Karma Tanah, Kumpulan Cerpen Kompas 2014


Anisa AE - Beberapa hari yang lalu, saat bedah karya, tiba-tiba saja Mas Ai El (salah satu buyut di FLP Malang) bagi-bagi e-book ini. Jelas saya langsung ikut ngantri. Bukannya apa sih, tapi selain bisa dibaca, juga bisa dibagikan ke anggota ECA yang lain. Pasti seru kalau semua anggota membaca buku yang jelas kualitasnya. Apalagi gratis dan gak pake lama.

Selanjutnya, saya langsung posting buat siapa saja yang mau e-book ini di facebook, beberapa grup, dan fanspage. Tidak usah ditanya siapa saja yang berminat, yang jelas sampai saat ini sudah ada lebih dari 300 alamat email yang menerimanya dari saya. Pun saya beri keterangan agar membagikan ke teman-teman lain yang membutuhkan.

Tak satu dua yang minta dikirim via inbox. Apa? Via inbox? Yang jelas, kuota saya akan habis, mengingat filenya 4,7 MB. Jadi, saya minta email saja, heheh. Pastinya, e-book ini tidak untuk diperjualbelikan. Jika ada yang menjual e-book ini, bisa langsung dilaporkan kepada pihak kompas.

Apa isinya buku ini?

Buku ini memuat 51 cerpen (dari yang saya hitung) dan Karma Tanah adalah judul dari salah satu cerpen di dalamnya yang terbit pada hari Minggu, 9 November 2014 karya Ketut Syahruwardi Abbas.

Karma Tanah menceritakan pasangan orang tua di Bali yang merindukan kedua anak mereka. Keadaan ekonomi membuat mereka harus rela menjual tanah dan rumah untuk kebutuhan hidup dan kesuksesan kedua anak mereka untuk menjadi polisi dan bidan. Di akhir cerita, sang istri meninggal pada saat sembahyang, tapi tidak ada orang Bali yang datang, hanya turis dan wisatawan. Sang suami bingung karena tidak ada yang dikenalnya.

Ingin tahu cerpen lain yang ada di dalamnya? Bisa tinggalkan alamat email di kolom komentar di bawah

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v