10 Tips Agar Semangat Ngeblog







Anisa AE - Banyak hal yang bikin malas ngeblog? Gak bisa nulis di blog secara konsisten? Tidak punya waktu buat ngeblog? Atau banyak alasan lain yang membuatmu malas untuk menulis blog?

Saya dulu juga gitu. Jangan pikir kalau selalu semangat untuk ngeblog, bahkan saking malesnya ngeblog, saya pernah menyewa jasa penulis konten. Gak percaya ya? Ya sudahlah. Itu kan hak kamu buat percaya atau enggak. Xixix. Yang pasti, semangat ngeblog itu harus.

Namun akhir-akhir ini saya mulai menerapkan beberapa hal yang membuat semangat ngeblog. Sebenarnya cara lama di dunia menulis, tapi coba saya terapkan lagi di dunia blogging. Lumayan membantu sih. Saya bisa konsisten mengisi artikel, walaupun tidak setiap hari sih.

1. Pakai Hati
Menulislah dengan bahagia. Ups, walaupun sedang marah juga bisa dituliskan lho. Malah terasa banget tulisannya. Yang penting menulis dengan hati. Biar deh banyak orang yang bilang blogger lebay, blogger curhatan. Ya, namanya pakai hati, blog juga punya sendiri.

Biasanya blogger curhatan tidak akan berlangsung lama. Maksudnya curhat gak lama. Nanti akan jadi terbiasa menulis jika semua dilakukan dengan hati.  ^^

2. Temukan Passion
Banyak yang bilang tulislah sesuai passionmu. Iyup banget. Kalau suka jalan-jalan, tulis aja pengalaman saat itu. Suka kuliner, langsung tulis saat pulang dari makan-makan. Suka selfie? Ini juga gak salah. Bisa juga tulis pengalaman bagaimana saat menemukan spot selfie terbaik dan step by stepnya.

Baca Juga : Blogger Profesional atau Abal-abal

3. Kalahkan Mood
Lagi mood banget nulis atau malah pas malas banget? Ini sering menghampiri saya. Apalagi saat mood tidak stabil seperti ini gara-gara hamil. Karena saya termasuk yang tidak bisa mengalahkan mood, maka harus disiasati.

Saat mood menulis tinggi, saya biasa menulis beberapa artikel sekaligus dan menjadwalkan secara berkala. Misalnya tiap hari atau dua hari sekali. Selalu saya kira-kira berapa hari mood akan kembali. Biasanya semingguan mood hilang. Jadi saat mood datang, saya biasa langsung menulis banyak.

4. Jadi Diri Sendiri
Pernah kepikiran bahwa blogmu kurang bermutu? Kurang artikel yang bermanfaat untuk orang lain? Kurang-kurang-kurang ....

Ish, kalau mikir kurang mulu, kapan nulisnya? Jangan meniru orang lain saat ngeblog. Suatu saat kamu bisa kok menjadi blogger senior seperti mereka. Bahkan nih, banyak blog yang tulisanya curhat banget, tapi malah terpilih job review.

Jadi diri sendiri dalam menulis itu juga kelebihan lho. Jangan sampai karena terlalu ingin meniru orang lain, blogmu malah kosong melompong. Gak ada untungnya kan?






5. Berkumpul Dengan Komunitas
Tidak harus tiap hari ketemu kok. Kan bisa lewat facebook atau WA. Banyak info yang bisa didapatkan ketika kumpul bareng mereka. Misalnya saja ilmu-ilmu yang menambah wawasan, topik terkini, sampai pada info job review.

Kalau ada info yang bermanfaat, segera dicatat. Kelihatannya ngobrol sepele, namun kamu bisa menulis ulang catatan tersebut ke dalam blog. Tuh kan jadi ada tema buat ditulis.
6. Tulis Pencapaian
Kalau saat ini dibilang zamannya fomo, saya tidak menganggap begitu. Apa yang sudah pernah kamu dapatkan, tulis saja. Dari hal kecil sampai besar.

Kenapa harus? Karena itu bisa membuatmu tetap semangat untuk meraih hal yang lebih tinggi. Misalnya saja saat sudah punya antologi, tulis saja. Itu akan memotivasi agar kamu bisa menulis novel. Begitu pula dengan blog, semua punya tahapan, bukan sim salabim.

