Bersama Rebecca di Ahass Asia Motor Malang

Ahass Asia Motor Malang

Anisa AE -  Kemarin, saya bersama suami membawa Rebecca ke dealer resmi Ahass untuk servis. Maklumlah, sejak membeli sampai saat ini terhitung 3 bulan, kami belum pernah servis motor. Sebenarnya suami akan pergi sendiri, tapi saya ngotot untuk ikut. Berasa jadi ibu untuk Rebecca yang mau dibawa ke dokter. Minimal saya kenal 'kru' yang menangani motor kesayangan itu.

Antisipasi jika suatu saat saya harus servis motor sendirian, kan sudah tahu dan kenal bagaimana tempatnya. Jadi tidak perlu malu lagi untuk bertanya. Apalagi ini adalah proses servis pertama kami, suami pun belum pernah servis di bengkel resmi, biasanya diotak-atik sendiri di bengkel teman.

Sebenarnya sudah mau diservis sejak pertama membeli, tapi saya urungkan karena harus membayar pajak motor yang tertunggak selama 4 tahun. Sekalian saja mengurus BPKB dan ganti nama pemilik motor. Apalagi banyak hal yang harus diganti seperti aki dan ban dalam motor. Sepertinya saya membeli motor yang sudah sangat parah. Maklumlah, pemilik sebelumnya adalah orang pelosok. Mungkin jauh dari dealer ataupun kantor samsat.






Suami ngotot servis sepeda di daerah Pakisaji yang menurut saya cukup jauh. Padahal di Kepanjen sendiri banyak sekali dealer resmi Honda yang dekat dengan rumah. Katanya sih pelayanan dan mekanik di sini berbeda dengan yang lain. Tetangga saya yang di Ngajum pun suka servis di sini, padahal motornya plat Mojokerto.

Saya jadi penasaran bagaimana dengan prosesnya.

Ahass Asia Motor Malang yang terletak di Jl. Raya Pakisaji no.14 Malang ini ternyata memang mempunyai proses kerja yang lumayan. Pertama kali datang, kami langsung disambut untuk diberi nomor antrian, pendaftaran, dan ditanya keluhan apa saja. Seperti ke dokter saja. Lalu kami menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan.

Asma betah di Ahass Asia Motor Malang

Asma tidak terlalu rewel di sana karena berasa punya tempat khusus untuk bermain. Saya pun jadi tenang, karena yakin kebosanan saat menunggu bisa diatasi dengan baik. Kalau saya sih bisa nunggu sambil ngeblog. Kalau Asma? Saat lapar, ada penjual bakso juga di sebelah. Tak perlu jauh-jauh cari makan deh. Saya sempatkan juga menikmati baksonya karena sudah jam makan siang.

Baca Juga : 10 Tips Aman Berkendara Bersama Balita

Rebecca dicuci

Saya pun minta izin kepada Mbak Yanti untuk melihat proses penanganan motor. Setelah dapat izin, langsung cuss ke tempat cucian motor. Di sana, motor beat kesayangan saya sedang dicuci oleh dua orang. Padahal kemarin suami sudah wanti-wanti agar mencuci motor, ternyata di sini langsung dicuci sebelum dites.

Rebecca mulai ditangani

Proses penanganan di sini sangat profesional. Motor dites dan analisa lebih dulu untuk mengetahui ada apa dengan motor. Jadi tidak langsung didiagnosa, semua melalui proses. Hasilnya dibaca oleh mekanik sehingga bisa lebih akurat. Dicek, dipastikan kekurangannya, ditunjukkan masalah dan pengaruh pada motor, estimasi kendaraan, dan diserahkan kembali ke pemilik untuk ditentukan mana saja yang perlu 'diobati'. Tidak hanya motor lama, motor baru pun penanganannya sama. Jadi, tidak hanya ganti oli.

Daftar Harga Jasa Servis

Setelah dites dan dicek, ternyata motor masuk dalam kategori parah. Perkiraan suami yang hanya habis 500 ribuan, ternyata salah. Habis sekitar 750 ribu jika diservis dan ganti semua, belum termasuk servis mesin. Untungnya saya sudah menyiapkan dana khusus untuk servis, sayangnya banyak suku cadang yang kehabisan. Kami akan dihubungi saat barang sudah ready.

Suami bersama mekanik
Suami pun diberi edukasi tentang motor dan bagaimana penggunaan motor agar tidak sampai terjadi seperti itu. Setelah pulang nanti, kami disarankan tidak menggunakan motor sampai suku cadang tersedia agar kerusakan tidak semakin parah. Untungnya ada motor suami yang bisa dibawa ke mana-mana, walau kurang terasa nyaman karena motor itu juga perlu diservis.

Peralatan Mekanik
Saat motor mulai diservis, saya punya kesempatan untuk berbicara langsung dengan kepala mekanik, Pak Amar Ma'ruf. Sekalian tanya-tanya tentang motor matic kepada ahlinya dong ....

