6 Poin Penting Untuk Libur Panjang yang Menyenangkan

June 28, 2018





Anisa AE - Telah kita ketahui bersama bahwa libur lebaran kali ini berkolaborasi dengan libur semester, yang mana artinya liburan kali ini sangatlah panjang untuk anak sekolah. Apalagi untuk anak kuliah yang bisa libur hingga berbulan-bulan lamanya. Sedangkan kedua orangtua mereka biasanya telah masuk kerja seperti biasanya. Terkadang hal inilah yang menjadi problematika para pelajar, merasa lelah dengan kesibukan di sekolah atau kampus, namun juga merasa bosan ketika libur terlalu lama. Lalu apa saja yang harus dilakukan supaya libur panjang tidak terasa membosankan? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Inspirasi Hadiah Lebaran yang Cocok untuk Klien


1. List apa saja yang ingin kamu lakukan di liburan kali ini
Biasanya sebelum libur panjang saya telah menulis apa saja hal-hal yang ingin saya lakukan di saat liburan tiba. Seperti yang saya lakukan di liburan kali ini, karena liburan kali ini bertepatan dengan momen Ramadan dan kemudian disusul Idulfitri, maka saya telah merencanakan agenda buka bersama sejak awal Ramadan. Mulai dari buka bersama keluarga, sahabat, teman SD, SMP, SMA, dan kuliah. 

Tidak hanya itu, saya juga telah menuliskan tempat mana saja yang ingin saya kunjungi untuk menunggu azan Maghrib tiba. Saya memang tidak ingin melewatkan setiap momen Ramadan yang ada, karena menurut saya Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa. Setelah Ramadan, usai kita menyambut hari raya Idulfitri dengan penuh suka cita. Saya pun telah memiliki rencana kegiatan dari tanggal 1 syawal sampai seminggu ke depannya. Dari silaturahmi ke keluarga dekat, tetangga, teman-teman, hingga guru-guru, Maklum saja karena tahun ini saya memutuskan untuk tidak mudik ya karena memang tidak ada yang dikunjungi buat mudik. Baru setelah acara silaturahmi selesai, saya menjadwalkan untuk travelling ke tempat-tempat yang ingin saya kunjungi.


2. Cari Partner Liburan
Setelah nge-list wacana kegiatan segitu banyaknya, hal yang wajib kita lakukan adalah “Cari Partner Liburan”. Karena se-asik apa pun planning mu kalau sendirian juga bakal garing juga kan. Apalagi saya orangnya senang ngobrol sana-sini. Jadi setiap momen liburan segera tiba, saya akan menghubungi siapa pun itu yang akan saya jadikan partner liburan saya hehe. Entah itu saudara, tetangga, sahabat, dan lain sebagainya. Selain untuk mengajak main bersama, sekalian kita menentukan waktu yang pas supaya kita sama-sama enaknya deh. Intinya kesepakatan bersama hehehe


Baca juga : 6 Buku Terbaik Untuk Menemani Anda Dalam Berlibur

3. Catat Tanggal Mainnya
Nah setelah list apa aja yang mau kita lakuin di waktu libur plus udah dapet partner yang pas buat ngabisin waktu liburan bareng-bareng, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah “Catat Tanggal Mainnya”. Karena jaman udah canggih nih jadi saya catat setiap list kegiatan yang akan saya lakukan selama liburan ini di kalender HP saya. Ditambah lagi atur pengingatnya, jadi di mana pun kita berada kan selalu bawa HP tuh ke mana pun jadi enak kalau pengen nge-cek jadwal hehehe udah kayak artis aja ya yang jadwalnya padat. Poin plus kita mencatat tanggal mainnya di kalender HP adalah karena memang ada pengingatnya. Dan juga kita bisa cek jadwal kita sewaktu waktu kan. Jujur saja saya dulu juga pernah catat di tanggalan biasa dan akhirnya lupa juga hehehe. Fungsi lain kita catat jadwal mainnya di tanggalan HP tidak lain dan tidak bukan supaya memudahkan kita sehingga jadwal yang satu tidak bertrabakan dengan jadwal lainnya.






4. Siapkan Dana
Yang selanjutnya adalah “Persiapkan Dana!” Kan gak lucu kalau rencana liburan udah sempurna, timing-nya udah tepat, dan udah dapet teman liburan yang klop pula, tapi dana malah menipis. Jadi kita harus siapin dana jauh-jauh hari nih. Kalau saya sendiri biasaya udah mulai nabung dari satu bulan sebelum liburan hehehe. Apalagi liburan kali ini bertepatan dengan hari raya Idulfitri kan, jadi meskipun kita dapat THR namun terkadang tidak kita sadari bahwa kebutuhan kita juga ikut meningkat. Ngomong-ngomong soal THR kita juga harus menggunakannya secara bijak kan, tidak hanya dibuat untuk foya-foya belaka. So, saya memisahkan antara uang bulanan seperti biasanya untuk kebutuhan sehari-hari, uang THR, dan uang tabungan khusus untuk bersenang-senang hehehe.