7. Tulis Resolusi
Apa resolusimu di tahun ini? Gak salah dong kalau nulisnya banyaaak plus tinggi. Ucapanmu adalah doa, termasuk tulisanmu. Siapa tahu semuanya diijabah oleh Allah.

Dengan menulis resolusi, kita bisa ingat apa saja yang harus dicapai pada tahun ini. Setidaknya jadi punya semangat 45 untuk bisa terus menulis di blog.

8. Membaca
Membaca di sini tidak hanya buku lho. Bisa juga koran, majalah, dan situasi. Dengan banyak membaca, kita jadi punya banyak opini yang ingin segera keluar dari otak dan hati.

Saya sering kali menerapkan hal ini. Kadang dari status facebook saja bisa membuat pikiran ke mana-mana dan hasilnya 500 kata untuk blog. Lumayan ....

Baca Juga : 7 Keuntungan Ngeblog


9. Blogwalking
Siapa bilang gak ada untungnya? Selain bisa menambah backlink untuk traffic blog dan teman dunia maya, blogwalking bisa memotivasi untuk menulis lho. Misalnya saja ketika membaca postingan teman-teman tentang cerita keluarga mereka, pasti akan menimbulkan suasana baru.

Seperti pernah ke sana juga, pernah merasakan itu juga, cerita lebih seru dari itu. Nah, perasaan-perasaan seperti itulah yang akan membuat semangat dalam ngeblog. Ikutan nulis ceritamu juga, ingin berbagi banyak hal soal itu juga.

Saat blogwalking pun kamu bisa tahu ada GA apa saja di blog. Kan lumayan, menambah tulisan sambil ikut lomba. Siapa tahu menang, makin lumayan deh. Kalau takut dengan GA berhadiah besar, bisa dimulai dengan yang kecil dulu kok. Kan buat uji kemampuan diri juga. Nanti akan bertahap ke GA yang lebih besar.

Baca Juga : Wajib Follow dan Blogwalking

10. Keluar dari Blog
Nah lho? Agar semangat ngeblog kok malah disuruh keluar dari blog sih? Gak salah?

Enggak dong. Maksudnya di sini untuk menyegarkan otak kita agar tidak fokus pada blog. Kan banyak tuh ketika ada di depan laptop, malah gak punya ide sama sekali. Gak bisa nulis, malah pinginnya sosmed-an mulu. Hayo ... siapa yang merasa tersindir?

Saya juga kok.

Nah untuk menyiasati hal itu, saya biasanya malah menulis di sosmed. Misalnya saja kamu nulis status di facebook dengan puanjanggg. Nah tanpa sadar sudah menulis 200 kata. Nanggung banget, panjangin saja sekalian sampai 400.

Nulis di facebook ini sering saya pakai. Lebih enjoy karena seperti menulis sebuah status curcol. Apalagi nulisnya di hape, wuih, menghemat kuota data dan waktu. Bisa disambi dengan menunggu anak sekolah atau menemaninya bermain. Publikasikan dengan privacy rahasia, so hanya kamu yang bisa baca.

Nah, setelah punya waktu, baru deh dicopas di laptop.

Dulu sih sering banget pinjem inboxnya suami untuk isi artikel, tapi sepertinya sekarang kurang manjur. Pertama nulis di note, terus dicopas ke inboxnya dia. Ternyata menulis di note rasanya tetep beda dengan menulis di facebook. Mungkin karena kurang terbiasa, heheh.


Untungnya sekarang suami telah merelakan hape kesayangannya untuk ditukar dengan hape saya. Ini karena saya membutuhkan hape yang lebih canggih dari segi apa pun, apalagi untuk urusan ngeblog. Untungnya suami pengertian banget, gantian deh hapenya. Asiknya lagi, saya bisa internetan lancar dengan menggunakan Smartfren Andromax M2Y. Bisa dibawa ke mana-mana, jaringannya pun sudah 4G. Bisa untuk hape suami dan laptop. ^^

Kalau kamu, apa saja yang bikin semangat ngeblog?

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari. ^^