Menuju Indonesia Maju Bersama Mira Sahid dan KOMINFO

March 02, 2018

Anisa AE - Hari ini sangat istimewa, karena akhirnya bisa kopdar dengan Mak Mira Sahid, founder dari Kumpulan Emak Blogger yang anggotanya lebih dari tiga ribu, dan saya adalah salah satu anggotanya. Acara Flash Blogging dengan tema "Menuju Indonesia Maju" ini diselenggarakan oleh Kominfo dari Jakarta yang kerjasama dengan Malan dan Mak Mira adalah salah satu pembicaranya. 

Awalnya saya agak ketar-ketir mau ikut acara ini, karena masih dalam kondisi sakit. Tapi demi kopdaran sama beliau, akhirnya iyes saja, meninggalkan Michan dan Machin di rumah. Tak mungkin mengajak mereka, mengingat betapa pentingnya acara yang akan saya hadiri.

Saya sudah siap jam 7 pagi, tapi akhirnya menunggu sampai jam 7.30 karena nebeng mobilnya Mbak Retno. Lumayan malu juga sih, soalnya sempat muntah di mobilnya Mbak Retno. Maafin ya, Mbak, :'(.

Sebelum sampai di Hotel Aria Mandiri, kami bagai penyelundup. MOG belum buka, tapi kami sudah masuk dengan menyamar sebagai karyawan di MOG. Itu pun karena saran seseorang agar bisa cepat sampai. Saya gak tahan kalau harus naik mobil lagi, akhirnya langsung jalan kaki saja ke MOG.

Acara dimulai pada pukul 8 pagi, dibuka dengan sambutan dari MC. Selanjutnya kami semua menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Rasanya pas nyanyi lagu Indonesia Raya itu agak bikin merinding gimana gitu, secara saya juga sudah lama tidak menyanyikan lagu kebansaan Negara Indonesia ini.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Setelah nanyi lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Ir. Yayuk Harmiati selaku perwakilan dari kadin Kominfo Kota Malang. Eh, ada fakta menarik nih, ternyata Indonesia adalah pengguna internet terbanyak lho. Wehehe, akan lebih bermanfaat kalau internet digunakan sebagai penyalur informasi. Bukan digunakan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

Tapi di Indonesia juga sudah mulai bermunculan para pengguna internet yang positif seperti blogger. Salah satunya saya nih, hehe. Akhir tahun 2017 lalu bahkan Google merilis daftar konten paling di cari mesin search engine terbesar di Indonesia ini. Salah satu yang paling popular adalah resep ayam geprek dan juga telolet. Iya, telolet om telolet yang sempat viral tahun lalu, wkwk.

Blogger Indonesia diharapkan bisa menuliskan hal lokal dengan baik dan positif. Terlebih lagi produksi konten lokal yang positif juga harus diperbanyak. Salah satunya saya nih, suka banget nulis konten di blog. Apalgi konten yang berbau viral dan sesuatu yang lagi booming.

Blog itu sangat membatu dan bermanfaat, diantaranya :

1. Melatih Berbahasa
2. Memperluas pengetahuan umum, karena membutuhkan riset untuk menulis topic yang sesuai fakta. No HOAX.
3. Menambah teman, seperti bergabung dalam komunitas.
4. Tentunya untuk mencari uang tambahan. Saya banget ya, wkwk.
5. Melek teknologi untuk kunjungan blog.
6. Melatih kedisiplinan dalam menulis dan memperkaya konten blog.

Dengan banyaknya manfaat Blog, maka Kominfo Indonesia dan Kominfo Malang membuat acara FlashBlogging Menuju Indonesia Maju untuk memperluas pengetahuan dalam menulis konten berkualitas.

Senang banget kalau sering ada acara seperti Flash Blogging gini. Apalagi banyak masyarakat yang belum mengetahui progam pemerintah Flash Blogging Menuju Indonesia Maju ini. Tujuan dari proga, ini adalah mengajarkan para Blogger bagaimana menyajikan dan menulis progam pemerintah yang baik dan benar.

