HPS, Hama Baru Paling Mematikan di Indonesia

Taman Bunga Amaryllis sebelum terkena HPS

Anisa AE -  Akhir-akhir ini sosmed sudah makin heboh dengan hama mematikan pada tanaman. Apalagi lebih menyerang ke tumbuhan dan bunga-bunga indah. Saya sempat kaget ketika mengetahui HPS (Hama Pasukan Selfie) yang sangat mengganggu tumbuhan. Terlebih bunga -bunga yang sangat sayang untuk dipetik.

Ini terjadi di Yogyakarta, GunungKidul. Tepatnya Desa Asemayu, Patuk, taman bunga milik Pak Sukadi. Padahal bunga yang bernama Amaryllis, Lily Hujan atau Brambang Procot ini hanya tumbuh subur saat awal musim hujan dan itu pun hanya setahun sekali dan dibudidayakan sejak tahun 2006. Selasa lalu terunggah di sosmed secara visual dan Jumat kemarin sekitar 1.500 orang datang ke tempat tersebut.

Berbagai Sumber
Oh no! Bunga ini hancur karena ulah manusia atau pasukan selfie yang lebih suka mengabadikan foto menarik, daripada menjaga agar tempat itu selalu indah dan bisa dinikmati oleh mata-mata yang lain. Bisa juga menjadi objek wisata untuk daerah yang menambah penghasilan penduduk. Bukan malah terserang hama seperti ini.

Pengunjung yang Membludak - Mirza

Sangat disayangkan sekali bahwa taman indah ini luput dari perhatian pemerintah dan penduduk sekitar untuk dijaga terlebih dahulu sebelum HPS ini menyerang.

Mengingat bahwa taman ini memang sangat indah dan muncul setahun sekali, selayaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan penduduk setempat. Jangan sampai HPS datang dan merusak semuanya. Jika sudah hancur seperti ini, hanya ada rasa kecewa dan kesal.

Berbagai Sumber
Ugh sumpah, pingin rasanya ada UU tentang HPS agar tidak merajalela. Selfie sih boleh saja, tapi gak harus merusak tanaman kaya' gitu dong .... Seperti gak diajari bagaimana mencintai alam saja. Padahal tuh di TK kan udah diajari. -,- ‪#‎ikutsebel‬

Untuk para HPS di sana, puaskah kalian melihat hasil dari perbuatan kalian? Tidak kasihankah kalian pada para petani yang sudah merawat dan membesarkan bunga-bunga tersebut?

Andai bunga-bunga itu bisa berkata, mereka akan menjerit dan menangis ketika kalian memperkosanya. Kesakitan ketika tubuh kalian menindih mereka dengan kasar, mencium mereka dengan penuh nafsu, lalu menginjak-injak mereka karena kurang puas, beralih ke gerombolan bunga yang baru. Semua hanya demi mendapatkan gambar selfie yang fenomenal dan luar biasa. Lantas, apa yang kalian dapatkan selain foto itu?

Berbagai Sumber
Saat ini foto kalian tersebar di sosmed, hinaan dan cacian mulai meluncur. Lalu rasa bersalah akan menghinggapi hati kalian (kalau masih punya hati). Apalagi Pak Sukardi malah meinta maaf pada para pengunjung karena taman bunganya tidak sebagus kemarin. Sedih juga karena para pengunjung mengabaikan kotak sukarela yang ada di pintu masuk.

Hiks, yang sabar, Pak. :( InsyaAllah tahun depan hama ini tidak ada lagi jika pemerintah ikut andil.
Note : foto-foto di sini saya ambil dari sosmed. Yuk kita jaga semuanya, terlebih alam dari HPS yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v