11 Tips Lolos Google Adsense






Anisa AE - Banyak yang tanya bagaimana cara saya agar bisa lolos di google adsense. Saya pun kurang begitu mengerti kenapa lolos pada pengajuan yang ke-7. Yup, saya telah mengajukan adsense selama 6x dan gagal.

Dari dulu yang saya ajukan adalah blog ini. Bahkan blog ini pernah dipegang oleh 3 senior blog hanya agar lolos adsense. Sayangnya lagi-lagi gagal, namun ada saja akal mereka, sampai akhirnya memakai akun gmail lain agar diacc oleh adsense.

Tips mendaftarkan adsense dengan akun lain pun ternyata tidak berhasil, saya akhirnya pakai PPC yang gajinya per klik 600-1000 rupiah. Itu syaratnya harus punya view minimal 10.000 per bulan. Akhirnya saya pun mencobanya walau hasilnya sangat lama.


Lama-lama iklan PPC saya hapus, lebih baik memasang iklan sendiri yang lebih menghasilkan dan terus menulis artikel untuk blog. Tak disangka jika bulan kemarin mendapat email cinta dari google adsense.


Banyak yang bertanya pada saya bagaimana caranya agar lolos adsense. Sejujurnya saya tak begitu paham bagaimana caranya, tapi akan saya beri tahu apa saja yang saya lakukan agar lolos adsense.

1. Tulisan tanpa copas
Bisa dibilang jika dulu saya sering sekali memberi info lomba menulis atau lomba apa saja yang berseliweran di FB dan blog. Mengcopi di blog sendiri untuk dibagikan ke pembaca. Saat itu saya berpikir tak masalah karena pasti penyelenggara event yang diuntungkan ketika eventnya menyebar luas.

Setelah itu saya mulai menulis tulisan sendiri. Cerita tentang Asma, penerbitan, dan curhat lebay di blog. Info lomba selain saya penyelenggaranya mulai berkurang satu demi satu. Demi lolos google adsense

2. Aktif menulis
Kelihatannya sepele sih, tapi ini yang saya lakukan. Sebisa mungkin menulis 3-4 artikel tiap minggu. Kalau bisa ya tiap hari dengan jadwal konsisten yang sama. Terus mempromosikan link agar banyak yang baca.

Gak harus tulisan yang berat. Ringan-ringan saja juga oke. Minimal 300 kata. Kalau nulisnya dari hape gak bakal terasa. Tiba-tiba saja sudah 400 kata.

Jangan lupa tambahkan about, privacy police, dll.

3. Blogwalking
Pengaruh gak ya? Tapi ini juga saya lakukan. Selalu BW mengunjungi blog teman. Sebisa mungkin meninggalkan link URL postingan terbaru. Jadi, suatu saat ada yang mengunjungi dari link tersebut. Kan lumayan dapat backlink juga. Siapa tahu bisa ikutan lolos google adsense.


4. Menghapus postingan
Capek-capek nulis kok dihapus? Ini adalah postingan lama yang hanya beberapa kata plus yang tulisannya copas. Biasanya kan saya nulis puisi atau FF singkat tuh, ini yang saya hapus. Kalau masih sayang dengan tulisannya, bisa dimasukin draf saja.

5. Mengecek postingan
Setelah dihapus,  cek kembali artikel-artikel lama. Ada gak sih yang menyinggung orang lain? Mengandung unsur SARA atau yang tidak sesuai dengan artikel yang diminati oleh google adsense.

Ini saya lakukan pula, ternyata banyak yang harus dimasukkan ke draf. Apalagi curhat-curhat geje yang langsung pakai nama orangnya. Saya teliti satu per satu, berharap semua sudah dicek dan tidak ada yang menyinggung pihak lain.

6. Aktif Ngeblog
Selanjutnya adalah aktif ngeblog. Tak perlu dua artikel sehari, sehari sekali juga boleh. Pas gak nulis, bisa blog walking dengan meninggalkan link. Usahakan bahwa kamu dan blogmu itu terlihat aktif di mata google.

7. Daftar
Setelah dirasa aktif ngeblog, kamu wajib daftar di google adsense. Jangan sampai semua sudah dilakukan, tapi belum daftar juga, percuma dong. Isi data dengan lengkap dan tanpa penipuan, ya? ^^





Setelah daftar, pasang iklan adsense di blog. Memang belum muncul sih, tapi jangan dihapus sampai mendapat email baru dari adsense. Nanti akan muncul email ditolak, disurvey kedua, atau diterima.

Dulu, 4x saya langsung ditolak (sebelum menerapkan 6 hal di atas). Lalu lolos ke survey pertama, masuk ke survey dua. Akhirnya 2x ditolak juga dengan alasan konten kurang memenuhi persyaratan dan mengandung hal yang tidak disukai adsense.

8. Pelajari
Jika sudah menerapkan hal di atas lalu tetap saja ditolak, pelajari apa alasan penolakan tersebut. Satu per satu dicek adakah yang salah di dalam blog. Sepertinya untuk job review tidak memengaruhi diterima atau tidaknya. Lalu daftarkan lagi.

9. Ganti template
Ini adalah hal terakhir yang saya lakukan sebelum akhirnya mendaftar lagi. Cukup lama mengotak-atik template blog agar sesuau dengan impian saya. Ini pun agar pembaca merasa lebih nyaman berada di blog saya.

10. Daftar lagi.
Jangan lelah untuk terus mendaftar google adsense dan revisi lagi. Saya tetap mendaftar menggunakan satu akun gmail walau berkali-kali ditolak. Saat disurvey oleh google adsense, jangan ganti-ganti template, tapi perbanyak artikel dan blogwalking agar blog terlihat aktif dan pantas untuk lolos google adsense.


11. Berdoa
Apalah arti semua usaha tanpa doa? Hehehe. Tetap saja Tuhan yang menentukan apakah kita diterima atau ditolak adsense. Berdoa di sini tidak hanya di atas sajadah, bisa juga dalam hati. Semoga diacc adsense. Barangkali saja setelah menerapkan tips 1-7 langsung diterima oleh adsense. Heheh.

Itulah beberapa hal yang saya lakukan sebelum akhirnya diterima oleh adsense pada Desember kemarin. Bagi yang belum diterima juga harus bagaimana? Tetep usaha dong. Adsense tuh walau gak diklik, fee juga didapatkan dengan banyaknya view pada blog kita. Kan lumayan.  ^^

Jangan lupa dipraktikkan, ya? 11 tips lolos google adsense ini buat pembaca setia anisae.com. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v