Broken Link, Penyebab dan Cara Menghapusnya







Anisa AE - Tadi di grup WA ada yang lagi bersih-bersih broken link jumlahnya ratusan. Nah lho?Saya sebagai blogger yang masih belajar, tidak mau ketinggalan juga dong. Apalagi ini termasuk bagaimana agar google bisa mengindeks blog kita dengan baik. Langsung saja saya cuss mencari tahu apa itu broken link dan cara menghapusnya.

Setelah Asma tidur siang, saya langsung ambil kacamata, menyalakan router M2Y Smartfren, laptop, dan siap bertempur. Perkiraan saya sih belajar seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah mencari dan membaca, ternyata otak saya yang cukup lemot ini (maklum, cuma lulusan SMP), makin bingung. :( Duh sedihnya. Perlu satu jam untuk memahami dan mempraktikkan tiap tutorial yang saya dapatkan. Apalagi ketika mengecek, lama nian uyyy.

Namun, akhirnya BERHASIL!

Jadi, buat beberapa teman yang komentar di sini, tapi hilang, mohon maaf. Mungkin itu karena link yang ditautkan masuk dalam kategori broken link yang harus saya hapus. Maafkan, ya? :(

Kok dari tadi ngomongin broken link mulu? Broken link sendiri apa? Broken link adalah link rusak yang tidak bisa dikunjungi maupun dicari di google.Biasanya sih tampilannya page error 404 atau yang lainnya.

Apa sih penyebab broken link tersebut?

1. Domain Hilang
Nah lho? Maksudnya itu domain sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Domain itu tidak diperpanjang. Alhasil, gak ada di pencarian. Misalnya saja saat perpanjangan domain anisae,com trus tidak saya perpanjang. Maka, semua blog yang pernah saya komentari menggunakan link blog ini akan mempunyai broken link.


2. Salah Penulisan Link
Biasanya karena terburu-buru menulis artikel atau blogwalking, maka blogger menulis URL dengan cepat. Link yang ditulis bisa saja kurang satu huruf. Gak dapat backlink, malah nyepam di blog teman. :(


3. Postingan Dihapus
Maksudnya, artikel dari penulis yang meninggalkan link tersebut sudah dihapus. Artinya, di dalam link tersebut tidak ada tulisan sama sekali. Ini terjadi pada banyak blogger yang salah satunya adalah republiknindy. Maaf, ya? Komentar yang terdeteksi broken saya hapus. :)


4. Profil Blogger Hilang

Jika yang komentar tidak menggunakan URL, bisa jadi akun google. Lalu akun tersebut hilang atau dihapus, maka ini juga akan menjadi broken link. Sengaja atau tidak, google juga gak bakal mau tahu. Kan sayang banget jadi broken link di blog orang. :(


5. Ganti Domain
Kok bisa ganti domain aja menjadi broken link? Bukankah seharusnya mengacu ke blog yang berdomain karena sudah dialihkan ke sana? Bisa juga ini terjadi karena mesin pencarian mengartikan link tersebut secara berbeda.

Nah, sudah tahu kan kenapa bisa terjadi broken link? Sekarang bagaimana cara mengetahui broken link dalam blog? Kalau sudah tahu, bagaimana menghapusnya? 






Cara mengetahui jumlah broken link pada blog sebenarnya gampang, hanya otak saya saja yang lemot. Hehehe. Karena itu akan saya simpelkan sesuai kapasitas otak saya, agar kita bisa sama-sama mengerti.

2. Masukkan alamat blog kita di kolom yang sudah disedikan.


3. Masukkan security code dan tunggu beberapa menit. Bisa jadi beberapa jam, kalau broken link dalam blog sangat banyak. Tunggu sampai menjadi status DONE.


4. Ini hasil broken link pada blog saya. Alhamdulillah, ternyata cuma sedikit :)



Lantas, bagaimana cara menghapusnya? Gampang-gampang susah, karena tidak bisa dihapus secara bersamaan. Jadi, hapusnya harus satu per satu dari blog kita. Capek? Iya! Makanya banyak yang mengeluh ketika terdeteksi ada ratusan broken link. Ratusan bo! Ini menjadi evaluasi wajib bagi blogger juga. Simak cara menghapusnya, ya?


Cara Menghapus Broken Link :

1. Sudah tahu kan list yang masuk dalam kategori broken link? Langsung saja klik url. Maka akan langsung mengarah ke blog kita. Misalnya saja saya pilih punya Mbak Oline. Klik URL, dan masuk ke dalam artikel saya. Cari komentarnya Mbak Oline. Ketemu.


2. Cek komentar tersebut, apa benar masuk dalam broken link dan tidak terdeteksi google? Hasilnya benar. :(


3. Hapus komentar yang terdeteksi tersebut. Maaf Mbak Oline, komentarnya saya hapus, ya? :(

Cara ini juga berlaku jika broken link terdapat pada artikel kita karena kita telah memberikan link tulisan pada blog yang sudah tidak aktif. Bagaimana? Mudah kan? Xixixi, sayangnya otak saya saja yang lumayan lemot, sampai seperti ini saja lama sekali loadingnya. :D

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v