6 Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah










Anisa AE - Siapa sih yang paling malas keluar rumah buat olahraga? Okeylah, jangan pada tunjuk diri sendiri ya, karena saya merasa banget. Apalagi dengan perut yang semakin besar dan udara yang tiap hari terasa dingin terus, pinginnya tidur mulu di bawah selimut kan ya?

Olahraga sangat penting bagi tubuh kita. Di samping kesibukan kerja yang padat, sempatkan beberapa menit untuk berolahraga. Jika kita berolahraga dengan rutin, maka dapat mengurangi berbagai resiko penyakit dalam tubuh. Pengertian olahraga sendiri ialah salah satu bentuk aktivitas fisik yang berguna dalam meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Dengan berolahraga akan dapat meningkat daya tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dulu pas masih sekolah SD, selain ada pelajaran olahraga, ada juga kewajiban senam sebelum masuk ke kelas. Semangat '45 pastinya. Saya bahkan selalu ada di barisan depan buat senam, ogah di belakang, sekalian caper gitu deh. Hehehe.

Di era sekarang ini, sudah banyak berbagai macam alat-alat untuk berolahraga. Bahkan sekarang sudah ada tepat khusus olahraga seperti gym. Di sana sudah tersedia berbagai macam alat olahraga, namun jika mau menggunakan fasilitasnya harus bayar. Saya jarang ke tempat seperti ini, ya gimana mau ke sana, belum lama keluar, udah ada SMS atau WA kalo si kecil nyari'in.



Nah, ternyata olahraga juga dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal seperti yang bisa kalian coba yaitu senam atau gerakan ringan lainnya. Kita juga tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan banyak biaya untuk olahraga. Berikut ini jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah tanpa mengeluarkan biaya :

1. Hola Hoop
Siapa nih yang pas masih kecil sering bermain hula hoop? Ternyata permainan ini termasuk jenis olahraga yang tergolong sederhana tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Walaupun tergolong sederhana, olahraga ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Bagi kalian yang memiliki berat badan di atas rata-rata, bermain hola hoop bisa menjadi solusinya loh. Hola hoop bermanfaat untuk mengurangi perut lemak, merampingkan paha, mengencangkan payudara, mengencangkan pinggul dan mash banyak lagi. Namun, untuk yang tidak terbiasa menggunakannya, hola hoop cukup sulit untuk dimainkan. Dulu saya juga sering bermain hula hoop bersama teman-teman saat masih kecil, alhasil tubuh mengeluarkan banyak keringat loh …

Kalau sekarang? Hm ... udah kesulitan deh.
Baca juga :10 TIPS MENGHILANGKAN RASA KANTUK



2. Plank
Untuk olahraga jenis yang satu ini, biasanya dilakukan oleh pria. Namun, bukan berarti wanita tidak bisa melakukanya. Olahraga ini juga bisa untuk membentuk otok perut. Bagi kalian yang ingin perutnya sixpack, kalian juga bisa melakukan olahraga jenis yang satu ini loh. Cara melakukannya juga sangat mudah, yaitu pakai posisi push up lalu tekuk siku sampai 90 derajat. Tahan badan kalian menggunakan telapak tangan hingga siku. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lakukan plank selama 30 detik. Saya juga pernah melakukannya, tapi setelah 15 detik sudah tidak kuat. Hehehe






3. Squat
Pernah dengar olahraga yang satu ini? Olahraga ini cukup terkenal loh di kalangan wanita. Olahraga ini sangat simple tapi memiliki banyak sekali khasiatnya. Gerakannya juga mudah dilakukan. Cukup berdiri dengan posisi kaki selebar bahu lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. Lakukan gerakan squat selama 15 menit dan dapat membakar lemak 200 kalori dalam tubuh kalian. Selain itu manfaat melakukan gerakan squat antara lain mengurangi resiko cedera, meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi.

Nah, ini perlu dicoba deh buat membakar kalori.



4. Jumping Jack
Gerakan yang satu ini biasanya sering dilakukan oleh sekolah-sekolah. Di sekolah saya dulu juga melakukan pemanasan dengan jumping jack. Olahraga ini juga mudah untuk dilakukan. Inti olahraga ini adalah lompat. Cara melakukannya yaitu dengan melompat dan kedua tangan di atas dengan posisi kaki, setelah melompat kembali ke posisi berdiri. Lakukan jumping jack selama 45 detik. Manfaat melakukan jumping jack ialah meningkatkan daya tahan otot kaki dan juga tangan.



