Gaji Job Review Blogger






anisa ae

Anisa AE - Kemarin setelah membahas tentang fee penulis artikel, saya akan membahas fee job review para blogger. Blogger saat ini sudah menjadi pekerjaan tetap lho. Kebanyakan dari job review dan banner iklan di dalam blog. Untuk banner iklan, tergantung dari penghitungan masing-masing yang memberi iklan.

Yang lagi booming dan tak ada matinya adalah adsense. Banyak juga dari luar negeri maupun Indonesia yang bisa digunakan, salah satunya adalah pay per click.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang job review. Pekerjaan mereview suatu produk/jasa di dalam blog kita. Ini dilakukan oleh sebuah perusahaan yang memerlukan promosi gencar. Biasanya untuk meringkas biaya, mereka menggunakan blogger.

Hal pertama yang akan dilihat oleh marketing dari perusahaan tersebut adalah kesesuaian blog dengan produk yang akan dipromosikan. Gak lucu banget kalau produk rumah tangga diberikan ke blog dengan niche kecantikan. Setelah itu bagaimana dengan traffik pengunjung dan keaktifan blognya. Apa sosial medianya dan sering berbagi apa tidak.


Dilihat webnya seperti apa dan pantas mendapatkan fee berapa untuk tiap artikel yang ditulis di sana. Biasanya juga dilihat dari alexa, DA, dan PA-nya. Semakin bagus, maka akan semakin mahal pula. Biasanya, pihak marketing yang lebih tahu. Tapi blogger bisa juga menaikkan harga per artikel, tergantung kesepakatan juga. Asal tahu itu memang pantas didapatkan. Jangan sampai menawar fee perusahaan kecil seperti perusahaan besar.

1. 20-75 ribu
Ada banyak blogger yang masuk di dalam kategori ini. Blogger baru yang masih mempunyai blog gratisan, blogger yang tinggal tempel doang, dan blogger yang lagi butuh duit.







Untuk blogger yang tinggal tempel doang, konten sudah disediakan oleh pihak marketing. Jadi, blogger hanya tinggal memindahkan ke dalam blognya. Ada pula yang konten disediakan, tapi blogger menambah dengan foto. Untuk blogger tempelan, biasanya dipilih yang sudah pakai domain berbayar.

Blogger dengan domain gratisan juga masuk di dalam kategori ini karena jarang sekali dilirik oleh marketing, kecuali memang mempunyai traffik yang tinggi.

2. 80-150 ribu
Harga ini ditetapkan oleh perusahaan kepada penulis yang mempunyai situs web domain berbayar dengan traffik kecil untuk mempromosikan produk mereka. Saya pun dulu menerima fee segini teman atau saudara. Biasanya saya kasih gratis juga untuk teman dan saudara, asal ada testernya. Kan gak lucu kalau review makanan, tapi gak tahu rasanya.

2. 200-500 ribu
Ini juga dilakukan oleh perusahaan untuk promosi. Biasanya harga semakin tinggi untuk web dengan rating yang tinggi pula. Keunikan tulisan artikel juga mempengaruhi berapa bayaran yang akan diberikan kepada blogger. Sekali lagi, ini bisa dinego juga kok.

3. 500>
Semakin tinggi jam terbang seorang blogger, maka makin mahal pula bayarannya. Selain keunikan konten, traffik pengunjung, dan familiarnya di dunia maya, juga dilihat dari kerumitan bahan review yang akan dibuat.

Untuk saat ini, saya mematok harga 400 ribu ke atas. Kebanyakan juga menolak job yang tidak sesuai dengan web ini. Lebih sering review secara sukarela karena suka dengan produk atau jasanya. Kalaupun ada kekurangan juga akan langsung saya tulis. Namanya juga review sukarela, jadi tanpa beban.

Ada hal yang lebih membahagiakan daripada uang, yaitu bisa membagi pengalaman dengan orang lain lewat tulisan. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v