4 Cara Menghemat Kapasitas Blog Gratis






Anisa AE - Siapa bilang kalau blogger itu akan gratis selamanya? Salah banget .... Apalagi jika ada blogspotnya dan tidak ada hosting untuk penyimpanan data (seperti punya saya ini). Setalah kuota habis, maka pemilik blog akan dikenakan biaya tambahan.

Jika suka ngeblog dan update setiap hari, maka harus siap-siap membeli hosting. Karena blogger juga membatasi kapasitas dari blog kita. Blogger hanya menyediakan kuota 15 Giga. Lumayan banyak sih untuk yang tidak terlalu suka posting.

Bagaimana cara mengecek kapasitas blog? Caranya sangat mudah. Segera dicek untuk melihat berapa kuota yang tersisa. 

1. Klik foto di pojok kanan. Lalu klik akun.
2. Scrol langsung ke bawah. Anda akan mendapati kuota yang telah digunakan beserta sisanya.







Cukup mudah, bukan?

Lantas bagaimana agar menghemat kapasitas blog? Saya punya 4 cara untuk menghematnya.

1. Gunakan foto dengan resolusi kecil.
Pastinya tiap blogger suka sekali menguplod foto untuk mendukung artikel. Foto tidak perlu resolusi besar, karena hanya digunakan untuk blog pribadi.

2. Hindari mengunggah vidio tak penting.
Banyak sekali vidio penunjang ataupun hanya untuk memperbagus artikel. Padahal tanpa vidio pun tak akan memempengaruhi isi artikel. Jika memang harus mengunggah vidio, kompres dulu menjadi kecil.

3. Pasang 1-2 foto.
Wah, siapa yang suka selfie? Karena terlalu suka selfie, banyak sekali foto yang diunggah, sedangkan artikelnya sedikit. Ini juga membuat kapasitas blog berkurang cepat. Biasanya untuk blog traveling, eh, termasuk blog saya juga.

4. Hapus foto dan vidio.
Ini adalah cara terakhir jika kapasitas blog mendekati limit. Buka lagi postingan-postingan lama, lalu menghapus foto dan vidio dengan resolusi besar yang tidak terlalu penting. Jika masih sayang, bisa mengompres fotonya saja.

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v