Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

Featured post

Kumparan Solusi Mudah Baca Berita Terpercaya

Anisa AE - Di era milenial, hampir semua orang bergantung dengan yang namanya smartphone. Dari anak-anak hingga orang dewasa, me...

TIPS

LIFESTYLE

TRAVELING

KISAHKU

KULINER

INFO

» » » 5 Manfaat Sarapan Pagi yang Harus Kamu Ketahui






Anisa AE - Tiap pagi, saya sekeluarga selalu mengawali hari dengan sarapan. Sudah menjadi kebiasaan dari saya kecil dulu, ibu membiasakan saya agar rutin sarapan sebelum melakukan aktifitas sehari-hari.

Saya orangnya kalau belum sarapan suka pusing, kalau gini udah pusing, malah gak konsen mau kerja. Mungkin ada beberapa di antara kita yang suka malas untuk sarapan pagi. Banyak alasannya, karena kesiangan gak sempat buat sarapan, mungkin karena belum masak, atau bahkan karena sudah jadi kebiasaan jadi malas buat sarapan.

Seperti Machin yang susah banget kalau diminta sarapan. Ada saja alasannya untuk menolak jika diminta sarapan. Hmm, sepertinya kebiasaan itu harus segera diubah. Karena sarapan itu hal terpenting bagi kesehatan tubuh kita. Kalau kata para ahli gizi, sarapan adalah asupan nutrisi yang tepat untuk mengawali hari.

Gak kebayang gimana jadinya saya kalau harus melewatkan pagi hari tanpa sarapan, loyo, lemes dan gak konsen buat kerja. Apalagi saya kerjanya butuh konsentrasi tinggi, bisa-bisa acak adul semua kalau sampai lemes. Buat anak-anak juga sarapan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Saya gak mau anak saya nanti pertumbuhannya lambat.

Buat sebagian orang yang suka menyepelehkan sarapan, yuk disimak dulu apa saja manfaat sarapan yang rugi banget kalau sampai dilewatkan. Bahkan melewatkan sarapan bisa juga merugikan kesehatan tubuh.

1. Sumber Energi

Sudah jadi rahasia umum kalau sarapan pagi adalah sumber energi sebelum melakukan aktivitas. Saya kalau sudah sarapan, pasti bawaanya semangat buat melakukan pekerjaan. Sarapan walaupun hanya sedikit sudah bisa membantu asupan energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Sesibuk apa pun, saya mengusahakan untuk tetap sarapan. Begitupula dengan anggota keluarga saya. Jadilah kebiasaan sarapan seperti sudah hal wajib yang kalau tidak dilakukan itu berasa kayak bersalah aja. Hehe.

Kalau alasan tidak bisa sarapan gara-gara kesiangan dan buru-buru tidak bisa masak, satu cara yaitu beli. Hm, beli makanan jadi kalau gak bisa masak. Kalau gak mau beli makanan jadi karena takut berpengawet, berpemanis, dan tidak selera, bisa makan roti saja sama minum susu.

Yang masih alasan gak bisa minum susu pagi-pagi karena mual, bisa minum sereal. Sekarang banyak kan jenis sereal yang dalamnya ada kandungan susu, protein, vitamin dan lain-lain yang bagus banget buat tubuh, contohnya yang sering saya konsumsi adalah Energen. Harganya murah dan mudah pula pembuatannya, tinggal tuang pakai air panas, diaduk, dan langsung nikmati.


2. Meningkatkan Konsentrasi Otak

Selain jadi sumber energi tubuh, sarapan adalah asupan untuk menjaga konsentrasi otak. Sarapan dan konsentrasi itu sangat berhubungan satu sama lain. Seperti hukum alam, ada aksi maka menimbulkan reaksi.

Kalau kita tidak sarapan, maka reaksi tubuh jadi lemes, kalau sudah lemes pasti gak akan konsentrasi lagi. Nah itulah saya bilang saya selalu sarapan tiap pagi. Apalagi anak-anak, saya wajibkan banget.