Ahass Asia Motor Malang yang mempunyai 8 karyawan ini ternyata memang lebih unggul dari yang lain karena punya dynotest untuk mengetes tiap motor. Untuk mengganti oli pun bisa lebih cepat dan aman karena ada alat khususnya. Itu dibenarkan oleh Mbak Yanti dan suami saya juga. Alat ini belum dimiliki oleh dealer resmi Ahas lain di Malang.

Alat pengganti oli 
Ganti oli :
Motor matic disarankan ganti oli jika sudah mencapai 2.000 km. Memang standarnya 4.000 km, tapi itu tidak berlaku jika sering memanaskan motor lebih lama ataupun sering berada di lokasi yang macet. Karena saat motor dipanaskan, oli tetap terpakai, walaupun speed tidak berjalan.

Jika tidak sering digunakan, oli diganti tiap dua bulan sekali. Kenapa dua bulan? Karena kontaminasi airnya lebih tinggi, usia oli sudah lebih lama, proses pendinginan saat macet, dan proses kerja mesin sangat berpengaruh pada oli tersebut. Bisa sekalian servis motor untuk mengetahui apa yang terjadi 'di dalam' motor.

Padahal saya belum pernah ganti oli sejak tiga bulan. Saya pikir, penggunaannya tidak berlebihan, jadi tidak berpengaruh. Soalnya hanya untuk antar jemput Asma ke sekolah dan ke pasar, totalnya sekitar 500 meter.

Lokasi Tes Motor


Mengerem motor :

Ini yang saya catat karena sering mengerem hanya ban belakang saja. Harusnya handle dan rem ditekan secara bersamaan dengan cara diremas. Jika hanya ban belakang saja, motor bisa 'nggobet' dan slip. Mengerem pun tidak boleh mendadak, tapi pelan-pelan.
Di jalan yang penuh dengan belokan pun tidak dianjurkan untuk mengerem saat berbelok. Disarankan mengerem beberapa meter sebelum belokan. Sepertinya lebih aman jika berjalan pelan-pelan saja, apalagi untuk wanita.

Penggunaan motor yang baik :
-  Pemakaian dg benar di kecepatan, cara mengerem, rawat kendaraan
- Saat berhenti di tanjakan, jangan tahan pakai gas yang bisa mengakibatkan kampas terbakar.






Perawatan wajib pemilik :
- Tekanan ban tiap minggu
- Mengecek lampu
- Mengecek fungsi rem dan bel
- Mengecek ketinggian oli.
- Menjaga kendaraan agar stabil terjaga.

Pak Amar di Ahass Asia Motor Malang
Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari Pak Amar tentang motor matic. Sepertinya harus lebih banyak belajar lagi agar bisa mengerti bagaimana penggunaan 'anak' saya dengan baik. Jangan sampai dia sakit lebih parah karena saya kurang peduli padanya.

Di Ahas Asia Motor Malang ini, para mekanik dan customer service sangat welcome pada pelanggan. Tidak hanya itu, saya bisa berselancar di dunia maya karena tempat ini dilengkapi pula dengan WIFI, plus ada colokan listriknya untuk mengecas hape. Jangan lupa bawa charge. Jika haus, ada air mineral gratis yang juga disediakan. Walaupun di sini juga disediakan untuk tempat helm, tapi pelanggan harus selalu memantau. Karena kehilangan helm bukan menjadi tanggung jawab Ahas, apalagi jika helm full face, yang pasti sangat diminati oleh para tangan panjang.

Booking Servis
Kelebihan lain dari tempat ini :
1. Gratis 1x servis setelah servis 5x, lumayan bisa menghemat pengeluaran. Khususnya untuk emak seperti saya.
2. Bisa membooking nomor antrian motor via telepon agar bisa langsung ditangani setelah datang ke Ahass Asia Motor Malang.
3. Diskon 20% jika servis menggunakan kartu Ahass Asia Motor Malang. Wah, sepertinya saya kurang informasi tentang ini. Jika ke sana lagi akan langsung tanya.
4. Layanan servis ke rumah. Yup, mekanik akan datang ke rumah kita untuk servis secara lengkap. Sepertinya saya akan menggunakan layanan ini jika kandungan sudah sangat besar dan suami tidak ada di rumah. Apalagi jika harus istirahat total karena habis melahirkan. Apalagi dengan tambahan biaya 5-15 ribu saja.

Honda Home Servis

Untuk kebersihan tempatnya sudah oke, tapi kebersihan kamar mandinya perlu dijaga juga. Mungkin karena saya datangnya siang, kamar mandi sudah kotor oleh pelanggan lain. Sepertinya juga perlu ditambahkan sabun cuci tangan, lap tangan, dan kaca. Semoga saat ke sini lagi, kamar mandinya sudah oke. Heheh.

Pukul 14:30, kami meninggalkan Ahass Asia Motor Malang. Artinya di sana sudah memakan waktu lebih dari tiga jam. Sepertinya jika ke sini lagi, saya harus booking nomor antrian dan berangkat setelah mengantar Asma sekolah karena Ahass Asia Motor Malang buka mulai pukul 06:30 sampai 16:00.  Pastinya sudah selesai penanganan saat harus jemput si kecil pulang sekolah. ^^/






Pengalaman servis pertama ini sungguh sangat berkesan.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v