9 Langkah Menghasilkan Uang Dari Blog







Anisa AE  -  Pin BBM saya berbunyi hampir setiap hari. Mulai dari pertanyaan bagaimana membuat blog, sampai bagaimana cara mendapatkan uang dari sana. Bahkan, SMS dan email juga berisi hal yang tidak jauh berbeda. Baiklah, ini saatnya saya membahas semuanya.

Bagi sebagian ibu rumah tangga, duduk di depan laptop atau mengetik di gadget sambil menjalankan pekerjaan rumah, itu hal biasa. Bisa menambah penghasilan, sekaligus membuat dapur semakin mengepul. Terlebih jika menang event menulis di blogger yang hadiahnya sampai jutaan. Apalagi untuk para ibu yang sudah bergabung dalam komunitas Kumpulan Emak Blogger. Termasuk saya.

Bagaimana agar bisa mempunyai gentong uang dari blog? Di rumah saja sambil otak-atik laptop?


1. Menulis
Ini adalah hal pertama yang perlu dipelajari olah semua yang ingin terjun ke dunia blogger. Kualitas tulisan juga sangat mempengaruhi bagaimana nanti calon pelanggan akan melirik blog kita. Jika blog baru dan isinya tidak banyak, jangan berharap lebih dulu. Konsisten saja dalam menulis dan mulai berkenalan dengan blogger yang lain. 
Tidak perlu menulis hal yang menyulitkan, cukup hal-hal ringan dengan minimal tulisan 300 kata.

2. Komunitas Blogger
Di dalam komunitas blogger, kita bisa mendapatkan banyak teman dan ilmu. Terlebih bisa menitipkan link blog kita dengan tulisan terbaru dan blog walking ke blog teman. Karena blog-blog dengan tulisan terbaru ada di sana. Pun bisa bertanya-tanya bagaimana mengotak-atik tampilan blog dan yang lainnya. Apa penting? Sangat penting. Karena dalam komunitas ini, nantinya akan banyak informasi job yang akan mengalirkan uang pada blog kita.

Apa saja komunitas blogger di sini? Beberapa yang saya ikuti adalah KEB (Kumpulan Emak Blogger), Warung Blogger, Jamban Blogger, Blogger Indonesia, Blogger Reporter ID, dan Kancut Blogger. Beberapa ada yang punya twitter, ada juga @updateblog, @kumpulanblogger, @NgeblogAsik.

3. Share Artikel
Blog kita tidak akan dikenal jika tidak dishare ke tenan-teman yang lain. Bisa dilakukan via wall FB, fans page, twitter, instagram, sampai pada kartu nama. Apa pun dan di mana pun, tuliskan alamat blog kita berserta cuplikan artikel di dalamnya. Apalagi untuk tulisan terbaru yang tidak banyak diketahui oleh orang lain.

4. Lomba Blog
Mengikuti lomba blog bisa menambah backlink pada blog kita. Selain mengasah kemampuan menulis, bisa punya banyak teman sesama blogger, juga bisa membuat blog kita lebih konsisten dalam menulis artikel. Syukur-syukur bisa menang dan mendapat hadiah. Banyak sekali informasi lomba blog yang bertebaran di internet.







5. Job Review
Kita tidak akan mendapat job ini jika langkah pertama dan kedua tidak dilaksanakan. Bagaimana orang bisa mengenal blog kita jika jarang update blog dan blog walking? Tulisan yang berbobot dan informasi akurat dari komunitas blogger bisa membuat kita kebanjiran job review.

Saya biasa mendapatkan 50-300 ribu untuk job seperti ini. Tak jarang pula mendapat barang untuk fee review. Barang apa? Tentu adalah barang yang minta direview. Biasa buku, inner jilbab, sampai pada makanan (saya suka kuliner).

Untuk job ini, kebanyakan permintaan dari agen suatu produk tertentu. Juga via email yang menawarkan fee menarik agar saya mereview mereka.

6. Google Adsense
Jika umur blog sudah lebih dari 3 bulan, kita bisa mendaftar di google adsense agar mendapatkan fee. Apa itu google adsense dan bagaimana cara mendapatkan uang dari sana?

Saya belum bisa menjawabnya karena berkali-kali gagal. :( Yang pasti, pembayaran dengan dolar. Tidak dilihat dari jumlah klik, tapi juga seberapa banyak iklan tampil di blog.
Beberapa hari yang lalu sudah lolos, tapi ditolak lagi karena ada beberapa artikel di blog ini yang menyinggung pihak lain. Tulisan pun harus unik dan tidak sedikit jika ingin daftar di adsense.

Saya akan daftar lagi nanti. Jika lolos, akan langsung menulis tipsnya buat para pembaca setia. :) Semoga lolos. Aamiin.

7. Pay Per Click
Ini adalah salah satu situs yang bisa menghasilkan uang. Dengan syarat jumlah pengunjung lebih dari 10.000 per bulan. Saya sudah daftar dan mencoba, tapi tidak terlalu menghasilkan, akhirnya saya hapus karena template blog berubah. Ingin lebih fokus pada adsense dan job review. Fee antara 40-600 rupiah per klik dan akan dibayarkan jika sudah mencapai minimal pembayaran, 60.000.

8. Banner di Blog
Coba tengok di kanan tempat artikel ini. Ada beberapa gambar yang jika diklik akan mengarah ke web atau tulisan lain. Itu adalah bentuk promosi memasang banner pada blog. Kita bisa memberi tarif tergantung trafik yang kita dapat dan kemungkinan untuk diklik oleh pembaca blog.

Kebetulan belum ada yang pasang banner pada bulan ini, hehe. Karena itu yang terpasang di sana adalah banner milik sendiri. Saya mematok harga 50 ribu per banner untuk satu bulan atau barang yang akan dipromosikan. Berminat untuk memasang banner di blog saya? Bisa hubungi 085103414877 (SMS,telp, WA)

9. Ghost Writer
Kali ini bukan dalam menulis novel, tapi untuk artikel. Banyak sekali web-web yang mau membayar untuk mendapatkan artikel yang berkualitas. Feenya juga bermacam-macam. Mulai dari 500 rupiah sampai dengan 25 ribu rupiah. Rata-rata berkisar 7-9 ribu. Ada juga yang disewa bulanan. Jadi, selama sebulan harus menulis beberapa artikel dengan syarat tertentu. Gajinya pun bulanan. Berkisar antara 300-500 ribu per bulan. Info terakhir, untuk menjadi ghost writer, minimal mengerti tema dan apa yang diinginkan oleh pemilik web. Juga sering lolos ke situs-situs online.

Nah, itu adalah beberapa langkah saya dalam menghasilkan uang dari blog. Anda tertarik untuk mencobanya? 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v