Anak saya masih usia kelas satu SD, di usia seperti ini anak butuh banget konsentrasi untuk menyerap seluruh materi yang diajarkan di sekolahnya. Sarapan bisa membantu anak saya jadi lebih konsentrasi dan mudah mengerti penjelasan gurunya. Pernah dulu sempat ramai di grup WA wali murid, gara-gara ada yang pingsan saat upacara. Katanya sih belum sempat sarapan.

Sarapan bersama si kecil

3. Baik untuk Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh harus tetap terjaga supaya kita tidak mudah jatuh sakit. Nah, sarapan ini bisa membantu mengembalikan metabolism dan menjagannya agar tetap stabil.

Di malam hari, orang cenderung tidur selama delapan jam tanpa mengonsumsi apa pun kan. Nah, pagi harinnya, ketika kita sarapan, maka makanan ini bisa menjadi energi untuk mengembalikan metabolisme tubuh.

Bayangkan jika kita tidak sarapan di pagi hari setelah semalaman perut dalam keadaan kosong, energi sudah tentu menurun. Bila dipaksakan untuk melakukan kegiatan seharian, makan tubuh akan mengambil sisa energi dari cadangan gula dalam tubuh yang disebut glycogen.

Saat tubuh kekurangan glycogen, bisa menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh. Kalau metabolisme tubuh menurun, maka kita jadi gampang sakit.

4. Bagus Untuk Mengontrol Berat Badan

Siapa yang sering bilang gak mau sarapan karena takut gendut? Hey! Salah banget lho, ini presepsi kuno yang harus diluruskan. Kalau kita cenderung menunda untuk tidak sarapan, yang ada kita malah jadi kalap pas makan siangnya.

Ya karena sedari pagi sudah nahan lapar kan, pas jam makan siang dan melihat banyak makanan, otak kita tidak bisa lagi menahan pikiran untuk tidak menjadi rakus dalam satu kali makan. Bisa-bisa malah yang tadinya niat diet jadi batal gegara makan gak ukuran.

Sayang banget kan? Mending sarapan pagi, nanti siangnya makan sedikit untuk mengganjal perut, jadilah diet bisa terlaksana. Lagian kalau kita tidak sarapan dan nahan lapar, bisa-bisa kena penyakit pencernaan seperti maag atau asam lambung.

Bisa jadi kurus tapi penyakitan. Siapa yang mau kayak gitu? Enggak lah. Sehat itu mahal, lebih dari segala-galanya. Apalah arti penampilan fisik kalau tubuh nggak sehat. Mulai sekarang biasakan untuk sarapan yaa.


Olahraga bareng

5. Panjang Umur

Kalau tubuh sehat maka sudah dipastikan akan panjang umur. Aamiin. Jadi sarapan punya ikatan kuat dengan panjangnya umur kita. Risiko terkena penyakit aneh-aneh seperti maag, liver, jantung dan lainnya juga berkurang.

Karena sarapan bisa membantu menjaga stabilitas metabolisme butuh, jadi tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Meskipun terlihat sepele, ternyata manfaat sarapan bagi tubuh kita sangatlah besar yaa.

Sekarang masih mau ninggalin waktu sarapan? Yakin nih? Kalau saya emang sudah membiasakan sarapan, jadi insyaAllah akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika ada acara dan saya dituntut untuk berangkat lebih pagi agar on time, wah bisa bahaya jika tidak sarapan.

Tapi perlu diingat juga kalau sarapan adalah cikal bakal untuk mengembalikan energi tubuh dan menjadi asupan energi untuk melakukan kegiatan sepanjang hari. Sarapan harus mempertimbangkan gizi yang terkandung dalam makanan.

Saya akan kasih tahu referensi sarapan simpel yang menyehatkan. Tentu tidak ribet dan hanya membutuhkan waktu sebentar dalam pembuatannya.

1. Jangan sarapan yang banyak mengandung lemak berlebihan. Lemak memang dibutuhkan untuk tubuh, tapi kalau kebanyakan malah bikin kolesterol.

