Tentang dan Cara Cek Optimasi SEO (Search Engine Optimization)







Anisa AE - Tadi ada yang bertanya bagaimana cara mengecek berapa persen SEO pada blog. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu SEO. Sebenarnya saya tak tahu apa-apa tentanf SEO sampai salah seorang teman mengajak saya untuk ikut mengisi workshop di Univ Kanjuruhan, Malang sebagai penulis artikel. Tentu saja saya langsung menyetujuinya dan mau tak mau, saya pun mempelajari seluk beluk SEO.

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) itu adalah sebutan untuk cara atau teknik agar situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo

Misalnya ketika mengetik AE Publishing, maka yang muncul di halaman pertama adalah situs penerbitan buku milik saya, padahal ada aepublishing.com yang situsnya dijual. Domain .com, .net, .id, dll tidak mempengaruhi. Kalau SEO-nya bagus, tetap masuk di nomor satu. Nah, mengerti, kan? 

Lantas apa saja keuntungannya optimasi SEO? Sebetulnya banyak sekali, salah satunya adalah meningkatkan traffic pengunjung karena masuk di nomor satu daftar pencarian. Jelas, yang paling atas mempunyai kecenderungan lebih banyak untuk diklik.






Nah, sudah tahu apa itu SEO? Sekarang kita mencari tahu bagaimana cara mengetahui seberapa persen optimasi SEO yang telah dilakukan. Mudah kok. Langsung klik http://chkme.com/ dan akan muncul seperti ini. Lalu masukkan alamat web yang mau dilihat berapa persen optimasi SEO-nya dan klik Check Seo Score.

cek optimasi SEO anisae.com

Tunggu beberapa detik, maka akan muncul keterangan tentang blog atau web yang dimasukkan. Scroll sampai bawah untuk melihat berapa persen optimasi SEO-nya. Seperti gambar di bawah ini

Hasil optimasi SEO
Nah, sekarang sudah tahu apa itu SEO dan bagaimana mengecek optimasinya, kan? Selamat mencoba. :)

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^. Eh, komentar berapa optimasi blog punyamu, ya? :)