5 Cara Menaikkan Alexa dalam 20 Hari







Anisa AE - Banyak yang bertanya pada saya bagaimana cara meningkatkan rank alexa, padahal saya sudah menuliskannya tahun lalu di sini. Tapi akhir-akhir ini memang alexa saya meningkat dengan drastis. Bayangkan saja, November kemarin masih 1,2 juta, bulan ini sudah 200 ribuan.

Bahkan awal bulan ini masih 500 ribuan dan naik drastis hanya dalam beberapa hari.

Saya sempat share dengan Ihwan soal alexa ini. Katanya, saat alexa saya berada di 400 ribuan, maka sudah dalam posisi aman. Mungkin aman di sini berarti nanti naik turunnya segitu. Namun saya terkejut ketika rank alexa terus dan terus naik tanpa bisa dibendung. Bahkan saat saya tidak update di blog maupun bewe.


Semakin penasaran, saya pun bertanya pada Mas Febriyan tentang hal ini. Termasuk tetek bengek yang ada di dalam alexa. Seperti bounce, siapa saja pengunjungnya, sampai pada berapa tab yang dibuka oleh satu visitor. Apalagi rata-rata pengunjung perhari hanya 700-1000 view, bukan angka yang fantastis untuk sebuah blog.

Mas Febriyan menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan alexa naik. Salah satunya karena beberapa artikel saya masuk di halaman satu google yang sering diklik dan dicari oleh pengunjung. Berarti secara tidak sadar, saya telah menggunakan SEO. Tidak hanya itu, keaktifan blog saya dan blog lain juga mempengaruhi karena alexa selalu menghitung.

Oke, saya makin bingung. -,-

Sampai akhirnya beberapa teman langsung meminta tahap demi tahap yang saya lakukan, tanpa mengejar rank alexa. Nah, kalau ini, mungkin bisa jadi alasan kenapa alexa saya makin meramping. Akhirnya saya coba mencatat di whiteboard dengan spidol whiteboard tentunya agar bisa menemukan beberapa alasan berikut ini :

1. Blogwalking

Saya selalu menjadwalkan blogwalking tiap pagi setelah bangun tidur (10-15), saat anak sekolah (15-20), dan malam hari (10-15).

Pertama adalah moderasi komentar dan bewe ke semua komentator yang meninggalkan backlink di anisae.com. Ingat, saat meninggalkan komentar, jangan pakai g+, tapi gunakan URL (masukkan nama dan url blog). URL di sini juga bukan home, tapi langsung ke artikel yang ingin saya komentari balik. Biasanya saya acc sekitar 10-20 komentar dan ini yang menjadi prioritas bewe saya.

Kok ribet? Sebenarnya sih tidak. Karena dengan menambahkan URL langsung pada artikel, maka secara tidak langsung, kita sudah mempunyai satu backlink dari blog lain. Bayangkan jika banyak yang klik url tersebut, maka banyak pula yang membaca artikel di blog kita. Selain itu, kamu juga memudahkan saya untuk bewe langsung ke artikelmu. Yang biasanya pakai google, coba diganti.

Kedua adalah melihat blog yang saya ikuti dan mulai bewe ke sana. Untuk ini, saya biasa bewe 15-20 blog. Kadang juga lebih, tergantung mood. Kan ada tuh untuk pengguna blogspot, follow blog. Nah, jika saya mengikuti, maka akan mendapatkan pemberitahuan tiap kali kamu update blog. Nah lho? Menguntungkan sekali bukan? Tapi jangan lupa untuk follow blog saya juga. Hahaha.

Untuk kategori kedua, masuk dalam antrian. Semua pasti saya kunjungi, tapi tergantung berapa artikel yang muncul dalam hari itu. Saya biasanya nunggak sampai 2 hari, itu karena memprioritaskan bewe kategori pertama. Pun yang saya ikuti juga ratusan. Bayangkan kalau semuanya update blog dalam sehari.

