Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

LIFESTYLE

TRAVELING

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » » Secangkir Kopi Sejuta Manfaat





  
Anisa AE - Kopi adalah minuman yang sangat digemari oleh sebagian orang. Memiliki aroma yang harum dan bisa membangkitkan semangat hanya dengan mencium aromanya. Di Indonesia kopi adalah minuman favorit selain teh. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kedai-kedai kopi yang bermunculan di hampir seluruh Indonesia. Dari kaum muda sampai tua tak bisa terlepas dari yang namanya kopi. Menegak kopi di pagi hari seakan menjadi ritual khusus yang tak bisa terlewatkan sehari-harinya.

Meskipun peminum kopi terbanyak di pegang oleh Negara Finlandia, tak menutupi fakta jika di Indonesia juga menjamur para penikmat kopi. Di Indonesia juga memiliki kopi-kopi lokal yang rasanya sudah diakui oleh dunia, di antaranya seperti kopi luwak, kopi toraja, kopi gayo, dan kopi java. Selain bisa meningkatkan semangat di pagi hari, meminum secangkir kopi setiap hari memiliki manfaat lain yang harus Anda ketahui.



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting bagi seluruh manusia yang ada di dunia ini. Tak ada yang lebih berharga dari kesehatan. Meskipun memiliki banyak uang, jika tubuh tidak sehat maka tak ada gunanya sama sekali. Toh nanti uang tersebut juga akan habis jika kita gunakan sebagai dana untuk berobat. Selain makan empat sehat lima sempurna dan berolahraga, apa saja yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan? Vitamin dan suplemen, istirahat yang cukup tentu saja. Tapi kali ini adalah kopi yang bisa membantu tubuh dalam mencegah berbagai macam penyakit. Wow benarkah demikian? Hanya dengan beberapa cangkir kopi yang tentunya telah menjadi kebiasaan lumrah di pagi hari bisa mencegah penyakit di dalam tubuh. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda yang sudah terbiasa meminum kopi setiap harinya.

1.     Menurunkan resiko terkena Alzheimer

Para ahli telah melakukan penelitian bahwa kopi bisa menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer. Penyakit ini biasa menyerang pada usia paruh baya sampai lansia. Dengan menurunnya penyakit ini, tentunya dapat meningkatkan kinerja dari otak kita. Perlu diketahui, jika penyakit Alzheimer ini adalah penyakit keturunan. Otomatis kemungkinan terkena Alzheimer akan meningkat jka salah satu dari keluarga ada yang terjangkit penyakit ini. Untuk itu sebagai pencegahan kita bisa meminum kopi rutin setiap hari satu cangkir, tentunya dengan olahraga dan pola hidup yang sehat.

2.     Mecegah kanker

Meminum kopi sebanyak satu cangkir sampai dua cangkir setiap harinya bisa mencegah terjangkitnya kanker di dalam tubuh. Dikarenakan kandungan antioksidan alami di dalam kopi dapat mencegah berkembangnya sel-sel tubuh menjadi kanker. Sejauh ini meminum kopi dapat mencegah terjangkitnya kanker usus besar, tetapi belum ada penelitian lanjut yang mengatakan jika kopi bisa menyembuhkan kanker.



3.     Mengurangi rasa lelah

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meransang fungsi dari otak kita sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik, hal tersebut berdampak pada berkurangnya rasa lelah tubuh kita. Biasanya para pekerja kantor yang sedang lembur kerja mengandalkan kopi sebagai pembangkit stamina dan mengurangi rasa kantuk. Saya sendiri jika ingin begadang dengan tujuan tertentu seperti menonton film selalu menyediakan secangkir kopi hangat agar lebih melek, hehe.

4.     Membantu dalam proses pembakaran lemak

Menurut penelitian, kandungan kafein dalam kopi bisa membantu dalam proses pembakaran lemak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya suplemen penurun berat badan yang menggunakan kafein sebagai komposisi di dalamnya. Kemungkinan presentase pembakaran lemak oleh kafein sebanyak 10%. Tentunya hal ini baik bagi Anda yang menderita kelebihan berat badan. Saya sendiri juga baru tahu :D akan segera saya praktekkan dan kita lihat hasilnya.






5.     Berumur panjang

Orang yang setiap harinya mengonsumsi kopi memiliki resiko terkena penyakit sangatlah minim. Hal ini berdampak pada kesehatan tubuh. Jika seseorang memiliki tubuh yang sehat maka sudah pasti orang tersebut akan memiliki umur yang panjang. Tapi perlu diingat jika hidup yang sehat tidak hanya terpacu pada kandungan kopi yang kita minum. Akan tetapi juga perlu asupan gizi lain sebagai penunjang pola hidup sehat, olah raga teratur, dan istirahat yang cukup.



Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

Setelah mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan, sekarang adalah waktunya membahas manfaat kopi bagi kecantikan. Ternya kopi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain memiliki aroma dan rasa yang nikmat, manfaatnya sangat banyak sekali. Salah satunya bagi kecantikan. Siapa di sini yang tidak ingin tampil cantik? Semua kaum hawa tetu mendambakan memiliki wajah yang cantik dan awet muda. Bahkan ada yang rela melakukan perawatan mahal demi mendapatkan kulit dan wajah yang cantik. Hmm … padahal ada loh alternatif lain jika iningin punya kulit yang cantik. Salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan alami. Kopi salah satunya. Siapa yang belum tahu jika kopi sudah banyak dipergunakan dalam dunia kecantikan. Biasanya sabun pencuci wajah, lulur dan masih banyak lagi telah menambahkan kopi ke dalam komposisinya. Berikut ini manfaat kopi bagi kecantikan yang bisa di praktekkan di rumah ^^.

1.     Scrub wajah

Ampas kopi bisa digunakan sebagai scrub alami. Scrub dengan ampas kopi bisa membantu dalam pengangkatan sel-sel kulit mati. Sehingga wajah yang tadinya kusam tertumpuk oleh sel kulit mati beragsur menjadi lebih cerah. Bisa juga mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang berminyak.  Asalkan rutin menggunakanya 2 hari sekali.



2.     Sebagai masker wajah

Selain digunakan sebagai scrub wajah, kopi ternyata juga bisa digunakan sebagai masker alami wajah. Kandungannya bisa mengencangkan wajah dan mengurangi efek garis-garis kerutan pada wajah. Sekarang ini banyak produk kecantikan yang menggunakan komposisi kopi di dalamnya. Kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli? Hehe. Cara menggunakan masker kopi dengan melarutkan kopi terlebih dahulu dengan air agar berbentuk seperti pasta.

3.     Membuat awet muda

     Kandungan kafein di dalam kopi bisa menangkal peradangan saat proses penuaan. Hal ini membuat peminum kopi bisa lebih awet muda. Tentunya dengan tidak terlalu berlebihan juga dalam mengonsumsinya. Hal ini merupakan kabar yang saya dan Anda sebagai penikmat kopi kan? Karena selain nikmat ternyata juga bikin awet muda ^^.

Bagaimana? Ternyata banyak sekali manfaat kopi yang tak terduga bagi kesehatan tubuh dan kecantikan . Asalkan kita bisa mengonsumsi kopi segelas saja setiap hari, sudah banyak manfaat yang diperoleh bagi tubuh. Untuk diingat jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Karena sesuatu yang berlebihan nyatanya tidak akan baik bagi kita sendiri. Bisa jadi manfaat yang seharusnya didapatkan malah sia-sia dan bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Selain manfaat, pasti ada saja efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi kopi.

1.      Tentu saja menyebabkan insomnia atau gangguan sulit tidur, oleh        sebab    itu jangan mengonsumsi   kopi 4 jam sebelum tidur.
2.      Panas dalam jika berlebihan mengonsumsinya.
3.      Jantung berdetak kencang

Akan tetapi efek samping tersebut tidak berbahaya selama kita mengonsumsi kopi dalam batas dan jumlah sewajarnya. Jadi sudahkah mulai mengonsumsi kopi setiap hari? Mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Semoga bermanfaat ^^.




  Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

10 komentar:

  1. Manfaat kopi banyak banget ya. Saya memang suka kopi. Sekarang lagi jadi penikmat grern coffee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kalau aku sih, sukanya Cappuchino. :v hihihihi

      Delete
  2. Sebagai kopi manis, saya sangat setuju dengan ulasannya, hehehe Hidup Kopi!

    ReplyDelete
  3. Saya suka bau kopi mbak Anis, segar gitu. Saya dan suami sama-sama menyukai kopi, hanya suami rutin pagi dan sore kalau saya paling sehari satu kali.

    Oh, ternyata bisa untuk masker wajah juga ya? Jadi pengen nyoba nih :)

    ReplyDelete
  4. menarik utk mengetahui kopi bisa jd masker wajah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... Ayo dicoba, Mbak. :D

      Delete
  5. Ternyata kopi mengandung banyak manfaat ya mbaa :)) selama ini isu yg beredar kalau kopi cuma banyak kafeinnya.. tapi ternyata ada manfaat lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Pasti ada manfaatnya. Kalau kena dampak negatif, itu karena kita mengkonsumsinya berlebihan. :V

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.