7 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

May 19, 2018




Anisa AE - Banyak orang yang mengalami masalah pada rambut dan kulit kepala. Salah satu yang paling sering menjadi masalah adalah ketombe. Siapa yang kulit kepalanya sering mengalami masalah ini?

Saya sendiri sering lho terkena ketombe sebelum tahu cara menghilangkan ketombe. Dulu mungkin karena kurangnya pengetahuan, saya suka keramas setiap hari. Pikir saya supaya rambut tetap bersih dan tidak gatal. Apalagi saya itu tiap hari pakai hijab, jadi mudah berkeringat.

Tapi tanpa saya sadari ternyata tiap hari keramas bisa menimbulkan masalah ketombe. Dan memang betul saya jadi ketombean karena tiap hari keramas, wkwk. Penjelasannya adalah terlalu sering kermas membuat kulit kepala jadi kering dan meningkatkan produktivitas minyak pada kulit kepala. Minyak yang berlebihan bisa menimbulkan ketombe pada kulit kepala.

Setelah kulit kepala terkena ketombe, maka akan menimbulkan rasa gatal dan panas. Ketombe benar-benar mengganggu, selain itu warna putih ketombe membuat rambut terlihat kotor. Jadi ketombe sudah seharusnya dituntaskan agar tidak kembali lagi menyerang kulit kepala.

Sekarang ini sudah banyak shampoo khusus untuk mengatasi ketombe. Tapi adakalanya saya sudah mencoba berbagai merk shampoo anti ketombe tetap saja ketombe masih tidak mau hilang. Nah kalau udah gini salah satu cara adalah mencoba berbagai bahan alami berikut untuk menghilangkan ketombe.

Apa saja bahan yang bisa digunakan?


1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sepertinya menjadi minyak dengan banyak manfaat. Tidak hanya untuk menebalkan rambut saja. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan ketombe pada rambut lho.

Caranya cukup ambil beberapa tetes minyak zaitun lalu oleskan menyeruluh pada rambut dan kulit kepala. Lakukan secara merata dan sedikit berikan pijatan pada kulit kepala. Setelah itu diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air bersih, lebih baik gunakan shampoo supaya minyak benar-benar menghilang.

Jika dilakukan dengan rutin, ketombe akan berangsur menghilang. Oh ya, untuk note jangan pakai terlalu banyak minyak, karena akan membuat rambut berminyak nantinya. Dan pada khasusnya rambut setelah dikeramas pakai shampoo jadi lebih lama kering.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Jerawat Pakai 6 Bahan Alami


2. Lidah Buaya
Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Selain bisa membuat rambut menjadi lebih hitam, ternyata kandungannya bisa menhilangkan ketombe.

Caranya cukup ambil satu batang lidah buaya dan cuci dengan bersih. Ambil bagian dalam lidah buaya dan potong dadu. Selanjutnya letakkan dalam wadah dan tumbuk sampai lembut. Nantinya bisa digunakan sebagai masker rambut.

Terlebih dahulu keramas dengan shampoo sampai bersih. Setelah itu keringkan rambut dengan handuk tapi jangan terlalu kering, hanya menghilangkan air yang menetes. Setelah agak kering, pakaikan masker lidah buaya tadi secara menyeruluh pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan selanjutnya bilas dengan air bersih tanpa shampoo.





3. Jeruk Nipis
Nah siapa sangka jika jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe? Kandungan vitamin C dalam air jeruk nipis bagus unutk kesehatan rambut lho.

Caranya cukup ambil satu buah jeruk nipis. Belah jadi dua bagian lalu peras dan ambil airnya. Bisa ditambahkan sedikit air bila perlu. Setalahnya bisa kalian usapkan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Sebelum pakai air jeruk nipis ini harap keramas terlebih dahulu, supaya air jeruk nipis bisa menyerap ke dalam kulit kepala.

Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga : Cara Alami Menghaluskan Telapak Tangan


4. Cuka
Opsi selanjutnya adalah memakai cuka untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Memang saya juga sedikit ragu karena aroma cuka yang tidak sedap. Tapi demi menghilangkan ketombe membandel ya harus mau mencoba. Hehe.

Caranya siapkan satu sendok makan cuka lalu usapkan menyeruluh pada kulit kepala. Diamkan selama lima belas menit dan bilas menggunakan air bersih. Bisa pakai shampoo untuk mengilangkan bau cuka pada rambut.


