Kuliah Sambil Kerja? Ngga Masalah!


Berbagi dan menginspirasi
Kuliah Sambil Kerja, Siapa Takut?
Kata siapa kerja paruh waktu itu susah?
Tidak ada hal yang tidak bisa kita lakukan asal kita yakin. Mungkin kalimat itu yang tepat untuk selalu memompa semangat kita ketika memilih untuk kerja sambil kuliah.

Banyak sekali mahasiswa yang merangkap bekerja, entah menjadi tenaga freelance, karyawan toko, penjaga warnet atau bahkan ada yang usaha online. Oke, semua itu baik. Yang menjadi tidak baik adalah ketika kita memilih kuliah sambil bekerja, lantas, karena terlalu terlena dengan pekerjaan kita, jatuhnya malah lupa dengan kewajiban utama. Yakni, belajar sebaik mungkin di kampus. Akibatnya seringkali bolos kuliah atau bahkan mandeg. Ujung-ujungnya cuma bisa meraih gelar MA (Mahasiswa Abadi)

Oh, tidak. Siapa sih yang ingin mendapatkan gelar seperti itu? Tentu semua mahasiswa selalu ingin lulus dengan nilai yang baik dan tepat waktu. Ya, namanya juga paruh waktu, ngga gampang loh kerja sambil kuliah! Mungkin sederet kalimat itu yang timbul tenggelam dalam pikiran kita. Membenarkan sesuatu untuk membela diri padahal sebenernya emang kurang benar.

Ketika kita memilih paruh waktu, kuliah sambil bekerja, maka, kita pasti sudah memikirkan terlebih dahulu konsekuensi yang akan kita terima, bukan? Capek, itu pasti. Lelah, jelas. Namun, itu semua bukan penghambat untuk bisa menyeimbangkan keduanya. Kuliah ok, dompet, juga ok. Caranya?

Ini ada beberapa tips untuk teman-teman yang ingin kuliah sambil kerja:

1.     Niatkan dalam hati, kuliah sambil kerja. Bukan kerja sambil kuliah. Niat kita dari awal adalah kuliah, jadi bagaimanapun keadaannya kita harus selalu menomorsatukan kuliah.
2.     Seimbangkan keduanya. Menyeimbangkan keduanya tidaklah mudah. Kadang kita malah cenderung malas untuk berangkat ke kampus dari pada ke tempat kerja. Waktu kuliah fokus pada kuliah, waktu kerja ya fokus pada kerja. Ada waktu luang, segerakan tugas kuliah yang menunggu.
3.     Jaga kesehatan sebaik mungkin. Atur waktu sebaik mungkin. Manfaatkan waktu untuk beristirahat, jangan membuang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.