Kenali 11 Tipe Penumpang Menyebalkan di Pesawat


Anisa AE - Ada yang akan berangkat traveling dalam waktu dekat ini? Tentunya persiapan sudah total  dong demi kelancaran perjalanan nanti. Tapi tahukah jika persiapan yang sudah maksimal tersebut bisa ‘hancur’ karena ulah penumpang lain di dalam pesawat?

Perjalanan yang seharusnya baik-baik saja berubah jadi menyebalkan tanpa bisa dikontrol. Duh pasti sangat menyebalkan jika mendapati hal seperti itu. Apalagi tak hanya pesawat berbudget rendah, pesawat premium semacam Garuda Indonesia pun tak luput dari penumpang-penumpang menyebalkan seperti ini.

Ini adalah 11 tipe penumpang di pesawat yang sangat menyebalkan:

1. Penendang bangku
Pernahkah saat sedang tidur, tiba-tiba penumpang di belakang terus menerus menendang bangkumu? Menurut hasil survey yang beredar di internet, penumpang penendang bangku ini menduduki peringkat pertama dari daftar 10 perilaku menyebalkan penumpang pesawat.

Nah, jika kamu masuk dalam kategori suka menendang bangku, buruan direm tuh kakinya. Jangan sampai kena tegur penumpang lain. Malu dong.

2. Orang tua yang ‘melepas’ anaknya
Kenyamanan di dalam pesawat terganggu oleh kebisingan yang ditimbulkan anak-anak? Bisakah anak-anak disalahkan? Orangtua yang terbang bersama anak-anaklah yang seharusnya lebih memperhatikan buah hati mereka.

Orangtua harus menyiapkan anaknya sebaik mungkin untuk perjalanan dengan pesawat. Persiapan ini bisa dengan cara membawakan mainan kesayangan, snack favorit, dan juga ear muffs atau penutup kuping agar anak-anak tak mengalami nyeri di telinganya saat pesawat lepas landas.

Apalagi untuk ibu seperti saya dengan anak yang aktif. Sebagai penumpang yang baik, jangan sampai dijadikan gunjingan orang di dalam pesawat gara-gara anak.

3. Yang tidak sabaran
Ada banyak sekali orang yang antri saat melakukan check in di bandara, namun siapa sangka kalau ada saja orang yang sudah bersiap dengan e-voucher di smartphone yang dia pesan entah itu dari Traveloka atau dari travel agent lain, lalu datang tiba-tiba masuk duluan, menyerobot antrian yang akan membuat jengkel orang lain.

Sebagai orang Indonesia yang berbudaya tinggi, tak ada salahnya ikut mengantri bukan? Mengajarkan budaya antri pada si kecil yang juga kebetulan ikut juga tak ada salahnya. Jangan menjadi tipe yang ke tiga.

4. Si bau tak sedap
Siapa yang tahan duduk bersebelahan dengan penumpang berbau tak sedap? Penumpang semacam ini banyak ditemui pada jam penerbangan subuh atau tengah malam. Alasannya bisa jadi karena belum mandi dan juga berkeringat setelah beraktifitas seharian.

Di mana pun dan kapan pun, pastikan kita sudah wangi. Kalaupun belum mandi, wangi tetap nomor satu. Kan banyak tuh parfum, pakai secukupnya saja. Jangan terlalu wangi juga, bisa-bisa penumpang lain jadi eneg.

5. Sok kenal sok dekat
Bertemu orang baru memang menyenangkan, tapi bagaimana jika saatnya kurang tepat? Bayangkan jika sedang ingin beristirahat dan menikmati waktu sendiri, tiba-tiba penumpang sebelah mengajak ngobrol panjang lebar. Tak jarang obrolan pun diselingi dengan ‘curhat’ masalah pribadi yang sebenarnya tak pernah ingin diketahui.






6. Perebut sandaran tangan
Perebutan sandaran tangan sudah menjadi rahasia umum di kalangan penumpang pesawat. Meskipun setiap bangku sudah terpasang sandaran tangan masing-masing, namun masih saja ada penumpang menyebalkan yang ‘mengakui’ sandaran tangan milikmu. So? Jengkel juga kan?

7. Penumpang yang menurunkan sandaran bangku untuk tidur
Saat sedang ingin membaca buku, tiba-tiba penumpang di depan menurunkan sandaran bangkunya sehingga sulit untuk lanjut membaca. Penumpang semacam ini seolah tak menyadari bahwa tindakannya bisa sangat mengganggu penumpang di belakangnya. Berada di belakangnya, ruang akan menyempit karena sandaran bangkunya tersebut mengarah tepat di depan Anda.

Jika mau menurunkan sandaran bangku, lebih baik minta izin dulu, kan?

8. Penumpang rombongan yang berisik
Traveling bersama teman dan kerabat memang menyenangkan. Tetap bisa mengobrol selama dalam pesawat, tapi bagaimana jika itu mengganggu kenyamanan penumpang lainnya? Suara berisik saat mengobrol dan tertawa bersama rombongan itu sesungguhnya membuat penumpang lain yang ingin beristirahat jadi sangat terganggu.

Hayo siapa yang suka hora-hore di pesawat? :D

9. Pembawa virus penyakit
Sebelum treveling pasti menjaga kesehatan agar tetap fit saat sampai di tujuan. Persiapan ini bisa dihancurkan oleh penumpang pesawat yang sedang dalam kondisi tidak sehat dan menyebarkan virus.

Bayangkan jika penumpang di sebelah terus menerus bersin dan batuk tanpa menutup mulutnya. Bisa jadi kita tertular virus flu yang dibawanya dan tak bisa menikmati liburan dengan maksimal nantinya.

Kalau flu, sebisa mungkin gunakan masker.

10. Pelepas baju
Pelepas baju ini bisa ditemui di penerbangan internasional yang memakan waktu belasan jam di udara. Tindakan melepas baju ini memang dilakukan agar tidak gerah dan nyaman di dalam pesawat. Sayangnya, mereka tak menyadari bahwa tindakan ini mengganggu kenyamanan orang lain.

Selain pemandangan yang kurang menyenangkan, melepas baju juga bisa membuat aroma kurang sedap dari tubuhnya menyebar ke indera penciuman penumpang lainnya. Ya, mending kalau tubuhnya wangi atau 'nyaman' dilihat. Kalau malah sebaliknya? Oh No!!

11. Pemberi kabar gembira
Kedatangan kita pasti sudah ditunggu-tunggu oleh keluarga tercinta, tapi bukankah hal itu seharusnya tak mengganggu kenyamanan dan keselamatan penumpang lain?

Begitu roda pesawat menyentuh tanah, pemberi kabar gembira ini akan secepatnya mengaktifkan handphone dan mengabari keluarganya bahwa sudah ada di bandara. Tanpa disadari, tindakan ini bisa membahayakan seisi pesawat karena sinyal handphonenya mengganggu navigasi antara pesawat dan bandara.

Bayangkan jika ada apa-apa (semoga tidak) karena sinyal handphone yang digunakan. Menyesalnya bisa sampai jangka panjang.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v