Teman Ngeblog Selamanya


Anisa AE - Sudah lama rasanya saya tak punya teman. Lebih tepatnya tak lagi bisa mempercayai seseorang. Cukup sakit rasanya dikhianati oleh orang yang sudah sangat saya percaya dan itu tak terjadi satu-dua kali saja, tapi berkali-kali. Menyakitkan atau memang saya yang terlalu bodoh?

Sampai saya bisa percaya pada seseorang. Lelaki, tapi bukan selingkuhan.

Banyak yang berkata bahwa curhat dengan lelaki itu bisa bikin selingkuh dll. Toh kenyataannya kami berteman sampai bertahun-tahun dan tak ada kata selingkuh. Bahkan saya dan istrinya saat ini sama-sama hamil. Kami sering jalan berdua - dengan keluarga kami. Tak jarang malah saya yang tanpa suami (suami ke luar kota) jalan-jalan bersama keluarganya.

Yup, siapa lagi kalau bukan Keluarga Biru.






Ihwan adalah tempat sampah buat mengeluarkan segala keluh kesah. Entah itu masalah penerbitan, blogger, sampai pada keluarga. Pun sebaliknya. Tak jarang kami adu argumen atau saling mengolok, tapi itu malah yang menambah keakraban kami. Bisa sama-sama saling mengerti.

Bagaimana dengan istrinya ataupun suami saya? Mereka saling mengenal dan sepertinya mengerti. Sudah tak hanya di dunia maya, tapi kami seperti keluarga di dunia nyata.






Kenangan lucu adalah saat saya belajar bikin kue di rumahnya Ihwan. Sudah bukan rahasia lagi kalau Ivonie sangat ahli dalam membuat kue, kebetulan saya ada waktu luang dan punya kesempatan untuk belajar. Apa yang terjadi? Itu yang berputar di mixer, apa namanya? Lepas dari mixer saat mulai memixer. Tentu saja itu pengalaman paling mendebarkan, tapi lucu.

Di kesempatan lain, kami sering menghabiskan waktu untuk melakukan job review atau menghadiri acara blogger secara bersama-sama. Ya pastinya saya yang berangkat ke Kota Malang karena acara selalu dilaksanakan di sana. Review kuliner dan acara blogger menjadikan kami semakin akrab. Di mana ada saya, di sana ada keluarga biru, entah itu istrinya atau Ihwan.






Soal blogger jangan ditanya lagi, dialah teman satu-satunya yang tidak 'ember' ketika saya menceritakan banyak hal tentang blogger. Apa yang dia tahu, saya pun tahu. Begitu juga dengan sebaliknya.

Dulu kami kenal di Malang Menulis saat sama-sama mendirikan penerbit indie. Bersaing? Tidak tuh. Bahkan kami saling berbagi informasi. Bagi saya, rezeki sudah ada yang mengatur, tak perlu saling sikut soal penerbitan. Itu pun berlaku di dunia blogger.






Ihwan yang mengenalkan pada saya bahwa blogger itu mengasyikkan. Bahkan bisa sampai dapat penghasilan bulanan dari ngeblog. Dia juga bukan type orang yang pelit, tempat saya 'ngutang' kalau pas bokek ataupun tidak bawa uang.

Kalau pas ke rumahnya, tempat pertama yang saya tuju adalah lemari es. Karena di sana biasanya banyak sekali makanan hasil buatan Ivon yang sangat memanjakan lidah. Hahaha. Tempat buat minta minum juga kalau haus. Wis seperti keluarga deh pokoknya, apalagi sejak mereka punya rumah sendiri. Nah saya kapan punya rumahnya? -,-






Kalau orang lain bilang ndeso pada saya kadang sungkan, si Ihwan enggak. Kadang malah terlalu jujur kalau mengomentari segala hal tentang saya. Tapi itu yang saya suka karena saya gak bisa melihat punggung sendiri. Eh entah dia ke orang lain gitu juga atau enggak.

Dulu kalau tidak bisa tidur, saya selalu hubungi dia. Kami WA-an terus karena saya yakin Aim belum tidur dan Ihwan selalu ngeblog malam hari. Beda dengan saya yang ngeblog di pagi hari dan biasanya memang tak bisa tidur malam hari.






Jika banyak yang pelit soal info job review, beda dengan Ihwan. Dia suka banget bagi-bagi info. Apalagi kalau feenya masuk dalam kategori lumayan. Gak pelit juga soal hadiah. Hahaha. Kadang kalau Ihwan menang, saya juga kecipratan hadiahnya.

Harapan saya, persahabatan ini akan terus berlanjut sampai kami menjadi kakek-nenek. Tidak pecah oleh hal-hal lain ataupun salah paham. Well, 3 tahun bukan waktu yang singkat untuk persahabatan kami.

Ini kisahku tentang teman ngeblog yang tidak sekadar teman. Bagaimana dengan kisahmu dan teman ngeblogmu?

"Tulisan ini diikutkan dalam Irly & Diah's GA Collaboration: Teman Nge-Blog"

Irly Diah's GA Collaboration
GA Teman Nge-Blog