5. Jaga Kesehatan
Nah, ini juga penting banget nih. Kita harus menjaga kesehatan. Karena liburan menyenangkan hanya akan terjadi apabila badan kita sehat. Apalagi di keadaan seperti saat ini, di mana keadaan alam juga tidak menentu. Dari panas terik, kemudian bisa tiba-tiba hujan deras dan angin kencang. Ditambah lagi udara yang sangat dingin di pagi dan malam hari. Selain faktor cuaca yang tidak menentu, asupan nutrisi dan porsi istirahat kita juga berpengaruh terhadap keadaan kesehatan kita lo. Biasanya saat buka puasa kita seringkali tidak mampu mengontrol nafsu makan yang berlebihan, apalagi untuk penyuka pedas. Setelah perut kosong seharian karena berpuasa, eh saat buka puasa malah makan makanan yang super pedas, itu sama saja kita menyiksa lambung sendiri kan. 

Dan waktu isirahat kita harus cukup dan teratur, biasanya saat libur panjang akan tiba, kita memang disibukkan dengan berbagai macam deadline entah di kantor, sekolah, ataupun kampus. Belum lagi disibukkan dengan ibadah hingga larut malam ( Ada yang mendadak alim karena momen Ramadan? hehehe) membuat waktu istirahat kita berkurang. Untuk mengatasi hal itu saya menyiasatinya dengan melakukan tidur siang walaupun itu sebentar (Kalau lagi puasa tidur = ibadah kan? Hehehe) dan untuk menjaga badan supaya tetap fit, saya sering kali mengonsumsi vitamin C secara rutin dan melakukan olahraga seperti jalan-jalan di pagi hari.


Baca juga : Ice Cream World Jatim Park 3, Spot Foto Unik di Malang

6. Sharing!
Ini adalah hal terakhir yang perlu kita lakukan supaya liburan super panjang kita gak garing, jusru malah teramat sangat menyenangkan (Versi saya tentunya). Yaitu “sharing”, kita perlu sharing dengan orang-orang terdekat, entah itu keluarga ataupun sahabat kita mengenai semua rencana liburan yang telah kita buat. Karena terkadang mereka akan mengemukakan saran dan pendapat terhadap semua wacana yang telah kita buat. Selain itu terkadang saya juga sering melakukan hal itu untuk bertukar informasi tempat wisata, tempat makan, atau apa pun yang saat ini sedang hits, hehehe. Jadi, gak ada ruginya kita sharing dengan orang yang kita anggap tepat untuk membicarakan hal ini.

Hmm, begitulah tips dari saya untuk mengantisipasi kejenuhan yang melanda karena libur yang teramat panjang. Semoga tulisan ini bermanfaat ya untuk kalian semua yang akan atau sedang liburan, tapi liburannya sudah terlanjur garing. Mungkin tips dari saya ini bisa digunakan di liburan selanjutnya, yang masih berada di pertengahan, bahkan di penghujung liburan. Semoga masa liburan kalian bisa segera diselamatkan dari kejenuhan, hehehe. Happy long weekend everybody, jangan lupa berbahagia.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





25 comments:

  1. He eh mba..liburan kali ini panjang buanget....

    Terlalu lama ya sepertinya. Pada main sepedaan sama baca bobo.. mau dolan..ayahnya ga libur. Budget berbagi juga, krn mesti daftar ulang sekolahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bermain dan belajar di sekitar rumah juga gak masalah yang penting anak enjoy dengan liburannya

      Delete
  2. Kemana aja rencana liburannya mbak? Asyiik dong ya kalau masih ada dana untuk liburan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sekitar Malang sini aja kok hehe

      Delete
  3. Makasih kak annisa sharingnya.. biasanya liburan sering diagendakan, tapi yang keburu abis dananya ya kak annisa hahahaa.. semoga liburan kali ini selalu menyenangkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak hehehe, liburan gak harus mahal kok yang penting bisa enjoy bareng keluarga hehe

      Delete
    2. Amin kak annisa bener bingitsss,, hehehe kak Annisa ditunngu update artikelnyaa pengen bw artikel terbarunya nih hihihih

      Delete
  4. Dana dan kesehatan, buat saya itu yang penting hihi

    ReplyDelete
  5. Aku senang setiap sharing dari Kak Nisa, memang penting semua pointnya agar liburan panjang pun jadi menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Partner paling mengasyikkan adalah pacar sendiri. Hehehehhe

    ReplyDelete
  7. dana dan transport sudah cukup.
    partner? ada istri.
    masa mau cari partner lain,, haahah.. :D

    ReplyDelete
  8. Iya nih liburan panjang, tapi sayangnya liburnya cuma pas puasa, setelah lebaran nggak ada liburan panjang, jadi kayaknya sama aja boong liburan pas puasa nggak bisa jajan wkwkk

    ReplyDelete
  9. libur panjang pasca lebaran dikampung saya habiskan ke acara kondangan mbak, banyak sekali acara musiman tahun ini, nikah, sunatan, orang melahirkan, orang masuk rumah baru, meninggal , huuu....uang segepok ludes.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selalu banyak hajadan pasca lebaran.

      Delete
  10. libur panjang.....debet rekening juga panjang....mbak Ae mungkin juga begitu kan ?

    ReplyDelete
  11. Saya liburan di rumah aja, nggak kemana-mana. Mbak Anisa sih, liburan nggak ngajak-ngajak saya, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, meskipun liburan di ruma aja yang penting bahagia ya mbak hehe

      Delete
  12. Liburan panjang suka bikin baper kak 😅

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.

Powered by Blogger.