2. Makan makanan yang kaya akan serat dan air. Karena pagi hari biasanya tubuh akan melakukan detoksifikasi alami, maka makanan yang kaya akan serat dan air bisa membantu memperlancar prosesnya. Seperti memperlancar pencernaan, sehingga mudah dalam BAB.

3. Sarapan dengan menu yang tinggi akan protein juga vitamin. Protein bisa membantu dalam pengembangan otak, jadi bagus untuk perkembangan anak juga kan. Anak bisa jadi lebih pintar.

4. Kalau bisa sarapan yang mengandung empat sehat lima sempurna. Sudah tahu kan apa itu empat sehat lima sempurna, jadi ya udah gak usah dijelaskan. Namun, saat ini hal tersebut sudah mulai ditinggalkan dan berganti nama menjadi gizi seimbang. Kalau emak-emak zaman old seperti ibu saya, masih menganggap empat sehat lima sempurna.

5. Meskipun sarapan baik bagi tubuh, jangan makan terlalu banyak. Ingat, yang berlebihan itu nggak baik bagi tubuh, jadi sarapan secukupnya.

Jadi saya kasih tahu untuk mengonsumsi ini tiap pagi untuk sarapan, mengandung formula gizi yang disempurnakan.





1. Roti

Sudah bukan rahasia lagi kalau roti ini bagus buat menu sarapan. Kandungan karbohidrat dalam sepotong roti tawar bisa mengembalikan asupan energi tubuh yang sedari malam belum terisi.

Ada yang bilang sih, orang Indonesia itu kalau belum makan nasi belum kenyang, kata siapa? Emang bener, saya juga gitu kok, wkwk. Jadilah saya makan roti ini kalau gak sempat nanak nasi, ambil praktisnya saja, makan roti tawar dikasih selai, sambil minum susu atau teh hangat. Cukup kenyang kok kalau buat aktivitas sampai siang hari, yakin deh.

2. Telur

Telur adalah sumber protein. Protein bagus untuk pertumbuahan sel-sel tubuh. Telur juga baik untuk merangsang kecerdasan otak. Kalau anak-anak suka makan telur bagus banget tuh, bisa jadi cerdas nanti anaknya. Hehe.

Anak saya suka banget makan telur yang dibikim omlete atau telur mata sapi. Asalkan menunya telur, udah deh gak usah ditanya lagi lahap makannya kayak apa.

3. Sayuran

Sayuran bagus untuk membantu memperlancar pencernaan. Jangan hanya makan yang berlemak dan protein saja. Tapi sayur juga penting lho. Tapi kadang suka khawatir nih, anak saya tuh gak terlalu suka sayur. Seperti yang saya katakana tadi. Dia sukanya sama telur, kalau gak gitu sosis, hmm.

Tapi saya gak habis akal, kadang sayur saya campur tuh ke dalam omeletenya, hehe. Kalau gak gitu sayur saya ganti sama buah-buahan. Kandungannya hampir sama kan, dia juga lumayan suka kalau sama buah-buahan.

4. Nasi

Ini buat yang gak kenyang makan roti buat sarapan. Bisa mengonsumsi nasi secukupnya saja tapi. Jangan muluk-muluk, nanti malah gak baik bagi tubuh. Kan waktu sarapan juga perut kosong selama hampir 8 jam, kalau langsung makan banyak bisa begah dan kembung tu perutnya.

5. Susu

Seperti formula empat sehat lima sempurna. Susu juga penting untuk melengkapi gizi sarapan. Kandungan kalsiumnya baik untuk pertumbuhan tulang. Biar anaknya tinggi dan gak pendek, harus sering minum susu yaa. Hehe. Untuk orang tuanya juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi biar gak keropos pas masih muda.

Ribet dan terlalu banyak yang harus disiapkan? Tenang saja, ada satu solusi untuk sarapan yang didalamnya mengandung ke-lima formula di atas tapi hanya dalam satu produk saja. Yaitu Energen, sarapan cepat, praktis dan bergizi.

