10 Tanaman Liar yang Memiliki Banyak Khasiat






Anisa AE - Pada zaman nenek moyang dulu, masih belum banyak tersedia obat-obatan seperti halnya zaman sekarang ini. Dahulu saat seseorang sedang sakit, mereka akan menggunakan tanaman alami sebagai obat. Tidak halnya seperti sekarang ini, orang-orang akan lebih memilih obat-obat modern daripada tradisional. Padahal obat-obatan tradisional lebih ampuh dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Obat-obatan di zaman sekarang ini lebih banyak yang memakai bahan kimia. Padahal bahan kimia dapat menimbulkan efek samping berkepanjangan, bahkan sampai kematian.

Banyak orang yang memilih melakukan pengobatan sampai ke luar negeri. Biaya-biaya yang dikeluarkan juga fantastik dan belum termasuk obatnya. Jika kita terus mengonsumsi obat-obatan kimia tersebut sampai jangka panjang akan menimbulkan penyakit lain. Obat tradisonal adalah alternatif yang tepat. Selain harganya yang murah, obat-obat tersebut juga tidak membahayakan kesehatan kita. Berikut ini yang termasuk dalam tanaman obat yang sering dijumpai di sekitar kita.
Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut. Namun tidak hanya rambut, tanaman ini juga bisa digunakan untuk wajah. Manfaatnya yaitu membasmi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit wajah, dan masih banyak lagi. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah menemukan tanaman yang satu ini. Biasanya kita dapat jumpai di pekarangan rumah. Saya punya tanaman ini di halaman depan dan samping rumah. Sangat berguna saat anak-anak terkena pisau maupun luka bakar.


Tanaman ini sudah sering kita dengar, biasanya ada yang mengatakan buah ini adalah ceplukan. Tanaman ini sangat familiar di kalangan anak-anak. Biasanya mereka memakan buahnya. Tanpa kita sadari, ternyata tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Manfaat buah ciplukan sangat banyak, diantaranya menurunkan demam, mengobati kanker payudara, dan menurunkan kolestrol. Tapi ada catatan nih, kita tidak boleh mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya? Karena konon katanya malah bisa menyebabkan racun loh.


Tanaman ini banyak dijumpai di sekeliling kita. Biasanya tanaman ini tumbuh di tempat yang teduh. Tanaman ini memiliki banyak khasiat, terutama daunnya. Manfaat dari tanaman ini diantaranya mengobati bisul, wasir, darah tinggi, dan kencing batu.


Bunga yang satu ini biasanya sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Bunga ini memiliki warna yang cantik . Padahal tanaman yang satu ini juga bisa dijadikan tanaman obat loh. Tanaman ini bermanfaat untuk meredakan gejala asma, obat kudis dan koreng, meredakan panas dalam, dan masih banyak lagi.



Walaupun memiliki nama yang unik, tanaman ini ternyata memiliki banyak khasiat. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan subur di daerah yang cukup air. Selain bentuk yang unik, tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman obat. Manfaat antara lain mengobati penyakit rematik, mengatasi masuk angin, mengobati batuk, mengobati sembelit, dan menghilangkan rasa gatal akibat alergi.

Baca juga: 8 Cara Mudah Mengatasi Aroma Tak Sedap Mulut Saat Puasa






Brotowali memang dikenal sebagai tanaman obat. Tanaman ini memiliki rasa yang pahit. Mulai dari batang, daun, dan akarnya dapat digunakan. Tanaman yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes, menyembuhkan penyakit kulit, mengobati gatal-gatal, bahkan rematik.



Daun Jinten biasanya tumbuh dengan liar di pekarangan rumah. Daun dari tanaman ini bermanfaat sebagai obat batuk, membantu mengobati sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman obat dari berbagai negara, misalnya di Brazil, India, dan Kamboja.



8. Daun Sisik Naga
Tanaman ini dikenal sebagai benalu. Walaupun tanaman ini hidupnya menumpang dengan tumbuhan lain, tapi tidak menyebabkan kerugian pada tanaman yang ditumpangi. Tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu menghilangkan gatal-gatal, sariawan, mencegah penyakit kanker, terutama kanker payudara, dan menghentikan mimisan.

Sumber Google


9. Daun Andong Merah
Tanaman jenis yang satu ini memiliki bentuk daun yang cantik. Selain daunnya yang indah, tanaman ini ternyata dapat mengatasi TBC, melancarkan saluran kemih, obat diare, dan juga dapat mengatasi wasir.
Sumber Google


10. Daun Bunga Santan
Tanaman ini biasanya sering dijumpai di depan pekarangan rumah. Biasanya tanaman ini digunakan untuk menghiasai pekarangan rumah. Bunganya berwarna biru keunguan. Manfaat dari tanaman ini sebagai obat telinga yang sakit, mengatasi mata yang sakit, dan obat bisul.

Sumber Google

Baca juga: 5 Manfaat Sarapan Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Nah, itu beberapa tanaman khasiat yang sering kita jumpai di sekitar. Gimana? Kalian sudah tahu, apa masih menganggap tanaman-tanaman tersebut sebagai tumbuhan liar.




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

12 comments:

  1. yang paling saya demen lidah buaya kak annisa, soalnya banyak sekali manfaatnya ya kak.. kalau sariawan atau ga enak perut tinggal ngemil lidah buaya asli pasti perut jadi enak dan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, lidah buaya itu memang banyak banget manfaatnya :)

      Delete
  2. Di antara tanaman ini yang saya tahu pasti cuma lidah buaya :)
    Terima kasih sudah share ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Aq baru tahu deh mbak itu ciplukan bisa nurunin demam ? Di apakan itu mbak caranya ?

    ReplyDelete
  4. Bunga kenop..batu tau aku mba, klo trnyata itu termasuk tanaman obat juga.. makasih mba informasinya

    ReplyDelete
  5. Yang pernah aku coba langsung adalah lidah buaya. Dari rambutku berketombe, dipakein lidah buaya jadi ilang ketombenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah buaya memang ampuh banget :)

      Delete
  6. Yang pernah dicoba cuma lidah buaya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah buaya memang udah terkenal banget ...

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.