8 Tips Hari Pertama Masuk Kerja





Anisa AE - Setelah libur Lebaran yang cukup panjang, pada akhirnya kita diharuskan beraktivitas seperti biasanya. Sekarang sudah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada bulan Syawal. Akhir libur sekolah sebentar lagi uja usai, itu artinya kita harus benar-benar kembali ke dunia nyata. Tidak ada lagi acara tidur setelah sholat subuh, berbaring santai di depan TV,  makan siang bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Biasanya, setelah lebaran seperti saat ini akan banyak di buka lowongan pekerjaan. Mungkin karena perusahaan kehilangan pegawainya yang mudik dan tidak kembali, atau mungkin banyak juga perusahaan yang sedang berkembang, membuka cabang baru dan membutuhkan pegawai baru juga pastinya. Entahlah, saya juga tidak mengetahui pasti tentang hal itu.

Baca Juga : Masih Nganggur? Baca Ini!

Setiap orang pasti pernah merasakan hal baru dalam hidupnya, seperti baru bekerja. Hari pertama bekerja tentu tidak akan kalah menegangkan, dengan hari pertama masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi kan? Sedikit banyak rasa dagdigdug derr itu pasti ada. Yang sudah memiliki pengalaman bekerja saja terkadang masih gugup saat pertama kali bekerja di tempat yang baru, apalagi para fresh graduate yang belum mempunyai pengalam bekerja sama sekali?  Jelas rasa nervous menyelimuti hati ya, hehe.

Nah, berikut ini saya akan memberikan tips supaya hari pertama bekerja berjalan mulus tanpa hambatan apa pun.





1. Jaga Kesehatan
Mendapat pekerjaan untuk pertama kalinya pasti terasa sangat menyenagkan, apalagi jika itu pekerjaan yang telah kita idamkan selama ini. Rasa senang itu terkandang bercampur dengan rasa haru dan syukur. ”Alhamdulillah, akhirnya dapat pekerjaan juga!” Kata-kata itulah yang mungkin terbesit di benak kita saat berada di posisi itu.

Dan persiapan pertama yan harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan. Kan tidak lucu kalau kita harus izin sakit di hari pertama bekerja. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kita mulai dengan menjaga asupan kita. Seperti  menghindari makanan pedas, apalagi untuk penderita maag ya. Takutnya kalau mengkonsumsi makanan  pedas, kita akan sakit perut di pagi hari dan membuat kita jadi terlambat bekerja. Selain makan makanan bergizi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi vitamin juga. Supaya badan kita menjadi segar bugar, hehe.


2. Siapkan Pakaian
Nah, sebaiknya kita juga telah menyiapkan pakaian yang sesuai untuk bekerja di esok hari. Apalagi untuk yang diwajibkan mengenakan seragam tertentu ya, wajib banget menyiapkannya. Hal ini kita lakukan supaya kita tidak panik di hari pertama kita bekerja hanya karena bingung ingin mengenakan pakaian apa, atau karena kita kesulitan menemukan seragam yang akan kita kenakan.

Dan selain supaya tidak tergesa-gesa, kita juga akan merasa lebih tenang bukan? Poin pentingnya adalah, jangan sampai kita salah kostum! Kita sendiri yang mengenali jenis pekerjaan apa yang akan kita lakukan, jadi kita harus pandai memilih pakaian apa yang sesuai dengan pekerjaan kita itu. Oh iya, selain pakaian, sekalian siapkan juga barang apa yang akan kita bawa ke tempat kerja. Contohnya seperti membawa tas kecil berisi HP dan dompet yang telah menjadi barang penting bagi semua orang.

Baca Juga : 4 Tips Tampil Profesional Saat Berhadapan dengan Rekan Bisnis


3. Cek Kendaraan
Bagi yang membawa kendaraan pribadi, kita sebaiknya mengecek kendaraan tersebut sebelum esok hari akan mengendarainya ke tempat kerja. Apapun kendaraana, kita harus memastikan bahwa kendaraan itu dalam keadaan baik. Kita bisa mulai dari mengecek mesin apakah bisa menyala atau tidak, kemudian baru rem, lampu, ban, dan pastinya bensinnya ya, hehe.

Dan untuk yang menggunakan kendaraan umum, kita perlu memahami rute dari kendaraan tersebut. Atau kita juga bisa menggunakan jasa ojek online kan. Pilihan ada di tangan kita, kita sendiri yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Di sini kita harus mempertimbangkan uang dan waktu yang kita punya.




4. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
Berdoa adalah cara terbaik seorang hamba untuk berkomikasi kepada Sang Penciptanya. Setelah kita berdoa, kita akan merasa jauh lebih lebih tenang (Itu yang saya rasakan ya). Selain itu, bekerja juga merupakan ibadah bukan? Jadi, selalu awali pekerjaanmu dengan bismillah. Supaya pekerjaan  kita dimudahkan dan dilancarkan oleh Alloh s.w.t.

Dan restu orang tua juga sangat penting. Bukankah restu orangtua adalah restu Allah juga? Jadi jangan lupa untuk berpamitan dan mencium tangan kedua orangtua sebelum berangkat bekerja. Atau mungkin yang sudah berkeluarga bisa melakukan hal tersebut kepada pasangan ya.


5. Survey Lokasi
Sebelum menyambut hari pertama bekerja dengan suka cita, sebaiknya kita sudah mengenali tempat kerja kita dengan baik. Apalagi jika lokasinya cukup jauh, sedangkan kita belum pernah berkunjung ke sana sebelumnya. Awas nyasar! Hehehe. Jadi sebaiknya kita survey lokasi terlebih dahulu ya. Meskipun bisa melihatnya di google maps, percayalah survey lokasi ini sangat berguna dilakukan, hehe.

Oh iya, selain untuk mengetahuin lokasi pekerjaan kita secara pasti, survey lokasi ini juga punya banyak manfaat bagi kita. Misalnya kita jadi tahu jalan alternatif menuju tempat kerja, kita jadi tahu letak kamar mandi, tempat sholat, tempat makan terdekat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Lowongan Kerja dan Mindset Masyarakat


6. Berangkat Lebih Awal
Nah, ini kayaknya juga gak kalah penting ya. Usahakan berangkat lebih awal di hari pertama kerja, sebenernya untuk antisipasi saja. Barangkali jalanan macet atau semacamnya yang membuat waktu menuju tempat kerja menjadi lebih lama. Apalagi jika tempat kerja kita jauh dari rumah ya, berangkat lebih awal saya rasa perlu dilakukan, hehe.

Selain itu, berangkat lebih awal juga membuat kesan pertama yang baik akan melekat pada diri kita lo, hehe. Katanya, kesan pertama atau first impression ini turut mempengaruhi penilaian orang lain kepada kita. Apalagi di posisi sebagai pegawai baru ya, membangun citra yang baik di tempat kerja baru saya rasa adalah hal yang wajar untuk dilakukan.



7. Kenali Rekan Kerja Anda
Sesampainya di tempat kerja yang baru, kita diwajibkan untuk beradaptasi. Syukur kalau kita merupakan orang yang mudah beradaptasi ya, kalau tidak? Mungkin akan sedikit mengganggu ya. Di tempat kerja yang baru kita diharuskan beradaptasi dengan lingkungan dan rekan kerja baru juga. Kalau ada teman yang bekerja di tempat yang sama mungkin akan cukup membantu, nah kalau tidak? Mungkin kita akan merasa asing di sana.

Mengenal rekan kerja ini sangat penting lo, jika kita mengenal baik rekan kerja kita, bisa jadi pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Apalagi jika kita bekerja dalam team work ya. Kenali dengan cepat nama dan sikap yang mereka tampakkan. Jika kita bisa menempatkan diri kita dengan baik, itu akan menjadi poin plus untuk kita.


8. Senyum dan Semangat
Nah, dalam bekerja tentunya kita tidak sendiri. Ada boss, rekan kerja, dan klien yang berhubungan dengan kita. Menunjukkan senyum, salam, dan sapa terhadap mereka adalah hal yang sebaiknya kita lakukan. Karena ramah dan sopan adalah sikap dasar yang tidak dimiliki semua orang, tapi bisa juga dibiasakan kok, toh itu juga merupakan sikap yang baik.

Yang terakhir adalah semangat ya! Jika kita bersemangat, kita bisa menularkan semangat itu kepada lingkungan di sekitar kita. Lakukan pekerjaan dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Sebagai pegawai baru, jangan sugkan untuk bertanya atas apa yang belum kamu ketahui. Setelah itu lakukan pekerjaanmu sebaik mungkin, mita pendapat rekan kerja juga sebaiknya dilakukan.