  • Energen Untuk Sarapan Bergizi dan Praktis
Saya biasanya kalau sudah mepet jam berangkat anak sekolah dan juga tidak sempat masak atau menyiapkan sarapan. Energen jadi salah satu andalan saya untuk melengkapi nutrisi harian. Selain bikinnya juga praktis dan mudah banget. Tinggal masak air sampai mendidih, lalu tuangkan ke dalam cangkir yang berisi energen.

Saya selalu sedia Energen di rumah, tiap belanja bulanan pasti selalu mampir ke supermarket buat beli energen minimal satu bulan 4 pack. Eh, kadang juga ada yang rencengan gitu kok pas saya beli di pasar. Ya, karena rumah saya dekat dengan Pasar Kepanjen, kadang kalau gak sempat beli di Supermarket ya langsung aja beli ke Pasar, hehe.


  • Energen Untuk Bekal Travelling
Energen juga bisa jadi bekal praktis saat travelling lho. Kan biasanya kalau jalan-jalan gitu ribet bawa makanan banyak-banyak. Apalagi kalau travelling bareng anak-anak kan banyak barang bawaan lain. Jadilah saya selalu bawa energen ini di dalam tas saya.

Kemasannya juga praktis kan, tinggal diletakkan di bag khusus makanan. Nanti kalau sewaktu-waktu lapar di jalan, tinggal buka aja terus seduh di cup gitu. Cupnya juga bisa pakai cup plastik kan. Biar gak pecah, hehe. Jangan lupa untuk bawa air hangat di termos mini, gak usah banyak–banyak, toh juga cuma buat keadaan yang mendesak.

Traveling bareng anak


  • Kesukaan Anak-Anak
Anak saya suka banget nih sama energen, ibuknya juga sih, hehe. Biasanya kalau tiap pagi suruh minum susu kadang suka bosen anak-anak. Jadi saya cari alternative lain tuh buat pengganti susu yang gizinya cukup tinggi.

Saya pilih energen deh, karena di dalam kandungan energen sudah terdapat susu pula. Jadi selain sereal juga plus susu. Nah, anak saya suka banget sama Energen yang rasa coklat. Tanpa dipaksa pun pasti sudah minta sendiri, hehe. Kalau saya suka yang rasa kacang hijau, enak banget pas anget-anget gitu.

  • Banyak Varian Rasa
Kalau dulu yang bilang Energen cuma rasa coklat dan vanilla, sekarang gak lagi. Karena Energen sudah berinovasi dengan rasa-rasa baru yang gak kalah lezat. Ada rasa coklat, vanilla, jahe, kacang hijau, jangung.

Btw, ada yang udah nyobain yang rasa jagung kan? Iya, energen yag satu ini unik emang, ada butiran jagung manis asli gitu dalam kemasannya. Hehe, rasanya unik, manis. Satu lagi yang rasa jahe juga enak lho, bisa diminum pas musim hujan gini, bikin badan hangat.

  • Kandungan Nutrisi Energen
Ini nih yang bikin saya jadi langganan sama Energen. Kandungan gizi yang ada di dalam energen sudah cukup mengimbangi energi untuk menjalani hari. Tapi juga harus diimbangi dengan makanan lain yang bergizi.




Energen hampir tiap hari jadi teman kami sekeluarga untuk sarapan. Praktis tinggal tuang, hehe. Hemat juga lho, kan harga Energen rahmah di kantong juga. Bahkan di toko sebelah rumah saya ada yang jual per sachet gitu, jadi bisa beli bijian. Hehe.

O ya, kemarin saya lihat ada varian baru yaa Energen ini yaitu yang Oat Milk Energen, tapi saya belum pernah nyoba sih. Karena di daerah saya belum ada, di supermarket besar mungkin ada, tapi saya belum survey.

Kalau ada kesempatan, pasti saya akan mencoba Energen Oat Milk ini. Kandungannya pasti lebih bagus yaa, secara gandum tuh banyak banget manfaat bagi tubuh. Sementara ya harus menikmati Energen sereal ini sih, karena belum ada Oat Milk Energen di daerah saya.

Jangan lupa untuk selalu membiasakan sarapan setiap hari yaa. Setelah ada Energen ini gak ada lagi alasan buat sarapan itu ribet. Karena cuma butuh beberapa menit saja menyiapkannya. Selain itu juga harus diimbangi dengan makanan bergizi lainnya yang juga mengandung serat dan vitamin. Biar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.


