Kumparan Solusi Mudah Baca Berita Terpercaya






Anisa AE - Di era milenial, hampir semua orang bergantung dengan yang namanya smartphone. Dari anak-anak hingga orang dewasa, menjadikan smartphone sebagai kebutuhan pokok lagi, bukan kebutuhan tambahan seperti dahulu kala.

Memang ada yang masih bisa hidup tanpa smartphone, tapi orang akan mengatakan jika itu kuno. Smartphone sekarang bukan hanya digunakan untuk sekedar gaya-gayaan saja. Mengingat banyak sekali informasi yang bisa diperoleh melalui benda canggih ini.

Kalau dulu kita harus membeli koran untuk mengetahui apa yang sedang hangat terjadi dan diperbincangkan, sekarang udah beda lagi. Dari aplikasi smartphone, semua berita yang bahkan baru terjadi beberapa menit lalu, bisa kita ketahui dengan mudah.

Tidak hanya informasi dari dalam negeri, melainkan dari berbagai dunia bisa dengan mudah di akses melalui smartphone.

Berbicara mengenai situs penyedia informasi dan berita yang ada di smartphone. Banyak sekali jenis dan ragam aplikasi yang menyajikan berita di dalamnya. Tapi perlu diketahui, kita harus pandai menyaring informasi yang di dapat dari internet.

Tidak semua informasi tersebut sesuai fakta, ada beberapa informasi yang isinya adalah hoax semata. Kita harus pandai memilah informasi yang diperoleh, jangan biarkan hoax meraja lela dan meracuni pikiran semua orang.

Hoax secara tidak langsung menjajah negara kita. Bagaimana tidak? Banyak orang yang tidak mengetahui jika berita yang ia peroleh adalah hoax dan dengan mudahnya langsung mempercayai isi dari berita itu.

Sayangnya mereka bukan hanya percaya pada isi berita, melainkan juga membagikannya dari satun akun sosial media ke akun sosial media lainnya. Dengan mudah hoax menyebar ke seluruh penjuru tanpa diketahui jika berita itu adalah hoax alias palsu.

Sangat disayangkan bukan? Dengan berkembangnya teknologi, memang memudahkan orang dalam memperoleh informasi, akan tetapi berita hoax juga dengan mudah meracuni pikiran masyarakat.

Bagaimana agar kita bisa terhindar dari berita hoax yang bisa berdampak negatif pada kemajuan negara ini? Saya akan berbagi tips agar kita bisa memperoleh informasi dan berita yang tidak mengandung hoax di dalamnya.



1. Cari tahu sumber berita

Sebelum kita mempercayai suatu informasi, harusnya kita mencari tahu dulu asal dari informasi tersebut. Apakah hanya dari opini atau memang ada bukti nyatanya. Itulah sebabnya, jangan dengan mudah membagikan berita atau informasi yang di dalamnya tidak terdapat bukti atau pun fakta yang mendukung berita tersebut.

2. Perhatikan kalimatnya

Dalam membaca suatu informasi dan berita, kita pasti akan memperhatikan terlebih dahulu kalimat yang dipergunakan dalam penyampaiannya. Jika terdapat kata-kata sugesti seperti “sebarkanlah untuk kebaikan, share untuk amalan, etc.” Mungkin kita patut untuk berpikir lagi jika berita tersebut sepertinya hoax.

Berita tersebut mengandung kata-kata persuasive yang cenderung hanya menginginkan share dari pembacanya, tanpa memperdulikan isi dari berita itu fakta atau hoax.

3. Jangan sebarkan jika tidak tahu faktanya

Jika kita masih tidak yakin dengan berita yang kita baca, maka jangan menyebarkannya pada orang lain. Itu sama halnya kita membagikan berita hoax pada banyak orang.

Carilah kebenarannya dulu jika ingin membagikan berita tersebut. Jika sudah terdapat sumber yang jelas dan pendukung fakta, barulah kita bisa membagikan berita tersebut.

4. Jangan menulis berita hoax

Jika kita tidak suka dengan beredarnya berita hoax, maka jangan sesekali kita ikut-ikutan menulis berita hoax. Meskipun sepele, berita hoax itu mudah menyebar di internet. Karena mudahnya akses internet di dunia yang serba canggih ini membuat segala sesuatu mudah menyebar.

