pahlawan. Pada tanggal 10 November bukan hanya di sebut sebagai perayaan besar. Melainkan hari untuk mengenang jasa dari pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk bangsa Indonesia

Tanpa di bayar sepeserpun, para Pahlawan berjuang demi kemerdekaan bumi pertiwi. Dengan semangat juag yang luar biasa tangguh, tak gentar meskipun nyawa adalah taruhnnya. Dengan melihat perjuangan para Pahlawan, alagkah baiknya jika kita generasi penerus bangsa mengetahui sejarah dari peristiwa 10 November untuk mengenang jasa-jasa mereka.


Sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November 1945

Peristiwa 10 November di kenal sebagai hari Pahlawan. Di mana para Pahlawan Indonesia gugur di Medan pertempuran melawan NICA yang bersekutu denan Belanda. Peristiwa-peristiwa penting terjadi di Surabaya melatar belakangi sejarah dari 10 November.

1. Peristiwa Hotel Yamato

Yang melatar belakangi perang 10 November adalah insiden yang terjadi di hotel yamato Surabaya. Di atas hotel Yamato Surabaya orang-orang Belanda di bawah kepemimpinan Mr. Ploegman dengan sengaja mengibarkan bendera merah putih biru yang merupakan bendera Belanda . Hal ini tentu membuat kemarahan di hati masyarakat Surabaya saat itu. Karena dianggap sebagai pelecehan terhadap kedaulatan negara Indonesia yang telah memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Kematian Jendral Mallaby

Setelah peristiwa gencatan senjata yang terjadi pada 29 Oktober antara tentara Indonesi dan pasukan Inggris, keadaan berangsur membaik. Namun, setelah terbunuhnya Jendar Mallaby, kemarahan rakyat Surabaya kembali berkobar. Bentrokan dan gencatan senjata kembali terjadi. Pasukan Inggris melakukan Ricklef yang di sebut sebagai “Pembersihan Berdarah” yang merupakan aksi untuk membersikan seluruh kota.

Serangan ini tidak membuat rakyat takut. Arek-arek Suroboyo semakin menancapkan keberaian dalam memperkokoh pertahanan. Ribuan rakyat lebih memilih untuk bertahan melindungi kota, ketimbang lari dan menurunkan senjata ketika Inggris memberikan ultimatum.





Meskipun rakyat tau jika mereka tidak meninggalkan kota, korban jiwa akan berjatuhan. Semangat juang yang tinngi membuat mereka bisa mempertahankan kota Surabaya. Meskipun pada tiga hari pertama, Inggris sempat menguasa kota, Tiga minggu setelahnya arek-arek Suroboyo kembali bisa merebut dan mempertahankan kota.

Banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat dari peristiwa 10 November, sekitar 6000 pejuang gugur di medan pertemuran. Dan yang lain pergi meninggalkan kota Surabaya.
Hingga saat ini, peristiwa pertempuran yang terjadi di Surabaya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tentunya hari ini tidak hanya menjadi hari yang mengajak rakyat Indonesia untuk mengenang aksi heroic arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Melainkan juga menjadi momentum untuk merenungi betapa besarnya perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa.


Lalu apa makna tersendiri Hari Pahlawan?

Hari pahlawan di peringati setiap tanggal 10 November. Kita sebagai generasi penerus bangsa memang tidak perlu mengorbankan nyawa seperti para pahlawan untuk melindungi bangsa ini. Akan tetapi, seperti kutipan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”, tentu saja kita perlu memperigati Hari Pahlawan setiap tahunnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah menjadi generasi penerus bangsa yang baik. Menjaga bangsa ini agar tetap merdeka. Merdeka melainkan bukan dari jajahan koloni, tetapi merdeka dari di jajah kebodohan. Kita selayaknya harus meneruskan semangat juang dari Pahlawan. Semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang berguna dan positiv menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Mari, kita sebagai generasi penerus bangsa meniru semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan tempur. Demi kemajuan dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia. Selamat Hari Pahlawan bagi seluruh rakyat di Indonesia.





Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

12 komentar:

  1. Selamat hari Pahlawan juga, Mbak Anisa, semoga kita bisa mengerti dan paham akan makna perjuangan yang sesungguhnya.

    Dan kita bisa menghargai para pahlawan yang telah gugur untuk membela tanah air.

    ReplyDelete
  2. Sumpah aku sendiri aja baru tahu landasan sejarah dari 10 November dari artikel ini lhooo mba.. makasih ya sharingnya :)

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Setuju, kita harus bisa meniru semangat perjuangan para pahlawan. Bisa dengan menjaga kedamaian dan ketentraman ya.

    ReplyDelete
  4. Selamat hari pahlawan ten Anis.
    Sayang sekali kantorku tetap saja tidak libur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Di sini pun tidak libur. :'D

      Delete
  5. semoga ada banyak pahlawan di sekitar kita ya mbak

    ReplyDelete
  6. Selamat hari pahlawan *telat sih yaa* hehe

    setuju.. setuju.
    kita sebagai generasi muda harus punya semangat yg tinggi demi kemajuan bangsa kitaaa..

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.