Sejauh ini tisak ada kata bosen untuk menyantap Energen setiap pagi dalam kamus harian saya. Karena banyak varian yaa, kalau bosen satu rasa ganti rasa lainnya. Hehe. Terhitung sudah hampir dua tahun lebih lho saya selalu nyetok Energen di rumah, wkwk. Biarin deh, yang penting saya dan keluarga juga suka kok.

Malahan anak saya sering tuh makan Energen langsung tanpa diseduh dengan air panas. Katanya enak kayak makan coklat bubuk. Hadeeeh.

Nah, kalau kalian gimana cerita sarapan seru di rumah? Sharing yuk, siapa tahu kita bisa berbagi kreasi menu sarapan tiap hari biar gak bosen. Atau ada yang suka berkreasi dengan Energen di rumah? Bagi tipsnya dong~ Hehehe.






Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

46 komentar:

  1. Saya seringnya sarapan nasi, mba. Udah kebiasaan dari kecil, hihihi...
    Tapi kadang juga sarapan roti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sarapan nasi kok hehe, kadang juga roti.

      Delete
    2. energen seral memang banyak mengandung nitrisi, khusunya karbohidrat ini bagus untuk pengganti alternatif menu pagi jika nggak sempat sarapan ya... mbak..

      Delete
    3. selain sarapan pagi, tambahan asupan dari makanan yang padat bergizi itu perlu , sereal padat gizi dan nutrisi tidak slah lagi yaitu energen sereal

      Delete
    4. Betul banget, apalagi kandungan gizi energen cukup unutk megawali aktivitas harian.

      Delete
  2. Yup, betul sekali. Saya mengharuskan anak saya sarapan, apalagi masa sekolah energi pada pagi hari itu penting sekali sebagai bekal menerima ilmu. Selain itu biar nggak lemes atau malas di sekolah, konsentrasi dan perhatian pada Guru.

    Sarapan favorit anak saya apalagi kalau bukan ayam hehe.. Tapi kalau pas nggak ada atau pagi-pagi pas nasi habis, saya akan memberikan sarapan alternatif. Salah satunya Energen. Bisa pilih rasa sesuai selera, dan tinggal ambil di warung saja nggak usah bayar. Kan warung sendiri.. ehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enaknya punya warung sendiri :D Anakku juga suka ayam Mbak, hehe.

      Delete
  3. Aku suka energen yang rasa jagung Mbak. semuanya suka sih, tapi yg paling suka yg rasa jagung. Kalau sarapan buru-buru atau untuk sahur, aku minum energen ini (kalau ada persediaan, hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak emang yang jagung, manis terus buliran jagungnya juga enak :D

      Delete
  4. Aku juga selalu biasakan anak-anak untuk sarapan, soalnya aku sendiri juga suka pusing dan gak bisa mikir kalau enggak sarapan hehehe...
    Energen, kalau di rumah itu jadi andalan banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong Mbak, di rumahku juga selalu nyetok energen. :D

      Delete
  5. Kalau anak-anak saya doyan banget Energen coklat. Nah, kalau saya sendiri ya yang kacang hijau. Pas banget di mulut penyuka bubur kacang ijo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul banget, yang rasa kacang hijau emang juara. :D

      Delete
  6. aku sejak sekolah kalau ga sempat makanan berat energen jadi pilihanku mba sampe sekarang uda mau punya 2 anak tetap aja energen jadi pilihan hehehe seperti sudah ter-mindset gitu mba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, emang praktis buat sarapan sih. Jadi lebih menhemat waktu. :D

      Delete
  7. Kalo badan kurusan, dikit-dikit orang nanya, "Lagi sakit, ya?"
    Ditanya begitu sama nyebelinnya dengan ditanya: koq gemukan ya ... hahaha

    Asyuk tuh ya kalo bisa mengontrol berat badan. Kalo sarapan bisa dikontrol, mestinya bisa ya Mbak Nisa.