Sampai sini dulu pembahasan kita kali ini. Ingat, kita tidak perlu menjadi orang lain. Cukup menjadi diri kita sendiri yang lebih baik! J




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

33 comments:

  1. aq bgt itu yang siapkan pakaian, datang lebih pagi sm minta doa restu dari orang tua... kl survey lokasi tergantung kondisi, kalau saat interview sudah ketemu sama user tempat kita kerja jadi sudah tahu tempatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,kalau saya sekalian cek tempat sholat dan kamar mandinya hehe

      Delete
  2. agak ketagihan ya setelah nyaris dua bulan liburan. senin depan harus masuk lagi. tapi its okay. seneng bisa ketemu sama murid muridku lagi.

    ReplyDelete
  3. Harusss selalu rapi dan rapiii, hhee

    ReplyDelete
  4. kesan pertama itu penting banget, karena moment yang paling diingat oleh rekan-rekan kerja lainnya..

    ReplyDelete
  5. Kesehatan adalah sesuatu yang wajib saat pertama hari masuk kerja, karna bagaimanapun kesehatan merupakan modal dasar untuk siap bekerja

    ReplyDelete
  6. Berangkat Lebih Awal....ya Berangkat Lebih Awal saat pertama hari masuk kerja adalah tips yang sangat di anjurkan, tujuannya untuk mempersiapkan segala sesuatu itu waktunya lebih longgar

    ReplyDelete
  7. Cek alat perlengkapan kerja serta dokumen, seperti berkas berkas penting, alat alat sebagai pendukung jika kerja di tempatkan dilapangan,,,,,,misal pacul, linggis, sepatu boots, pelindung kepala, ini benda benda yang sepertinya sepele, tetapi tanpa alat ini nggak bisa kerja .....kalau nggak bisa kerja gimana coba...?

    ReplyDelete
  8. BTW....mbak Ae sekedar masukan, desain dan penempatan Ads nya mbok di setel ulang yang bagus, biar pendapatan dolar semakin wuuuusssss......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih saran dan semua komentarnya mas, hehe

      Delete
  9. tipsnya menarik nih, berhubung saya gak bekerja di luar biasanya hari pertama masuk kerja suami, bangun lebih awal dan menyiapkan bekalnya

    ReplyDelete
  10. Emang tepat banget ini sarannya... tapi yang harus dipersiapkan traktir temen hahha.

    ReplyDelete
  11. Jangan sampai terlambat ya, lbh baik berangkat lbh awal

    ReplyDelete
  12. wah mantap nih! aku juga sering survey lokasi sebelum dtng ke suatu tempat baru.
    menghindari telat karena nyari2, ntr kalo udah telat semua impressionnya jadi jelek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya survey dilakukan pas mau interview

      Delete
  13. Jaga kesehatan itu paling penting. Aku seminggu kembali ikut event blogger eh malah sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Leyla kan jam terbangnya udah tinggi. Jaga kesehatan ya ....

      Delete
  14. Hari pertama masuk sekolah, anak saya sudah saya wanti-wanti untuk persiapan hari sebelumnya. Misalnya seragam dan keperluan lain. Jangan sesampai di sekolah ada yang kelupaan, misalanya lupa bawa topi karena liburnya kelamaan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, gak cuma kerja, hari pertama sekolah pun harus dipersiapkan dengan baik. :)

      Delete
  15. Kadang yang suka bikin telat belum nyiapin baju juga buat ke tempat kerja pertama,, jadi lah lama ganti pakaiannya, dan akhirnya telat.. pernah pengalaman nih,, tipsnya bener banget kak annisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul,apalagi kita sebagai perempuan kan butuh waktu untuk berdandan,hahah :D

      Delete
  16. Tapi biasanya kalo hari pertama masih belum mood kerja, apalagi habis libur panjang...hehe

    ReplyDelete
  17. Terima kaish tipsnya, Teh. Membantu banget nih.
    Memang si kesehatan itu penting dan bahkan jadi yang utama, dengan sehat itu merupakan langkah awal untuk memulai segala aktifitas salah satunya kerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama semoga bermanfaat...

      Delete
  18. Jangankan sebelum masuk kerja, sebelum interview aja biasanya aku udah cek lokasi dulu, maklum Jkt macetnya ga bisa ditebak jd mending survey lokasi dulu hihihi

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,daripada terlambat pas hari pertama kerja kan gak bagus juga...

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.