Polda Jatim Menggandeng Netizen Malang Raya





Bersama Pak Argo dan Bu Wiwid
Anisa AE - Malam Jumat kemarin, tiba-tiba saja ada nomor yang tidak dikenal mampir di hape saya. Ternyata telepon tersebut dari AKBP, Pak Eddwi Kurniyanto yang meminta kesediaan teman-teman netizen Malang Raya untuk hadir di dalam acara RAPIM POLDA JATIM yang diselenggarakan di Purnama Hotel, Batu. Acara tersebut diadakan pada keesokan harinya selama dua hari.

Saya yang dulu pernah mendaftarkan diri sebagai netizen Polda Jatim merasa diberi kesempatan sangat luas. Apalagi beberapa bulan terakhir memang banyak sekali acara Polda Jatim bersama netizen di Surabaya. Berhubung sudah masuk trimester akhir, saya tidak pernah ikut dalam kegiatan tersebut.

Pak Edwi meminta beberapa perwakilan netizen, 3-5 orang untuk hadir dalam acara tersebut. Lalu memberikan kontak Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol R Prabowo Argo Yuwono agar kami bisa komunikasi. Tak lupa meminta kesediaan, barangkali ada netizen yang bisa koordinasi bersama Pak Argo malam ini untuk acara besok.

Saya pun meminta waktu untuk mengabarkan kepada teman-teman karena acara ini sangat mendadak. Biasanya ada pemberitahuan seminggu sebelum hari H. Mungkin ada teman yang bisa koordinasi langsung dengan Pak Argo malam itu di Hotel. Untung saja Mas Malik bersedia datang ke hotel.  Saya tinggal woro-woro untuk acara esok hari.

Ternyata dugaan saya tepat. Banyak netizen yang tidak bisa datang karena bentrok dengan kegiatan lainnya. Akhirnya yang hadir dalam acara tersebut adalah saya, Bidin, Mas Malik, dan Rohmah (airenibiru.com). Tentu saja bidadari kecil tidak ketinggalan, dia tak pernah bisa jauh dari saya walau hanya beberapa jam. Saya pun bagi tugas dengan Bidin yang mewakili kepanjenkita.com. Saya mencari bahan tulisan dan dia bagian momong Asma.

Agak kurang PD juga di sana karena tidak memakai seragam. Ya, karena belum punya seragam. Apalagi pas lihat ROB (Rombongan Online Batu) datang dengan seragam hitam mereka yang kelihatan keren. Apalagi saat melihat banyak sekali polisi di tempat tersebut. Duh makin takut, takut kalau tiba-tiba ditanyakan SIM dan tidak boleh masuk ke lokasi karena penampilan sama sekali tidak mendukung. Hahaha.

Saya pun langsung menghubungi Pak Argo untuk menanyakan lokasi beliau. Ternyata sedang sarapan di Sekartaji, dekat kolam renang. Saya pun mencari lokasi tersebut. Ternyata lumayan jauh dari tempat parkir. Agak tak enak juga ketika beberapa polisi melihat kami, duh apa tidak meyakinkan sekali, ya?

Sempat dicegat seorang polisi yang menanyakan tujuan kami. Dengan kurang PD-nya saya berkata jika diundang oleh Pak Argo untuk datang ke acara tersebut. Dia cuma manggut dan mempersilakan saya masuk, lalu menunjukkan jalan menuju lokasi.






Di sana, kami disambut Pak Waluyo dan Pak Argo. Lalu diminta untuk sarapan lebih dulu sebelum acara dimulai. Ini dia, sarapan. Soalnya dari berangkat tadi belum makan, lumayan lama perjalanannya, satu setengah jam.
Setelah ambil makanan, kok beliau-beliaunya tidak ada? Alamak ... bagai anak ayam yang kehilangan induknya. Untungnya kami melihat rombongan ROB dikejauhan dan akhirnya bergabung dengan mereka. Tanya ini-itu, sebelum akhirnya Asma minta keluar, bermain di taman.

Taman di Purnama Hotel

Well, tamannya luas dan masuk dengan nilai 8 deh. Apalagi kolam renangnya. Asma benar-benar tak tahan untuk mandi di sana. Lha? Ini mau meliput apa review hotel sih? Hahaha. Ya sudahlah, soal hotel ini akan saya bahas kemudian. Lanjut ke kegiatan yang kami ikuti.

Saat main, Mas Malik datang. Dia telat karena rantai sepeda motor putus di jalan saat perjalanan ke hotel. Langsung saja saya suruh ke ruang makan, sarapan dulu. Eh tak lama kemudian kami semua dipanggil Pak Waluyo untuk mengambil foto di dalam ruangan rapat. Jeprat-jepret sudah, keluar lagi. Menunggu di taman yang lumayan luas itu. Tentu saja Bidin tetap dengan tugasnya menjaga Asma. Mas Malik ternyata baru sempat sarapan sedikit sebelum proses jepret tadi.