Tugas saya dan para blogger adalah mendukung semua progam pemerintah seperti Flash Blogging ini. Dengan cara menyajikan konten tayang terpercaya dan sesuai fakta. Basmi Hoax yang hampir mirip dengan narkoba. Bahkan banyak yang tidak menyadari jika mereka membaca berita hopax. Tapi insyaAllah saya tidak menyebarkan berita hoax.


Setelah acara sambutan yang panjang, akhirnya acara inti dimulai. Pengisi acaranya Mak Mira nih, beliau santai banget kalau ngisi acara, jadi lebih luwes yang mendengarkan. Saya ada di depan supaya bisa foto-foto, ahaha. Saya kan harus fokus menerima materi dari emak yang cetar ini, hehe.


Mak Mira menjelaskan jika perkembangan internet dan teknologi sangatlah cepat. Jika dulu perlu dicetak dulu untuk menyebarkan informasi, sekarang tidak lagi. Bisa langsung ditulis di blog. Sekarang ini pengguna internet ada 132,7 million. Wow. Di antaranya ada kita sebagai blogger nih, hehe. Pengguna akun sosmed juka mendominasi internet, karena riset menunjukan jika pengguna akun sosmed meiliki tidak hanya satu akun saja, bahkan ada yang lima akun untuk satu orang. Mak Mira juga update soal Bu Dendy kemarin yang sempat saya tulis dan dibaca oleh hampir 5 ribu kali di blog ini (dari google analitic)



Simak yuk penjelasan Blog dari Mak Mira, apa sih keuntungan punya blog? Kenapa harus ngeblog?

1. Sebagai Hobi/Passion. Menulis bukan hanya sekedar bakat, melainkan juga kesenangan.
2. Digunakan untuk merekam jekak digital, bagaimana orang mengenal kita.
3. Personal Branding, blog bisa banget digunaklan sebagai personal branding lho.
4. Engagement. Percakapan dua raha yang ada di kolom komentar blog, anatara penulis dan pembaca.
5. Peluang usaha. Sekarang sudah jamanya jadi blogger amplopan, bisa mendapatkan uang dari blog.
6. Bisa ikut kopdar kemana-mana kalau jadi blogger tuh. Misal saja dapat undangan dari google, bisa dapat duit juga, hehe.

Sepertinya blogger Malang harus bikin sesuatu yang baru nih, hehe. Karena sekarang sudah zamannya digital marketing masuk ke ranah komunikasi.

Baca juga : Peran Netizen dalam Pembangunan Kota Malang


Seperti apa sih blog yang bagus menurut Mak Mira?

1. Ramah Mata
2. Personal
3. Up to date dan informative
4. Berguna
5. Spesifik
6. Unik

Tapi tetap juga sih menurutnya konten adalah raja. Apalagi konten yang lagi booming, haha. O ya dalam menulis konten di blog diperlukan ide kreatif lho. Seperti apa ide kreatif dalam menulis konten yang bagus di blog?



1. Membaca
Banyak membaca konten blog lain contohnya. Supaya kita bisa menulis ide sekreatif dan semenarik mungkin dalam konten blog kita nantinya. Tantangan Mak Mira nih.
2. Efek Visual
Efek visual harus ditambahkan dalam blog. Sekarang ini banyak kamera yang bisa mendukung visual dari blog kita, berupa gambar-gambar yang bagus. Seperti kamera DSLR gitu kan hasil jepretannya bagus, hehe. Tapi apalah daya saya gak punya kamera bagus, masih pakai hp. Tapi masih ada editor foto yang bagus juga kok di hape.
3. Positif
Menulis konten yang positif tentu saja.
4. Berlatih dan membiasakan diri untuk menulis ini wajib banget lho.
5. Dear Blogger, you are what you write? Is it true? Is it hurtful? Beguna bagi orang lain? Is it illegal? Apakah tulisan kita illegal? Bukan copas tulisan orang? Necessary? Apakah tulisan kita penting bagi pembaca?
Kontennya juga harus punya bobot, apakah berguna bagi pembaca. Eh, tapi curhat juga boleh kok. Yang terpenting tulisan itu harus punya karakter tersendiri dan unik. Karena karakter tiap orang beda-beda.
6. Inner Link
Inner link juga perlu nih, saya biasanya juga menambahkan baca juga dalam setiap tulisan di blog.
7. Olahan kata
Seperti yang dibilang tadi, karakter tiap orang itu beda-beda. Biasanya antara tulisan dan di dunia nyata beda banget. Think befor post, disaring sebelum disharing, hehe.Jangan lupakan 5W1H dalam tulisan blog, gak usah terlalu baku kayak media juga sih.