5. Daun Sirsak
Daun sirsak mempunyai kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan para ahli mengatakan jika daun sirsak bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Selain manfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata daun sirsak bisa digunakan sebagai penghilang ketombe lho.

Caranya ambir beberapa lembar daun sirsak yang masih hijau lalu cuci bersih. Setelah dicuci, tumbuklah hingga halus. Daun sirsak yang sudah halus ini bisa digunakan untuk masker rambut. Penggunaanya sama seperti memakai lidah buaya sebagai masker tadi.


6. Minyak Kemiri
Minyak kemiri emang sudah menjadi salah satu andalan untuk kesehatan rambut, Salah satunya adalah menghilangkan ketombe. Di pasaran sudah banyak yang menjual minyak kemiri. Belilah yang memiliki kandungan minyak kemiri asli. Karena manfaatnya lebih bagus daripada yang sudah dimix.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mengusapkan beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala. Lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.


7. Minyak Kelapa
Yang terakhir bahan alami untuk menghilangkan ketombe adalah minyak kelapa. Siapa sangka jika minyak yang biasa digunakan untuk menggoreng bumbu dapur ini bisa untuk menghilangkan ketombe.

Tapi kalian harus pakai minyak kelapa yang masih murni ya, jangan yang sudah pernah dipanaskan apalagi sudah pernah dipakai untuk menggoreng bumbu, wkwk.

Caranya hampir sama dengan memakai minyak zaitun. Gunakan minyak kelapa sedikit saja untuk memijat kepala. Setelah itu diamkan beberapa saat lalu keramaslah menggunakan shampoo hingga bersih. 
Bukankah banyak bahan alami yang dengan mudah bisa kalian dapatkan untuk menghilangkan ketombe? Saya sudah mencoba sendiri dan terbukti worth on me. Jadi untuk yang bingung dan lagi cari-cari cara menghilangkan ketombe bisa mencoba alternatif bahan di atas ya.

Semoga bisa membantu. ^^




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

24 comments:

  1. masalahnya sama pake produk shampo apapun tetep ketombean, pernah ketombe sembuh karena minyak kemiri cuma emang harus rajin perawatannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya minyak kemiri memang ampuh mengatasi ketombe. :o

      Delete
  2. Yang bisa di Cobain ya aluevera soalnya ada di pot 😊

    ReplyDelete
  3. Bener banget tuh mba pakai lidah buaya, jeruk nipis, dan bragg buat ngilangin ketombe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah coba, hasilnya lumayan. :D

      Delete
  4. Wah banyak juga ya metode yang bisa digunakan.
    Selama ini cuma tahu pake minyak zaitun dan jeruk nipis aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget. Tapi yang alami jauh lebih baik, meski agak lama efeknya.

      Delete
  5. Beneran Ampuh ...? kalau nggak gimana coba ?

    ReplyDelete
  6. lhooo....judulnya 7 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe
    Lihat poinya kok cuman 6 saja ,,,? gimana coba...?

    ReplyDelete
  7. Cuma bis nyobain aluevera sebb ada di pot samping rumah 😊

    ReplyDelete
  8. Semuanya bahan alami ya kak,,AKu mah sudah yang praktis saja, hehehe...

    Tapi gak ketombean juga sech, jadi pake shampoo doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tergantung kulit kepalanya juga.

      Delete
  9. wah, makasih infonya mbak Anisa.
    kemarin sempet ketombean, coba ganti2 shampoo yg ada malah rontok. udah sedih aja mbak terus akhirnya diinfo bisa pake Jeruk Nipis.
    pas coba sekitar 3-4 kali ternyata berhasil :D

    dan semejak itu, aku gak berani ganti2 shampoo lagi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau cocok pakai jeruk nipis. :)

      Delete
  10. Ternyata ada banyak cara alami buat ngilangin ketombe ya mbak.
    Makasih buat infonya mbak ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir. :)

      Delete
  11. Pernah pake lidah buaya jg, iya memang lumayan bisa menghilangkan ketombe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah buaya memang tanaman rumah yang banyak manfaatnya. :)

      Delete
  12. saya pakai shampo brand X mba, soalnya kalau ga pakai shampo itu ketombean langsung kepala saya. Sementara ini, saya ga gunakan produk herbal seperti itu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari yang cocok dulu, Mas. Hehe.

      Delete
  13. kurang pede klo rambut ada ketombenya

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.

Powered by Blogger.