Belanja Mudah dengan Aplikasi MyJNE


Anisa AE - Bukan sebuah rahasia kalau saya adalah seorang online shop. Selain jualan, saya juga sering membeli barang ke olshop lain. Biasalah, males banget kalau harus keluar rumah buat beli barang. Belum lagi jika barangnya tidak dijual di sini, maklumlah daerah pelosok. Malang coret. -,-

Untuk kulakan pun saya juga beli dari olshop di luar kota. Kebanyakan dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Harganya so pasti lebih miring dari di sini, apalagi jika beli di pasar tradisional. Yup, di pasar itu capek, belum kelilingnya, belum tawar-menawar harga.

Pilihan Pembayaran Belanja Online

Padahal kan zaman sekarang udah canggih banget. Mau belanja tinggal goyang jempol doang. Apalagi banyak sekali pilihan pembayaran yang bisa digunakan. Belanja ataupun jualan dengan modal gerakin jempol sambil aktivitas juga bukan hal yang aneh. Apalagi jika sampai menghasilkan ratusan ribu dengan jualan online. Makin menjamurlah para penjual online beserta situs-situs web jualan online. Banyak pengusaha sukses yang berawal dari jualan online pula.

Cashback 2% jika Mengunakan JNE

Banyak sekali situs online shop yang bekerjasama dengan jasa pengiriman, bahkan tak tanggung-tanggung, ada yang memberi cash back 2% dari biaya ongkir jika memakai jasa tertentu. Beneran? Bener .... Salah satunya adalah jika berbelanja di marketplace dan pengiriman via JNE. Lebih hemat, apalagi banyak pilihan barang di sana yang bisa kita beli dan bandingkan harganya.

Nah, sebenarnya ada juga fitur tracking barang sudah sampai mana dan ongkir berapa. Sayangnya kan saya gak bisa tiap hari cek di situs belanja tersebut, apalagi jika sedang bepergian. Pertama karena via hape itu lemot kalau buka situs, kedua seringnya gangguan jika saya berada di Ngajum. Sulit sinyal dan kalaupun ada satu-dua, bisa dipastikan loadingnya bakal lama.

Aplikasi MyJNE

JNE mulai memanjakan para pelanggannya dengan mengadakan revolusi yang dikenal dengan JNE Revolution. Salah satu revolusi tersebut adalah dengan dilaunchingnya aplikasi My JNE ini. Yup, ini adalah aplikasi baru untuk pengguna hape android yang lebih mudah daripada laptop. 

Aplikasi JNE ini jauuuh berbeda dengan sebelumnya yang lumayan lemot dan loadingnya lama. Apalagi di MyJNE ini ada beberapa fitur tambahan yang akan sangat memudahkan bagi para pembeli dan penjual online untuk melakukan transaksi. Beda dengan sebelumnya yang hanya bisa cek ongkir dan resi. Kali ini JNE Mobile banget deh.

Kapasitas yang hanya 7MB ini sangat ringan di hape. Pastinya tidak memerlukan banyak waktu dan kuota jika ingin cek ongkir dan resi. Cukup tunggu beberapa detik dan tidak perlu verifikasi saya bukan robot, seperti di web JNE yang biasanya dilihat dengan laptop. 

Cara downloadnya cukup mudah kok. Sama seperti kita download aplikasi chating, game, atau yang lainnya. Cari saja di playstore dengan mengetik MyJNE, nanti akan keluar sendiri deh dan tinggal diinstal di hape.

Cek Ongkir
Aplikasi MyJNE ini sangat memudahkan saya untuk tracking resi. Gak perlu pakai loading lama untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kalau capek ngetiknya, pakai scan barcode saja. Biasanya gak capek juga sih, tapi karena kodenya banyak, jadi harus mengecek 3-4 kali untuk memastikan bahwa no resinya tidak salah. Dengan scan barcode, lebih hemat waktu juga kan? Selain itu saya juga bisa membantu teman untuk cek ongkir ataupun tracking resi.

Home MyJNE
Untuk cara cek resi, ketikkan kode di tulisan search air waybill. Langsung search. Atau jika mau scan barcode, gumakan yang gambar kamera di sebelahnya. Bisa scan barcode seperti barcode BBM gitu deh. Klik search, tunggu beberapa detik, lalu hasilnya pun akan muncul. Mudah kan? Ini adalah hasil cek resi teman yang minta dicekkan juga.

Tracking Resi JNE
Selain cek ongkir dan resi, di aplikasi baru ini ada pula JNE Nearby. Ada banyak mas-mas bertopi merah putih yang akan muncul di sekitar tempat kita untuk menunjukkan lokasi JNE terdekat. Macam google map gitu deh, jadinya kita gak bakal nyasar kalau suatu saat harus ngambil barang di agen JNE.



Kalau saya mau ke luar kota sih biasanya nitip ke agen JNE langganan. Jadi kalau ada kiriman, saya gunakan alamat agen. Lalu saat pulang, tinggal ambil di agen deh. Untungnya saya sudah punya agen JNE langganan yang bersedia saya titipi jika mau keluar kota. Hehehe. 

Tambahan fitur lagi adalah MyCOD. Eits, tapi ini bukan Cash On Delivery lho, melainkan Cash On Digital
MyCOD
Menurut saya, perubahan terbesar yang dilakukan oleh JNE Revolution adalah ini. Kalau JNE Location pasti sudah banyak yang menduganya, tapi kalau MyCOD? 

MyCOD adalah semacam rekening bersama (rekber) yang difasilitasi oleh JNE. Jadi, walaupun tidak ada no rekber seperti di marketplace, kita tetap bisa merasa aman berbelanja online. Bagi online shop baru pastinya agak bingung dengan rekber. 

Gampangnya gini. Saya mau belanja online, transfer dulu ke rekber. Setelah barang saya terima dan oke, maka pemilik rekber akan ganti transfer ke online shop. Kalau penjual tidak kirim barangnya, otomatis saya bisa minta uangnya balik. Nah, pasti aman dari penipuan dong ....

Namun jika memakai aplikasi MyCOD, pembeli dan penjual harus sama-sama menggunakan aplikasi ini. Pastinya top up juga dong dan biaya belanja ini dipotong dari saldo top up tersebut. Uang hasil penjualan pun bisa ditarik ke rekening kita kok, bisa juga digunakan jika mau berbelanja lagi. 

MyCOD Wallet
Nah untuk MyCOD Wallet itu gampangnya adalah dasbord kita. Ada rincian transaksi yang kita lakukan, jumlah saldo, berapa kali top up, dan lain sebagainya. Macam e-banking atau mobile banking gitu deh. Sangat memudahkan bukan?

Sepertinya saya harus usulkan ke semua supplier buat pakai aplikasi ini juga. Kan gak asik kalau saya saja yang pakai, trus saldonya mau dibuat apa coba? Kan seru tuh kalau jual beli hanya colak-colek layar, tanpa perlu ke ATM buat transfer. Hemat tenaga banget.

Kamu belum pakai? Buruan gih didownload biar ikut kekinian dan dimudahkan dengan aplikasi ini. 






Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v