Sekarang ini banyak UKM lokal yang bisa dibantu untuk publikasi usahanya di blog kita. Untuk izin tidak perlu izin secara resmi dari pemerintah. Tips ngeblog nih dari Mak Mira harus bisa membagi waktu ngeblog dengan mengurus anak. Setiap kali ngeblog harus siapkan data yang valid. Boleh mengkritik, tapi harus member solusi kritikan masalah tersebut. Saya sering mengulas soal UKM maupun tempat makan yang saya kunjungi, salah satunya adalah SAM TAHES. 

Bagaimana cara memperluas konten selain curhat? Yang penting tetap menulis, maka kamu akan tahu siapa diri kamu sendiri. Just be yourself.

Setelah materi dari Mak Mira selesai dilanjutkan materi dari Pak Andoko selaku Tim Komunikasi Presiden Sudut Istana. Tugasnya adalah mendengar dan menerima kritikan para blogger seperti kita. Masukan ini bisa dari berbagai daerah di Indonesia lho. Banyak keseruan selama materi dari Pak Andoko ini berlangsung, seperti putra Aceh yang kuliah di Malang tiba-tiba disuruh nyanyi ke depan. Sampai Mbak Dea yang curhat pengalamannya di Papua.

Blogger adalah petarung di dunia yang harus bersatu melawan berita negative. Kita besar karena Indonesia bisa bertarung dan bersatu. Pak Jokowi bapak presiden kita ingin Indonesia lebih maju lagi. Selain membangun infrastuktur, membangun sumber daya manusianya agar lebih baik juga diperlukan. Kita adalah satu kesatuan, tahun ini adalah kerja bersama untuk kepemerataan pembangunan. Banyak pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk pemerataan. Karena Indonesia harus ada kesamaan perlakuan dan keadilan.



Kebijakan pemerintah yang berkeadilan. Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat bawah. Seperti perjuangan masyarakat pedalaman yang menyalurkan minyak sampai bisa dinikmati semua orang di perkotaan. Saya terharu banget perjuangan mereka dalam mendapatkan minyak tanah juga, padahal asal minyak tanah kan dari daerah pedalaman. Tapi nyatanya untuk mendapatkan minyak itu sendiri sangat sulit dan butuh perjuangan.

Untungnya sekarang ini sudah ada kemajuan. Bahkan listrik sudah masuk di daerah pedalaman seperti Papua tepatnya di Desa Ampas. Meskipun masih 92% listrik yang tersebar di Indonesia, kurang 8% lagi makan Indonesia sudah bisa menikmati listrik dari sabang sampai merauke.



Untuk itulah harga BBM tidak masalah naik, toh nanti imbasnya baik bagi daerah terpencil. Mereka bisa menikmati hasil dari dana tersebut. Kita bisa menjadi bangsa yang maju dimulai dari diri kita sendiri. Saling bahu membahu dan juga gotong royong masyarakat.

Saat ini kita bisa lho memantau jalannya pembagunan di daerah lain. Salah satu media yang bisa digunakan untuk mengetahui prosesnya adalah instagram Bapak Presiden kita nih. Pak Jokowi sangat aktif lho di Instagram, hehe. Saya kebetulan juga follow akun Pak Jokowi. Di sana juga ada video pampempres juga nih, jadi tahu gimana kerja mereka. Sementara emang cuma bisa lihat dari video, kapan saya bisa meet up langsung sama Bapak Presiden? :’(

 Andai Jokowi Jadi Presiden

Bahkan saya sudah mengidolakan Pak Jokowi dari dulu, sebelum beliau menjabat sebagai presiden. Saya sempat menulis buku yang berjudul ‘Andai Jokowi Jadi Presiden’ yang diterbitkan oleh AE Publishing, pada tahun 2012. Semoga saja saya secepatnya bisa bertemu dengan bapak Jokowi. Aamiin.

