Serba Mudah dengan Aplikasi MyJNE


Anisa AE - Apa yang identik dengan AE? Buat yang sudah kenal lama dengan saya, pasti jawabannya AE Publishing, CV AE, dan AE Shop. Yup, AE adalah brand yang saya gunakan untuk jual beli dan usaha saya secara online sejak 5 tahun ini.

Banyak sekali suka duka dalam menjalankan bisnis online tersebut, salah satunya adalah kesulitan saya dalam menentukan biaya ongkir dan tracking barang. Jika mau cek harus buka laptop, belum lagi saat di luar kota dan tidak membawa laptop, maka saya akan sangat kesulitan melayani pelanggan.

Buku Siap Kirim ke Pemesan
Tak jarang saya telepon ke agen JNE Sawunggaling hanya untuk menanyakan ongkir ataupun lokasi barang. Untungnya mereka sangat baik dan mau melayani saya yang bawel dan sering tanya. Salah satu langganan saya dalam mengirim barang adalah JNE yang terletak di Sawunggaling itu.

Kadang saat repot, saya meminta adik untuk mengirim barang dan hanya menitipkan ke agen JNE tersebut. Hanya titip? Pastinya langsung dikirim, tapi saya ngutang dulu dan akan dibayar saat mengambil no resi. Itu berlangsung berkali-kali dan lagi-lagi mereka tak keberatan. Hehehe.

Layanan yang ramah dari mereka tersebut membuat kami akrab. Sharing tentang banyak hal selalu kami lakukan. Kadang tentang olshop, penerbitan, sampai pada hal-hal yang aneh. Well, saya nyaman berada di sana, walaupun lokasinya kecil.

Namun saat ini saya tak perlu merepotkan mereka lagi. Yup, karena ada aplikasi My JNE yang bisa membantu di mana pun dan kapan pun saya membutuhkan. Tak perlu membuka laptop hanya untuk cek ongkir ataupun tracking kode. Sebagai penjual online, hal ini tentunya sangat membantu saya karena user friendly banget.

Bagi yang belum kenal apa itu Aplikasi MyJNE, bisa downlod aplikasinya di playstore. Cara downlodnya sama seperti downlod aplikasi biasa, ya semacam BBM, Line, WA dan sejenisnya gitu deh. Mudah kan? 
MyJNE di Playstore
Namun di JNE Mobile ini cara cek ongkir dan trackingnya sangat mudah. Tinggal masukkan kota pengirim dan tujuan. Ingat, kecamatannya, ya? Lalu langsung cek tarif. Tunggu beberapa detik, tara ... sudah keluar hasilnya.

Home MyJNE
Hasil Cek ongkir MyJNE

Apa bedanya dengan aplikasi JNE Mobile sebelumnya? 

Jelas sangat berbeda karena ini adalah revolusi JNE yang terkenal dengan nama JNE Revolution. Lebih cepat dari sebelumnya, kalo dulu sih sering lama loadingnya, plus sering gangguan.

jne.co.id

Fitur ini lebih mudah daripada di web jne.co.id karena tidak perlu sertifikasi saya bukan robot untuk cek ongkir. Heheh. So, lebih cepat mendapat biaya ongkir karena loadingnya tidak lama. Hanya memerlukan tiga detik untuk mendapatkan biaya ongkir. Hasilnya pun sama dengan di web.
Jika biasanya cek resi dan ongkir melalui web jne ataupun aplikasi JNE biasa, bisa segera beralih ke MyJNE. Tidak berat di hape kok karena hanya 7 MB. 
Kan sering tuh ada pelanggan yang bawel, tanya-tanya barang udah sampai mana. Kapan barang sampai, barang kok gak sampai-sampai, sampai nuding kalau penjual nipu. Sering kan? Nah, dengan aplikasi MyJNE ini saya bisa tracking kode di mana pun dan kapan pun dalam hitungan detik pula. Langsung screenshot dan kirimkan ke pelanggan tersebut. Bebas deh dari kebawelan pelanggan, xixixi.

Bantuin Cek Resi
Saya juga sering diminta bantuan teman untuk cek resi JNE dan ini sangat membantu sekali. Tak perlu capek buka laptop, bisa meningkatkan kedekatan dengan teman juga. 

Selain untuk cek ongkir dan resi, ada juga fitur JNE Nearby.
Lokasi JNE Terdekat
Fitur ini sangat berguna bagi para online shop yang bingung di mana lokasi JNE terdekat. Sering tuh saya ditanyain, ambil barang di JNE terdekat dengan rumah pelanggan karena biasanya barang diantar, tapi penerimanya gak ada. Ya jelaslah saya gak tahu, wong saya bukan orang sana. -,-

Namun dengan layanan ini, saya tinggal ketikkan alamat pelanggan dan mencari lokasi agen JNE terdekat yang ada di sana. Bukan zamannya lagi deh gaptek soal lokasi JNE. Apalagi aplikasinya macam google map. Pasti tahu kan?? Iyup, tinggal ikuti aja jalannya dan langsung cuss sampai ke JNE tujuan.

Tidak hanya itu, ada juga fitur MyCOD (Cash On Digital) bukan COD (Cash On Delivery) yang biasa dilakukan online shop untuk ketemuan dan deal barang.
MyCOD
Fitur ini khusus buat online shop dan pelangganya yang sama-sama memakai aplikasi MyJNE. Sangat membantu kok, karena ini seperti Rekening Bersama. Mungkin bagi yang baru di dunia online shop masih agak bingung dengan rekening bersama ini, tapi tidak serumit yang dipikirkan kok.

Cara mudahnya, pembeli bayar dulu ke rekening bersama (rekber), setelah barang sampai dengan selamat di pembeli, baru uangnya akan ditransfer oleh pemilik rekening bersama ke penjualnya. Jika barang belum dikirim, maka otomatis uangnya juga akan balik lagi ke pembeli. Ini untuk membuat kita bebas penipuan di jual beli online. Sudah banyak kok yang pakai rekber seperti ini.

MyCOD Wallet

Untuk fitur MyCOD yang diberikan oleh MyJNE, kita diwajibkan untuk top up alias isi saldo terlebih dahulu. Jangan khawatir saldonya terpotong, kecuali untuk transaksi jual beli online yang sedang kita lakukan. Jadi, antara penjual dan pembeli sama-sama melakukan top up dan memakai aplikasi MyJNE.

Hohoho, sepertinya sudah sangat panjang dan lebar penjelasan saya tentang MyJNE ini. Untuk MyCOD dan MyCODWallet akan saya jelaskan di postingan berikutnya, ya? Tapi sebelumnya, untuk para pelanggan AE, yuk downlod aplikasi ini. Dijamin kalo mau beli buku AE, gak perlu ke bank atau ATM. Xixixi.






Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v