    Sukses ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, hehe. Sarapan yang sehat juga perlu. :D

      Delete
  8. Saya termasuk yg susah sarapan pagi loh
    Seringnya dibarengin sama makan siang
    Ha-ha-ha
    Wah bisa panjang umur toh, jadi kalo orang yg matinya umur 99 tahun bisa jadi1000 tahun umurnya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngaco lah XD Setidaknya jauh dari penyakit bikin panjang umur, hehe.

      Delete
  9. Minum Makanan Bergizi hihi
    Kenapa makanan diminumya? Harusnya kan minum minuman bergizi wkwkw

    Dan ini emang andalan sih, waktu ngekost sewaktu kuliah dulu. Karena ya males bikin makanan buat sarapn,jadi ya energen aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah diganti makan dan minum bergizi, ehehehe. Biar gak bentrokan. XD

      Delete
  10. Kalau sarapan pagi ,saya lebih suka roti dan susu. Sarapan pagi demi sebuah energi, biar kerjanya lebih semangat tidak loyo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, hehehe kalau kerja loyo jadi gak konsentrasi.

      Delete
  11. Menerapkan hidup lebih teratur dgn membiasakan sarapan pagi yg memiliki peran penting utk memulai hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, hehe. Sarapan emang penting banget.

      Delete
  12. Bener mba, ku ga pernah kelewatan sarapan :)

    ReplyDelete
  13. klu sarapan dng ubi singkong bagaimana mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah kok, kan ubi juga karbohidrat.

      Delete
  14. Kalau pagi sudah baik sarapannya, tubuh tidak akan loyo kekurangan energi yaaa mba

    ReplyDelete
  15. waah.. komplit begete!
    sarapan itu emang penting banget ya mbak, ane kalo ngeblog belum sarapan pasti nggak bakalan selesai tuh artikel (kalo ditemenin cemilan beda cerita) soalnya yang kebayang makanan mulu. hehehe
    keren tulisannya

    salam blogger dan salam Hoki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehehe, asal ngemilnya juga yang sehat. Gak masalah juga sih.

      Salam blogger ^-^

      Delete
  16. Aku suka energen yang kacang ijo sama original

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan dong, aku juga suka kacang hijau.

      Delete
  17. Aku selama ni makan telor rebus aja ka anisa sama susu biasanya.. jarang makan nasi.. pengen si nyoba energen tp uda jarang nemu d minimarket. Jadi kangen energen rasa kacang hijau. Enak banget tu ka mengenyangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, padahal di minimarket sini banyak yang jualan energen lho. Hehe. Aku juga suka tuh yang kacang hijau.

      Delete
  18. Anak wedokku seneng banget nih Energen. Dia segala rasa Energen mau. Akupun jadi ikutan suka sarapan Energen, terutama yg kacang hijau. yuuummm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan lagi nih, aku juga suka energen yang kacang hijau, hehehe.

      Delete
  19. jadi inget pas kuliah dulu... tiap pagi n sore saya bikin energen..
    sering juga g saya sedu tapi langsung di gado, tapi klo digado saya suka yg rasa kacang ijo..ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, suka digado juga ya? Anakku yang kecil suka tuh gado energen yang coklat.

      Delete
    2. waduh.. kayak anak kecil dong aq..^^
      milo juga gtu aq mbak.. dirumah pasti ada milo. tapi g q sedu.. langsung q makan bubukannya aja.. lebih greget.. :D

      Delete
  20. Semenjak mengurangi konsumsi nasi saya makan apa aja buat sarapan, dulu minum teh ga kenyang klo nggak minum susu, sekarang sarapan cuma roti sama eh hijau dan ini kenyang haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalau aku juga masih suka sarapan pakai nasi Mbak. :)

      Delete
  21. Saya sering banget minum energen ini,karena emak-emk bangun dari pagi sudah nyuci,ngepel,baju basah,perlu hngat-hangat agar ngga sakit perut juga.

    ReplyDelete
  22. Energen ini kesukaanku banget karena praktis buat sarapan kalo mau berangkat kerja

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.