Jika ada yang menanyakan mimpi saya, saya tak memimpikan banyak. Saya hanya ingin Pak Jokowi bisa memimpin Jawa Timur juga, setidaknya menjadi Bupati Malang. Saya juga ingin merasakan blusukannya Pak Jokowi dan beberapa program-program yang beliau adakan. Namun,itu hanyalah sekedar mimpi. Tak mungkin beliau turun jabatan dari gubernur menjadi bupati.

Akhirnya, saya berpikir, bagaimana jika Jokowi menjadi presiden? Mungkin kota saya juga akan ikut merasakan blusukan dan program-progam tersebut. Mimpi kecil saya. Sungguh sangat kecil, karena hanya untuk kota saya. Namun ketika mimpi tersebut mulai terucap, banyak teman yang ikut mendukung mimpi tersebut. Dari anak sekolah sampai para orang tua. Mereka mendukung sebuah mimpi, agar Pak Jokowi menjadi presiden. Inilah kumpulan mimpi kami. Mimpi kecil yang berkembang menjadi besar dan berharap menjadi kenyataan. - Andai Jokowi Jadi Presiden


O ya, bagi yang mau tahu video yang saya lihat selama acara ini berlangsung bisa langsung ke chanel youtube Sudut Istana yaa. Saya sampai terharu banget nih ngelihat perjuangan pemerintah untuk masyarakat. :’( Bisa cek vidionya langsung di bawah.



Akhirnya acara selesai. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari acara Flash Blogging Menuju Indonesia Maju bersama Kominfo. Terutama membuat saya tambah semangat untuk menulis konten-konten yang lebih bermutu. Membatu memajukan Indonesia dengan jalan sebagai blogger professional. Semangat ngeblog! Maju terus Indonesia!






 Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

54 comments:

  1. Aduh mbak, muntah di mobil itu aib, bagian yang harus disembunyikan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, gara-gara artikel ini aku dapat telfon dari Jakarta buat ikutan terapi mabuk darat. Wkwkwk.

      Delete
    2. Iya.. Iya.. Tadi sudah di kantongi sampai satu kantong kresek penuh, bisa buat oleh oleh..

      Delete
  2. waduh sungguh seorang pejuang yg tangguh mbak ini, sampai2 teler di mobil tdk begitu mengikis semangat ke tempat tujuan.

    th 2017 saya juga nulis tentang om telolet mbak... lumayan nambah trafik....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, harus dong. Semangat wonder women ini namanya.

      Delete
  3. Mba Anisa keren banget deh. Paginya ikut acara ini siangnya udah bikin artikel yang panjang dan berbobot tentang acara tersebut.

    ReplyDelete
  4. saya harus belajar membuat kata2 yang persuasif dan menyenankan pembacanya ya mbakk.. dan itu memang akan terbentuk sesuai dengan pengalaman. Semakin rajin menulis insya allah tulisan akan semakin baik lagi dan semakin bagus dan menarikk.. Ayoo semangat Mbak Anisaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih tahapan belajar nih. Semangat pokoknya ^-^

      Delete
    2. Ayo ayo cemangat ngeblog. Blogger malang, Blogger semarang. Blogger jabar,

      Blogger Semarang siapa itu ya?

      Saya....

      Delete
  5. Enggak rugi ya dtg ke acara ini, materinya padat & bermanfaat bgt...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Udah selesai sih :D Mungkin lain kali yaa.

      Delete
  7. Ah iya nih, PR banget untuk nulis konten yang unik dan bermanfaat. Harus selalu upgrade dengan perkembangan yang ada di sekeliling ya.
    Mak Mira sungguh awesome... sangat menginspirasi lah emak cantik satu ini :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awesome memang hehe, sangat menginspirasi yaa.