Rapim Polda Jatim T.A 2016

Tak berapa lama, Rahmah BBM. Dia sudah ada di hotel, tapi tidak boleh masuk. Saya balas kalau ngomong undangan dari Pak Argo gitu, tapi katanya tetap gak boleh. Suruh jemput aja. Karena ini pertemuan pertama kami, saya bersama Asma pun menjemputnya di depan hotel dan mengajaknya masuk. Kami ke taman lagi.

Cukup lama di taman, menunggu press release berlangsung. Sampai akhirnya kami berkumpul lagi bersama dengan wartawan yang lain. Eh iya, wartawan beneran nih. Bukan hanya netizen seperti saya. Tapi tetap saja menunggu, sampai hujan turun. Lama juga ternyata ....

Menunggu Press Release

Tapi menunggu kali ini tidak membosankan karena ada Rohmah dan Pak Waluyo yang menemani dengan cerita masa lalu beliau saat pertama menjadi polisi. Kami bertiga terlibat dalam pembicaraan santai yang juga serius. Pak Waluyo bercerita blak-blakan tentang berapa penghasilan seorang polisi di pedalaman, sampai awal menikah yang gotong royong dengan seorang guru. Kebetulan calon istri beliau ingin punya vespa, tak jadi beli vespa, malah dibuat nikah. Heheh, saya pun sedikit berkelakar dengan beliau.

Akhirnya acara press release berlangsung juga. Saya kebagian paling belakang sendiri plus harus berdesakan dengan yang lain. Apalagi semua tinggi, saya yang paling pendek plus ndut perutnya. Setelah mengambil beberapa foto, saya melipir ke pinggir, hape buat merekam pembicaraan. Itu pun harus berdesakan. Duh ... derita orang pendek. Hehehe.

Press Release

Ada yang bertanya peran saya di sana. Saya bilang netizen, eh gak ada yang percaya karena tidak memakai seragam seperi ROR atau sejenisnya. Tapi alasan saya lumayan juga sih, karena tidak ada baju yang muat dengan perut 'ndut'. Hehehe. Oh iya, ada yang lucu juga, Rohmah gak bisa masuk ke lokasi bukan karena apa, tapi karena salah kostum. Acara seresmi itu, dia datang dengan memakai sandal japit. Jelas saja tidak ada polisi yang percaya kalau dia adalah netizen. Xixixi, ada-ada saja.

Seluruh acara selesai, saya disuruh menunggu beberapa menit oleh Pak Argo, beliau masuk ke ruang rapat lagi. Lumayan lama juga menunggunya, saya jemput Mas Malik, Bidin, dan Asma yang saat itu sedang di taman. Pastinya saya ajak masuk juga untuk menunggu di dalam, daripada kehujanan di luar. Terlihat beberapa reporter di dalam ruangan, sepertinya menunggu hujan reda.

Asma beberapa kali minta makan, soalnya tadi pagi belum sarapan nasi, hanya roti dan susu. Saat para reporter makan, Asma makin merengek. Duh, gak dapat jatah makan deh, soalnya gak ada yang kenal. Kelompok dari ROB juga sudah pulang dari tadi. Akhirnya Pak Argo pun datang dan meminta kami pesan makanan. Yey, akhirnya makan juga. Eh ternyata kata Pak Waluyo, ada jatah kami juga tadi. Berhubung gak ada yang kenal, ya gak tau. Payah banget deh saya.

Kami berbincang banyak hal. Pak Argo dan Pak Waluyo menegaskan pada kami satu hal, "Laporkan jika ada polisi yang nakal. Karena tidak semua polisi seperti anggapan masyarakat yang suka makan uang rakyat. Polisi ada untuk melindungi rakyat, bukan untuk menyengsarakan!"

Ishhh keren deh. Saat itu saya juga baru tahu bahwa Pak Waluyo berpangkat Kasubag Humas Polres Batu, AKP Waluyo. Duhh jadi merasa bersalah karena banyak berkelakar tadi, tapi Pak Waluyo orangnya woles banget. Malah buka-bukaan tentang banyak berita dari kepolisian Polres Batu. Ternyata berbincang dengan polisi tidak semenyeramkan yang saya kira, malah banyak informasi yang kami dapatkan.

Waktu menunjukkan jam 2 siang, tapi hujan masih belum berhenti. Asma juga mulai rewel karena sudah masuk jam tidur siang, pasti nanti di jalan akan tidur pulas. Sayangnya hujan masih turun dengan deras. Akhirnya kami semua nekat pulang, menerobos hujan. Kami pamit pada Pak Argo dan Bu Wiwid, karena Pak Waluyo tidak ada.

Sebenarnya kami diminta datang lagi keesokan harinya, namun karena jauh dan hujan, kami tidak bisa datang. Sukses selalu buat seluruh jajaran kepolisian, semoga bisa bahu membahu dengan masyarakat untuk memberantas 'ulat' di NKRI.

Nah, bagi teman-teman netizen di wilayah Malang Raya yang ingin bergabung dengan Netizen Malang Raya, bisa email ke ae.anisa@gmail.com dengn subjek : Netizen Malang Raya. Badan email diisi dengan : Nama - Alamat - Alamat web/blog (bisa detik, kompasiana, blogspot atau yang lain) - Nomor Handhone.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v