5. Membaca berita dari situs yang terpercaya

Salah satu yang bisa mendasari berita itu hoax atau tidaknya adalah dari mana kita memperoleh berita tersebut. Jika kita memperoleh dari situs yang sudah terpercaya, sudah dipastikan jika berita itu real dan sesuai fakta.

Sekarang ini banyak situs yang menyediakan informasi terupdate dan terpercaya. Salah satunya adalah Kumparan. Di situs kumparan.com kita bisa mendapatkan informasi dan berita seputar sepak bola, ekonomi, hiburan, politik dan masih banyak dari bidang lain.


Informasi yang diberikan tidak hanya dari lingkup nasional, melainkan informasi dari internasional juga bisa didapatkan di sini.

Selain itu, kumparan.com juga memiki aplikasi baca berita yang bisa dengan mudah diinstal di smartphone lho. Jadi lebih mudah jika ingin membaca berita, tinggal buka aplikasi kumparan di smartphone.

Sebelumnya kita harus download dulu aplikasi kumparan di Playstore atau pun App store. Setelah itu barulah kita bisa menikmati baca berita dari layar smartphone kita.

Saya sendiri termasuk yang menggunakan aplikasi kumparan, karena memudahkan saya dalam mencari tahu berbagai informasi yang terjadi baru-baru ini. Apalagi saya adalah blogger yang harus update dengan berita terkini.

Mempunyai dua orang anak dan mengurus sebuah penerbitan membuat saya jarang yang namanya menonton acara berita. Setidaknya dengan adanya aplikasi kumparan bisa membuat saya tidak sampai ketinggalan update informasi.

Aplikasinya juga tidak memakan begitu banyak tempat memory internal ponsel. Tidak seperti aplikasi berita kebanyakan yang biasanya membuat kinerja ponsel jadi lelet karena kapasitas aplikasinya yang besar.

Menurut saya, emak-emak zaman now harus mempunyai aplikasi ini di dalam smartphonenya. Membantu banget untuk selalu update informasi dalam dan luar negeri. Tentunya berita dan informasi yang diberikan fakta dan no hoax.





Salah satu berita yang saya baca di kumparan dan lagi jadi hot topik adalah artikel dengan judul “Alexis Tamat”. Siapa yang tidak tahu dengan Alexis? Tempat yang menjadi sarang prostitusi orang-orang kelas kakap. Saya baca berita ini di kumparan karena saat saya buka aplikasinya, Alexis sedang menjadi hot topik di situs berita ini.

Inilah salah satu yang menjadi favorit saya kepada aplikasi kumparan. Di interface aplikasinya terdapat sub-sub bagian yang membagi jenis-jenis artikelnya. Ada yang berkaitan dengan trend untuk hari ini, yang memudahkan saya untuk mengetahui apa yang sedang hangat diperbincangkan.

Dan benar saja, Alexis memang lagi ramai kan saat ini diberbincangkan? Bahkan sampai jadi Trending Topik Indonesia saat saya membuka twitter tadi. Saya benar-benar jadi orang yang update informasi banget sejak mempunyai aplikasi kumparan di smartphone saya. Hehehe.

Kalau dulu saya sering dikatain kudetlah, sekarang jadi orang yang update banget masalah seperti ini. Gak takut lagi deh kalau lagi kumpul sama teman-teman terus bincang-bincang soal berita yang lagi ngetrend, karena saya selalu baca beritanya lebih awal di kumparan.

Nah gimana? Masih ragu mencari situs penyedia berita yang terpercaya dan no hoax? Sepertinya ulasan saya ini cukup memberi bukti jika solusinya adalah aplikasi kumparan. Di mana pun dan kapan pun bebas baca berita terupdate dan terpercaya.




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

59 comments:

  1. bener kak annisa, jangan pernah menyebar berita yang belum tau fakta dan kebenarannya, karena nantinya orang lain akan dirugikan dengan kelakuan kita. Aku sih emang sering bangget kak baca2 di kumparan, sebagai sumber berita yang terpercayaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya benar sekali, saya juga harus hati-hati dengan berita hoax.

      Delete
  2. wah saya sering neh baca berita di kumparan, suka baca tips2 nya sih

    ReplyDelete
  3. Kalau ingat kumparan ingatnya kawat dinamo hehe. Aku setuju no.3 mbak, jangan ikut campur kalo gak tau faktanya

    ReplyDelete
  4. Saya termasuk sangat sering baca Kumparan. Tapi ya gitu, Mbak, tetep cari pembanding yang lain .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih harus cari fakta yang benar.