5. Lari di tempat
Olahraga satu ini yang paling banyak dilakukan, mulai dari anak-anak sampai orang tua juga bisa melakukannya. Olahraga lari merupakan jenis olahraga yang mudah dan murah sehingga dapat dilakukan di mana saja. Olahraga ini dapat dilakukan di dalam rumah dengan lari tapi tetap di tempat. Walaupun melakukannya ditempat, manfaatnya juga tidak berbeda dengan lari pada umumnya. Agar tidak ada orang maupun barang yang dapat mengganggu kalian saat sedang melakukan lari ditempat, sebaiknya gunakan satu ruangan yang khusus sehingga kalian tidak akan terganggu. Dari semua olahraga saya lebih sering melakukan lari di tempat, karena memang mudah untuk dilakukan. Selain itu, olahraga ini akan mengeluarkan banyak keringat.



6. Lompat Tali
Olahraga ini merupakan satu dari sekian banyak olahraga yang dapat dilakukan di rumah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Tidak perlu banyak persiapan yang dapat dilakukan hanya menggunakan tali sebagai alatnya atau biasa disebut dengan skipping. Harga talinya juga tidak terlalu mahal. Cukup gunakan satu tali, lalu lompat menggunakan tali tersebut. Dalam satu hari, buatlah target selama 10-15 melakukan lompatan di atas 50 kali. Tidak hanya remaja saja yang bisa melakukannya, bahkan anak-anak juga bisa melakukannya. Bahkan anak saya juga sudah bisa melakukannya sebanyak 15 kali, namanya juga anak-anak jadi tidak bisa banyak-banyak melakukannya. Saya pun juga tidak bisa memaksanya. Dengan olahraga ini, manfaat bagi anak-anak dapat menambah tinggi badan, karenakan tubuhnya masih dalam masa pertumbuhan.



Gimana? Apa kalian sudah pernah melakukan beberapa olahraga yang saya tulis? Walaupun terbilang sederhana, olahraga tersebut memiliki banyak manfaat lohh. Jadi sesering mungkin melakukannya agar tubuh kita sehat. Ingat sehat itu mahal, jangan sampai menyesal di kemudian hari karena kurang olahraga.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



21 comments:

  1. Nge-plank itu walau kelihatan sederhana tapi susah... Senam juga bisa dilakukan di rumah. Saya sukanya walk at home :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, olahraga plank itu susah-susah gampang,tergantung juga kalau sering melakukannya jadi gampang :)

      Delete
  2. Saya pernah melakukannya mba Nisa, tapi biasanya cuma anget anget doang, saat saya merasa badan ini mulai gembul. tapi biasanya itu cuma berlaku beberapa hari, abis itu saya lupa. faktor malas dan cape juga yang bikin saya enggak rutin. #alesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, saya juga kayak gitu. heheh

      Delete
  3. makasih kak annisa tipsnya, kebetulan aku penyuka olahrga, biasanya aku selalu lari pagi aja, karena ga butuh alat tambahan untuk olahraganya hihihi.. Berhubung sedang hamil, aku biasanya jalan pagi aja. Mungkin next mau iseng nyoba lompat tali kayanya asik juga ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mba:) kalau lagi hamil olahraganya yang ringan-ringan :D

      Delete
    2. hihi iyaa takut tepar nih ntar borojol dluan ya kak kalau over training hihihi

      Delete
  4. hula hoop itu kelihatannya gampang ya Mbak, tapi kenyataannya sulit Cyiinn.. hihihih, itu bagiku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii bener mba:) apalagi kalau berat badannya diatas rata-rata, kayak saya :D

      Delete
  5. dari kecil sampe sekarang aku ngga bisa main hulahoop padahal punya. akhirnya disimpen aja deh.

    kalo plank emang efektif banget sih mba di aku, badan jadi lebih toned dan lebih seger gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, kalau aku pas masih kecil bisa main hula hoop tapi pas udah menikah udah gak pandai lagi mainnya :D hehehe

      Delete
  6. Olahraga sangat bermanfaat dan sangat membantu kita dalam membangun hidup yang sehat.

    ReplyDelete
  7. sebetulnya olga itu mudah ya, tinggal ada kemauan kuat dari diri kita :)

    ReplyDelete
  8. Bagus banget mba artikelnya. Sekarang-sekarang ini saya emang lagi berusaha banget untuk bisa olahraga tiap hari. Dan olahraga yang saya aplikasikan itu olahraga OCD yang bisa dilakukan cukup 7 menit dalam sehari. Sekarang udah 4 hari berjalan saya lakukan olah raga ini. Dan pas liat artikelnya mba, ada dari gerakan OCD itu yang mba ulas. Wah, saya langsung jadi makin semangat lagi olahraganya pas tau khasiatnya apa saja. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mbak, semangat terus olahraganya :)

      Delete
  9. Saya sampai sekarang ga bisa hula hup, susah ih hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kalau saya dulu bisa, sekarang malah gak bisa :D hahaha

      Delete
  10. Favoritku plank sih hahahaha, bia buat ngecilin peut juga hhihihi

    ursula-meta.com

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.