Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

LIFESTYLE

TRAVELING

KISAHKU

KULINER

INFO

» » » 5 Tips Membuat Mood Menulis Dalam Kedaan Bagus






Anisa AE - Hallo … Kali ini saya akan membahas seputar dunia kepenulisan. Sempat ada yang bertanya bagaimana sih caranya agar mood menulis bagus terus.
Oke, menurut saya pribadi, mood adalah hal yang sangat mempengaruhi dalam perihal menulis. Mau itu siang, pagi, malam, mood adalah yang paling penting. Bisa jadi kamu lancar-lancar saja menulis di hari-hari biasa pas mood lagi bagus. Tapi, kalau sampai mood lagi nggak baik alisbad mood, dijamin kamu gak bakalan bisa konsentrasi saat menulis.

Atau bisa jadi pas mood lagi gak bagus dan dipaksaain nulis, isi tulisannya pasti jadi gak bagus -,-. Ada yang ngalami kayak saya gak nih? Hmm, kalau cuma sehari atau dua hari saja sih gak masalah yaa. Lah kalau badmood nya berhari-hari gimana dong? Bisa gak kelar-kelar nulisnya, apalagi dengan DL yang pendek, otomatis naskah kudu cepet diselesaikan.
Untuk itu saya biasanya mencari akal supaya mood saya tetap dalam keadaan bagus. Krena saya beranggapan jika penulis produktif tidak akan menunggu mood membaik, melainkan membentuk mood itu sendiri jadi lebih baik. Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk membuat mood tetap dalam kondisi bagus?


1. Ingat tujuan kalian menulis

Sebenarnya mood adalah sesuatu yang bisa dikendalikan oleh diri kita secara sadar. Hanya saja banyaknya orang malas yang mengatakan jika mereka sedang tidak dalam kondisi mood, jadilah istilah mood yang seolah tidak bisa dikendalikan oleh diri kita.

Ya, karena mood itu bisa dibuat oleh kita, maka munculkan dalam fikiran kita untuk selalu mengingat tujuan awal dari kita menulis. Maka dengan demikian pasti akan ada rasa semangat untuk menulis kembali.


2. Refreshing sejenak

Penulis itu nggak ada hari liburnya! Bener nggak? Kalau gak kita sendiri yang meliburkan diri sendiri, ya nggak ada libur. Karena disibukkan dengan aktivitas menulis setiap hari, pasti tubuh juga akan merasakan kejenuhan. Kejenuhan ini yang bisa menimbulkan badmood.




Sesekali cobala untuk berhenti sehari saja dari aktivitas menulis. Bisa kalian gunakan untuk jalan-jalan atau menghabiskan waktu dengan hobi yang lainnya. Seperti menonton film, makan di luar, atau bisa juga shopping. Hehe. Dijamin setelah merefresh diri, mood kalian akan kembali membaik 
3. Menulis dengan target

Suatu hal yang dilakukan dengan target pasti akan berjalan dengan baik. Jika kalian hanya menulis asal-asalan saja maka akan timbul kejenuhan di pertengahan. Berikan target pada diri sendiri, misalkan kalian ingin menjadi seorang penulis terkenal yang banyak menerbitkan buku-buku laris dipasaran.

Maka target yang harus dilakukan seperti saya harus menulis setidaknya satu halaman setiap harinya. Memang terlihat sepele, tapi cobalah untuk menargetkan diri sendiri. Sehingga kalian menulis juga punya tujuan yang pasti dan terencana.


4. Bergaul dengan sesama penulis

Percaya atau tidak, pergaulan ini menentukan mood kita untuk menulis. Kalau kalian banyak bergabung dengan jejaring sosial yang anggotanya adalah penulis-penulis maka otomatis semangat menulis kalian akan bertambah.

Kalian juga bisa banyak belajar dari pengalaman-pengalaman para penulis. Oh ya, sebaiknya kalian juga banyak sharing dengan penulis lain, itu juga bisa membangkitkan mood menulis lho.

5. Usahakan selalu punya bahan untuk ditulis

Nah untuk tips yang terakhir ini memang terlihat sepele. Tapi jangan ketawa dulu deh, kalian pasti kalau sudah nggak punya bahan untuk ditulis, jadinya malah males untuk nulis lagi. Jadi usahakan untuk menetapkan setidaknya beberapa bahan yang bisa kamu tulis misalnya satu bulan. Bulan beriktnya kamu bisa menetukan bahan apa lagi untuk ditulis. Gak cuma nulis novel saja, nulis artikel juga bakalan bingung kalau gak ada bahan yang bisa ditulis. Hehe.
Itu tadi beberapa tips yang bisa saya bagikan pada kalian untuk menjaga mood dalam kondisi bagus. Sebenarnya mood itu bukan ditunggu untuk membaik yaa. Melainkan dibentuk oleh pikiran kita sendiri. Ingatlah beberapa pokok penjelasan saya diatas, maka semangat nulis kamu tidak akan pernah down.




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

20 komentar:

  1. Nah yang nomor empat belum saya terapin mba kecuali hanya gabung di grup-grup blogger. Pengen ngumpul langsung tapi masih punya anak piyik :D
    thanks for sharing ya mba. Kadang sudah numpuk ide, eksekusinya yang payah. ckck.

    ReplyDelete
  2. pengenlah produktif kayak mbak anis.

    ReplyDelete
  3. masalah terbesar adalah kerjaan di dunia nyata wkwkw
    bener sih mbak harus ada tujuan ya
    klo males2an, kapan nulisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget. :D Jadi nggak nulis-nulis. :D

      Delete
  4. Setuju, nice share ya, Teh..
    Semoga terus bis semangat, moodnya baik dan istiqomah berbagi dan menginspirasi lewat tulisan..

    ReplyDelete
  5. Ada kalanya mengalami virus hiatus dan salah satunya dipengaruhi mood. Refresh sejenak yg ampuh saya terapkan sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Kalau udah mood hilang, nulis pun jadi nggak bisa. :'D

      Delete
  6. Ini informasi sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya saya blogger pemula, terima kasih mbak anisa

    ReplyDelete
  7. Lah ini tips buat saya banget mbak Anis. Meskipun saya bukan penulis novel, tapi ngeblog kan juga nulis ya. Saat ini saya ngeblognya moodnya lagi terjuan bebas mbak, kalau pulang kerja bawaannya capek pengennya tidur aja, hehe. Mungkin faktor U juga yaa..

    Semoga kedepannya saya bisa seperti mbak Anisa yang sangat produktif dan selalu semangat buat nulis, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aamiin ... :D Kita pasti bisa produktif. :D

      Delete
  8. Belum bisa produuktif ni, karena sekdar hobby saja untuk mengisi waktu luang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nantinya bisa lebih produktif lagi :)

      Delete
  9. klo saya banyakan g mood-nya daripada moodnya...
    alhasil 2-3 hari baru bikin artikel..^^

    makasi artikelnya.. jd moodbooster nih..^^

    ReplyDelete
  10. Iya sih kak kadang ada komen dimana susah banget ngumpulin mood buat nulis. Aku coba deh terapin tipsnya satu per satu.

    Thanks for share ya Kak Anis! :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.