      Delete
  5. Boleh jg nih install, skrg udah sering ketinggalan berita terus TV dikuasain anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan deh install, asyik baca berita di kumparan. ^^

      Delete
  6. Aku juga kadang baca koran digital. Kumparan bagus, kredibel.

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah baca berita dari kumparan, coba deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk install dulu aplikasinya di hp. Hehe.

      Delete
  8. Setuju banget ni, kudu cari portal berita terpercaya dan ngga hanya clickbait aja..

    ReplyDelete
  9. saya juga sering baca berita yg dari Kumparan ini Mbak, sering muncul di FB gitu kan ya? judulnya ngeSEO banget, jadi pengen baca, dan emang beritanya bagus2 koq :)

    ReplyDelete
  10. kumparan okelah... termasuk bisa dipercaya beritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya saya sering baca berita di sini. :)

      Delete
  11. aku jg suka baca kumparan, judul nggak terlalu bombastis soale, tp isinya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Yang penting isinya yang relevan.

      Delete
  12. Pernah beberapa kali baca berita di kumparan. Bagus isi kontennya. Ternyata ada aplikasinya ya, duh aku baru tau hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok Mbak, bisa langsung diinstal di hp :D

      Delete
  13. Susah sekali mengedukasi org tentang hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya itu kita yang paham harus menghindari penyebaran hoax.

      Delete
  14. ada kumparan sekarang ya, ini portal berita atau bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini portal berita. :) Coba kunjungi laman nya langsung.

      Delete
  15. Iya benar,harus filter berita yang akan dishare. Dan harus memilah juga hoax atau fakta

    ReplyDelete
  16. Salah satu situs yang cukup terpercaya sih menurutku. Karena ulasannya biasanya up to date dan netral. Kadang suka sebel sama situs yang isinya aneh apalagi menyebar kebencian . hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya setuju banget. Kalau ada situs yang gak relevan mending langsung leave aja.

      Delete
  17. Zaman sekarang harus hati2 memilah-milah yang mana bukan hoax. Malah biasa beritanya sudah benar, orang masih bertanya2, apakah bukan hoax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, kita harus berhati-hati.

      Delete
  18. Sering baca berita-berita dikumparan, soalnya lewat terus diberanda. sukses juga judul-judulnya bikin ingin ngeklik terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, saya malah pakai aplikasinya Mbak. Lebih enak buat update informasi.

      Delete
  19. wah... mantap nih.. ditengah maraknya isu2 hoax oleh banyak media yg menyebabkan perpecahan. bukan hanya informatif, semoga kumparan juga bisa menjadi media yang solutif. sukses buat kumparan ya. :)

    ReplyDelete
  20. Aku setuju banget. Kita harus hati-hati. Baca dari mana pun boleh, asal ketika kita share harus dari sumber yang terpercaya.

    ReplyDelete
  21. Aku juga suka baca berita di kumparan, dikemasnya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lebh mudah baca di kumparan emang. ^^

      Delete
  22. benerr...sekarang aku udah semakin jarang nonton tv, cukup lewat Hape dan berkali-kali masuknya web kumparan juga buat lihat berita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak pernah nonton TV, hehe.

      Delete
  23. aku banyak dapat pengetahuan baru dari kumparan ini
    apalagi soal sejarah

    ReplyDelete
  24. Setuju mba Nis
    Klo berita apa pun memang ya mba hrs yg valid sumbernya. Era informasi cepat cuma hrs pilih2^^

    ReplyDelete
  25. Lengkap ya, kuliat beberapa artikelnya juga well written

    ReplyDelete
  26. Era digital gini memang melenakan ya mba. Dari kitanya yg harus pandai-pandai menyaring informasi. Nice share mba.

    ReplyDelete
  27. one year mba

    benerr ... presently I've progressively once in a while sit in front of the television, simply through Hape and ordinarily the passage of the curl web additionally to see the news ..

    ReplyDelete
  28. sangat diperlukan kepekaan memang supaya kita bisa menyaring mana yang berita hoax dan mana yang bener, terimakasih tipsnya

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.