Tips Merawat Lensa Kamera Smartphone






Anisa AE - Hari gini siapa yang bisa hidup tanpa menggunakan smartphone? Jawabannya gak ada. Menurut survey saya, dari anak-anak sampai orang tua, semuanya butuh smartphone. Kalau dulu tanpa smartphone orang-orang biasa aja, di zaman serba internet ini tidak memungkinkan orang bisa bertahan tanpa menggunakan smartphone.

Bahkan kebanyakan dari satu orang bisa memiliki satu atau lebih smarthphone. Smartphone memiliki fungsi bukan hanya sebagai barang tentengan untuk bergaya. Apalagi di era internet dan teknologi semakin canggih. Banyak pekerjaan yang menuntut seseorang harus selalu menggunakan smarthphone. Seperti saya seorang blogger dan juga owner penerbit. Setiap saat harus standby menjawab chatting dari orang yang bertanya mengenai penerbitan.

Sehari saja saya tidak pegang hp, bisa numpuk notif di smartphone saya. Selain untuk kebutuhan kerja setiap hari, smartphone juga sebagai penunjang untuk eksis di social media. Hey, sekarang itu era instagram. Kalian pasti sudah tidak asing lagi, jika foto di feed instagram itu harus kelihatan oke.

Kadang saya sampai harus jepret foto berulang kali demi mendapatkan satu foto yang layak untuk dipost di instagram, haha. Harus pintar dalam mengambil angel foto supaya jepretannya bagus. Tapi ada satu yang paling mempengaruhi hasil foto bagus atau tidak. Yaitu lensa kameranya. Semakin bagus dan besar resolusi lensanya, maka semakin bagus pula foto yang dihasilkan.



Di era digital yang semakin berkembang ini banyak sekali bermunculan smartphone dengan pembekalan lensa kamera yang mumpuni. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah fitur Al-Beauty 2.0 dari kamera Oppo F7. Memungkinkan kita bisa memperoleh perfect selfie dengan effect yang mumpuni. Foto kapan pun dan di mana pun bisa terlihat bening lho, hehe.

Fungsi dan kualitas suatu barang jika semakin lama akan mengalami penurunan, itu sudah hukum. Nah, sama halnya dengan lensa kamera smartphone. Bila sering bergesekan dengan benda lain atau bahkan terjatuh, bisa membuat kinerja dari lensa mengalami penurunan. Pasti bakalan sayang banget kan, lensa kameranya udah bagus tapi pas dibuat foto malah blur karena kurangnya perawatan.

Berikut ini akan saya kasih tips untuk menjaga lensa kamera smartphone supaya tetap bagus dan tidak mengalami penurunan kinerjanya. Simak sampai habis yaa. ^^

1. Rutin Membersihkan Lensa

Kebiasaan orang kalau baru punya smartphone itu kena debu dikit langsung dibersihin, pegangnya pun hati-hati supaya gak sampai kegores. Itu hanya berlaku selama beberapa bulan saja, setelahnya boro-boro mau ngebersihin, bulukan juga gak diurus. Haha. Jangan gitu yaa.

Saya tahu kok emang kadang kala kita bakalan bosen dengan apa yang kita punya. Seperti smartphone juga, pasti adakalanya kita masa bodo sama perawatan yang perlu dilakuin untuk menjaga kinerjanya. Yang penting bisa buat main sosmed dan foto-foto.

Tapi tahukah kalian jika ponsel itu buatan manusia dan bisa dengan mudahnya rusak. Jika kita tak pandai merawatnya. Apalagi bagian lensa kamera smartphone. Kita harus rajin membersihkan debu yang menempel pada lensa kamera. Jangan dibiarkan sampai debu menumpuk dan menggunung. Lama-lama lensa kamera akan nge-blur karena ketutup debu tadi.

Bersihkan lensa kamera menggunakan microfiber dan cairan yang aman untuk lensa. Jangan menggunakan kain kasar ya, bisa menggores lensa nanti. Hehe. Bersihinnya juga jangan nunggu sebulan, minimal seminggu sekali lah bersihin, toh gak memakan waktu juga, palingan lima menit udah bersih. Jadi jangan malas bersihin yaa.





2. Pakai Lensa Protector

Bukan hanya layar smartphone aja yang butuh screenguard supayah gak pecah atau kegores sewaktu jatuh. Lensa kamera juga butuh pelindung jika sewaktu-waktu smartphone terpental jatuh.

Belilah lensa protector yang bagus supaya lensa kamera aman. Apalagi lensa kamera itu gak sekuat body smartphone. Gak lucu aja kalau sampai pecah, kan? Sayang banget, apalagi smartphonenya masih baru dan dibeli dengan harga yang cukup tinggi.

Biaya ganti lensa itu gak murah lho. Kan mending uangnya buat yang lain dibandingkan untuk repair lensa kamera. Padahal jika kita bisa menjaga dengan baik, lensa kamera smartphone tidak akan mengalamai kerusakan atau penurunan kinerjanya.


3. Gunakan Softcase/Hardcase

Sekarang ini perlindungan smartphone memang banyak jenisnya. Mulai dari pelindung layar ada sendiri, pelindung body smartphone ada sendiri bahkan ada dua macam yaitu soft dan hard.

Untuk melindungi lensa dari kerusakan, kalian bisa memakai softcase atau hardcase pada smartphone. Karena gak cuma bisa melindungi body smartphone saja dari benturan. Belakang softcase dan hardcase secara tidak langsung juga menghadang lensa berbenturan langsung jika tiba-tiba terjatuh.

Kalau saya sih suka pakai softcase yang lucu-lucu gitu, hehe. Karena selain sebagai perlindungan smartphone secara menyeluruh juga sekalian buat gaya-gayaaan. Apalagi sekarang banyak baget model dan bentuk softcase yang dijual di pasaran.

Kalau kalian gimana cara untuk merawat lensa kamera smartphone? Yuk share, siapa tahu ada yang saya lewatkan untuk merawat lensa smartphone. Hehe. Semoga bermanfaat. ^^








Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

20 comments:

  1. wahh saya termasuk orang yang abai membersihkan lensa kamera smartphone nih, setelah baca tulisan ini baru deh ngecek lensa kamera ponsel. Makasih sudah diingetin Mba :)

    ReplyDelete
  2. Baru tau gua kalau lensa sp harus dirawat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, karena sudah biasa pakai, jadi abai ya.

      Delete
  3. Wah ponselku belum pernah kukasih softcase untuk kameranya. Makasih sharingnya, Nisa

    ReplyDelete
  4. Terimakasih sharingnya,kak ..
    Jadi ngingetin aku untuk sering-sering ngerawat lensa kamera.

    ReplyDelete
  5. wah oke punya banget nih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang oke nih? Cara merawatnya? :)

      Delete
  6. Saya abai banget sama hape mbak, jarang bersihkan malah suami saya yg rajin bersihkan dan ngecas, hahaha

    ReplyDelete
  7. Kalau aku selalu rajin ngelapin kamera hp jika terlihat kotor dengan kain yang halus, trus juga kalau naruh HP ga sembarangan. Dan yang paling utama pake case karena bisa meminimalisir gesekan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak,kadang tanpa sadar HP kita udah banyak aja gesekannya.

      Delete
  8. Nah ini dia saya gapake lensa protector kak Annisa, makanya nih kamera saya sering berembun atau suka agak buram remang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba untuk pakai lensa protector ya mbak,mungkin masalahnya dapat teratasi..

      Delete
  9. terimakasih bun saya baru tahu

    ReplyDelete
  10. apakah pakai tisu saja bisa bun?

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.