Gaji Penulis Artikel







Anisa AE - Saat ini, penulis artikel tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai pekerjaan. Mulai banyak bermunculan para penulis yang menggantungkan hidup pada artikel yang mereka buat. Bahkan, bermunculan pula agensi artikel. Wow, luar biasa.

Nah, kemarin malam saya melakukan survei kepada teman-teman yang sering mendapatkan job menulis artikel. Berapa aja sih fee yang mereka dapatkan untuk menulis artikel dengan minimal 300 kata? Saya kan penasaran juga.

Ternyata untuk sebuah artikel, fee juga bermacam-macam. Mulai dari seribu rupiah sampai ratusan ribu. Kok bisa sih? Apa yang membedakan?

1. Seribuan
Kok saya tulis seribuan? Iya, soalnya lebih murah dari bayar tukang parkir. Saya pun kaget ketika ada yang cerita soal ini. Tapi banyak juga kok yang mau menulis dengan fee segini. Ya, kebanyakan pelajar dan mereka tidak ada pilihan lain untuk menolak. Ketika saya minta link, ternyata artikel tersebut kebanyakan copas dan tidak ditulia ulang. Hm, kebayang kan? Resiko juga sih.

Ada yang bayar segini? Ada kok. Malah beberapa teman saya menggunakan para pelajar untuk menulis artikel di webnya. Tentu saja semuanya diawali dengan perjanjian dulu. Hitungannya, semakin banyak yang ditulis, maka semakin banyak pula gajinya. Lha? Kan emang iya. ^^

2. 3-5 ribu
Untuk penulis di kategori ini ada banyak sekali. Salah satunya adalah teman yang sering curhat ke saya. Eh, saya juga biasa pakai harga ini jika membeli artikel. Tergantung artikelnya juga sih. Biasanya saya tanya dulu dia biasa dibayar berapa trus saya naikin dikit.

Untuk artikel ini, banyak yang menulis ulang dari beberapa sumber. 80% lolos dari copas. Nah, para penulis di sini masuk dalam kategori yang daripada nganggur. Ada juga situs online yang membayar dengan fee segini, tapi juga lewat seleksi. Mungkin diseleksi yang lolos copas atau enggak. Tapi kan emang kebijakan masing-masing juga. Kalau gak lolos, artikelnya dibuang. Sayang banget.

3. 6-8 ribu
Penulis dengan fee segini biasanya yang masuk di agensi artikel. Jadi, ada agensi sendiri yang meminta tulisan dengan tema tertentu dan ber-SEO. Nah, penulis masuk di borongan. Langsung menulis 50-100 artikel dengan jangka waktu tertentu. Kalau 6.000 x 100, bisa 600 ribu sekali borongan.

Banyak penulis yang masuk di kategori ini. Malah ada agensi khusus artikel yang kerjasama dengan berbagai web agar sesuai dengan permintaan web tersebut. Penulis di kategori ini lebih melihat hasil yang banyak setelah menyelesaikan banyak artikel.

anisa ae





4. 10-15 ribu
Ini adalah harga artikel yang biasa kita beli dari agensi. Semakin banyak artikel yang kita beli, maka makin murah. Ada juga beberapa artikel gratis jika membeli dengan jumlah tertentu. So? Gak perlu mikir kehabisan stok artikel. Biasanya pembeli adalah situs- situs web yang sudah banyak pengunjungnya.

Kalau saya mah yang ini kemahalan. Soalnya kan blog pribadi dan belum ada penghasilan pasti. Lebih baik nulis sendiri deh. Hehehe.


5. 20-50 ribu
Penulis di harga ini masuk dalam penulis tetap web online dengan banyak pengunjung. Seperti reporter tetap gitu deh. Tapi pastinya dikejar target harus menulis apa.

Ternyata media koran lokal juga menetapkan harga ini untuk tiap artikel. Itu pun disertai dengan seleksi. Curhatan dari seorang teman mendapatkan 25 ribu per artikel, kalau gak lolos ya artikelnya dibuang. Padahal ini harga yang dulu saya tetapkan untuk menulis sebuah artikel di web ini. Xixixi. Karena belum tahu berapa yang harus saya terima untuk membuat satu artikel.

Kalau saya sudah mengalami fee mulai dari seribu rupiah dan untuk saat ini, mematok harga 50 ribu ke atas. Tergantung perusahaan apa dan seperti apa kesulitan dalam membuat kontennya. Semakin sulit, maka semakin mahal. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa lebih murah dari itu, tergantung mood sih. Kalau menguasai materi, it's oke.

Eh, ini hanya gaji untuk penulis konten lho, bukan gaji blogger.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v