Untuk yang sering update blog lebih dari sekali dalam sehari, saya memilih judul yang pas. Kalau pas semua, ya saya komentari semua. Tapi ada juga yang masuk list antrian, tapi saya gak bewe.
- Blog yang semua isinya tentang promosi produk.
- Blog yang mengharuskan mengklik readmore lebih dari 1x. Mengarahkan ke blog yang berbeda. Kecuali jika itu memang portal web seperti vivalog.

Untuk bewe malam hari, melanjutkan bewe kedua yang belum selesai.

Karena itu, tidak ada ruginya komentar di blog saya, karena akan saya kunjungi balik plus follow blognya. Tapi jangan lupa follow balik. Hahaha.

Note : Beberapa hari ini berkurang menjadi 10 bewe untuk mengecek alexa (hanya untuk yang komentar di blog). Tapi ternyata tetap naik, walau tidak sedrastis sebelumnya.
Ada yang informasi juga kalau komentar dengan g+ adalah cara menurunkan tercepat juga, tapi karena saya belum pernah mencoba, tidak saya tulis. Mungkin akan saya tulis setelah percobaan nanti,






2. Menulis Postingan


Postingan yang saya tulis tergolong ringan. Jika dulu saya menargetkan sehari satu artikel, minimal jumlah artikel per bulan sama dengan jumlah hari, maka saat ini tidak. Targetnya berganti menjadi ada berapa pembaca yang berkomentar dan meninggalkan backlink.

Tak lupa memyelipkan 'Baca Juga : ...' untuk menambah view blog. Menambahkan link keluar juga dalam tiap postingan. Intinya memberi backlink di dalam dan blog luar.

Yang pasti, satu artikel dalam dua hari. Ini untuk mengantisipasi agar postingan yang lama tidak tenggelam terlebih dulu. Adakalanya saya memakai google+ untuk komentar karena tidak disediakan kolom URL. Karena itu satu posting bisa bertahan 2 hari.

3. Aktif komentar di blog sendiri

Banyak yang bewe hanya membaca, setelah itu tinggalkan, tanpa meninggalkan komentar ataupun url. Saat ini selain berkomentar, saya menggunakan URL di dalamnya. Jadi, yang saya bewe bisa bewe balik secara langsung. Ini juga bisa menambah backlink pada blog.

Tidak hanya di blog teman, saya juga aktif berbalas di blog sendiri. Semakin banyak yang komentar, semakin bagus. Bahkan saya menargetkan 50 komentar (termasuk balasan saya) sebelum menulis artikel baru. Tapi sepertinya itu tidak berjalan dengan semestinya karena tangan terlalu gatal untuk menulis postingan selanjutnya. Hehe.

4. Memasang alexa toolbar

Saya tak pernah mempraktikkan ini, tapi kemarin diberi tahu beberapa blogger jika memasang alexa toolbar bisa meningkatkan rank. Setelah menginstal ulang laptop, saya gunakan ini. Hasilnya lumayan, saya bisa langsung memantau alexa sendiri maupun milik teman. Banyak yang menggunakan trik alexa toolbar untuk merampingkan alexa. Salah satunya dengan saling bewe ke sesama pemasang aplikasi ini. Jangan lupa memeriksa alexa secara berkala, untuk itu bisa pasang widget alexa.


5. Buka blog

Setiap kali saya menyalakan laptop, entah itu untuk buka facebook atau yang lain, selalu membuka tab blog saya sendiri. Ini berlangsung lama, bisa sampai saat laptop saya matikan. Sesekali cek alexa toolbar dan share artikel lama di sosmed.

Dengan membuka blog sendiri, blog akan terlihat selalu hidup dan ada pengunjungnya. Duh lupa siapa dulu yang ngasih tahu ini. Gak hanya lewat laptop, saya pun sering membuka via hape kalau sempat. Apalagi saat teman-teman butuh link satu artikel di blog dan saya tak sempat membuka laptop. Maka cara ini selalu saya gunakan.

Masih tidak percaya kalau alexa bisa naik secepat itu? Saya lampirkan foto kenaikan alexa mulai awal Januari sampai artikel ini saya tulis. Mungkin jika sudah ada yang mencoba tips di atas, bisa komentar juga bagaimana hasilnya. Karena saya sendiri masih bingung dengan bagaimana cara alexa menghitung.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v