      Delete
  8. Ketemu dengan Mbak Mira, duh... senengnya. Tentu banyak ilmu ngeblog yg sangat bermanfaat darinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget, hehe. Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang diperoleh.

      Delete
  9. materi Padat merayap mbak, persis jalan jakarta. tapi enggak usah pake muntah juga kale, ngisin-ngisini. ha..ha..ha..

    Kepanjen..... masih mau di goyang. serrr..

    #ada Antimo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, lha keadaan kok. Siapa juga yang mau muntah, ehehe.

      Delete
    2. Wah ada acara asyik kok nggak aja saya sih mbakyu..

      Mbokya sekali sekali kalau ada acara kumpul blogger nelp saya,

      Nomer saya masih disimpan toh

      Delete
  10. wah kalo perempuan indonesia seperti mba ini jadi maju pendidikan di indonesia, tips yang keren mba, semangat terus perjuangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih banyak. ^^

      Delete
  11. seneng ya datang ke acara yg bermanfaat ini, apalagi kalau temanya sesuai minat kita, tambah semangat aja deh... :)

    ReplyDelete
  12. Tak patah semangat, untuk mencari info dan ilmu yg lebih lagi.
    Semangaaat mba Anisa AE

    ReplyDelete
  13. Acara yang keren banget ya mba..

    Meski pke acara mabuk darat, tp bisa dapat bnyk ilmu, ktmu temen..

    ReplyDelete
  14. Seru ya mbak acaranya, banyak tips bermanfaat yang bisa didapat. Apalagi pematerinya mbak Mira, bisa memberi semangat berangkat meskipun sedang sakit, hehe..

    Tips dan ilmunya sangat bagus mbak, nggak rugi dibela-belaian datang. Semoga saya ketularan semangatnya mbak Anisa yang pantang menyerah yaa :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, betul banget Mbak. Aamiin semoga makin semangat ngeblog yaa.

      Delete
  15. senang banget bisa ketemu langsung dengan Mba Mira Sahid yaa Mbaa, kami-kami yang tinggal di daerah nun jauh di pelosok ini kapan bisa ketemu dengan beliau yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah nanti juga ada kesempatan.

      Delete
  16. Senangnya bisa ketemu Emak Mira yang selama ini hanya sering lihat lewat KEB

    ReplyDelete
  17. Pengen ikut acaranya dehh.. sarat manfaat nih yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sangat bermanfaat. :)

      Delete
  18. Acaranya faedah banget, banyak ilmu dan manfaat yang bisa diserap. Semoga next time bisa ikut acara2 offline kayak gini di Jakarta. Amin

    ReplyDelete
  19. aku sekarang konsen ke blog tapi masih bingung brandingku apa, terimakasih informasinya ya mbak

    ReplyDelete
  20. Wah acara yang menambah wawasan banget sekaligus reminding ya Mba. Sebagai seseorang yang giat bersosial media perlu banget hadir diacara-acara begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup betul banget Mbak. Saya juga pinginnya sering ikut acara seperti ini. :>

      Delete
  21. aku jadi bertanya2, apakah blog aku ramah mata hihiii
    semangat mbaaa, pake hape juga baguss ^^

    ReplyDelete
  22. Keren acaranya. Kapan di kotaku ada acara sekeren itu...

    ReplyDelete
  23. Mak Mira emang keren klo bawain materi ya Mbak.
    saya juga udah pernah sekali kopdar dengan Beliau.
    anyway thanks sharingnya Mbak.
    eheem, klo ketemu Pak Jokowi, nanti dapat sepeda kali ya Mbak, secara Mbak pernah nulis buku khusus utk Doi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aamiin. Nanti ketemu langsung aja udah seneng meskipun cuma jabat tangan XD.

      Delete
  24. Setuju mbak. Aku suka Indonesia sering-sering ngadain acara bermanfaat macam flash blogging ini. Kita banyak belajar dan penuh dengan energi positif.

    ReplyDelete
  25. saya belum pernah kopdar, pengen juga, kapan dia ke Bengkulu say

    ReplyDelete
  26. Seruuu banget ya acaranya. Nyesel deh gak bisa ikutan :(

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.

Powered by Blogger.