Khas Malang yang Tak Boleh Terlewatkan







Anisa AE - Malang merupakan kota wisata yang tak akan habis dikunjungi meski sebulan. Ketika berwisata ke Malang jangan melupakan satu hal yang khas, yaitu buah tangan atau oleh-oleh.
Banyak makanan olahan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Malang. Meski Malang khas dengan Apel, tapi masih ada banyak oleh-oleh lain.

Berikut 7 Oleh-oleh dari Malang yang bisa dibawa saat selesai berwisata.

Bakpao Telo

1. Aneka Olahan Telo 
Bagi warga di luar Malang, mungkin nama makanan yang satu ini terdengar cukup aneh. Dalam bahasa jawa, “telo” berarti ubi atau lebih familiar disebut sebagai ubi jalar. Di perbatasan paling utara Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Lawang (berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan) terdapat sentra kuliner dari bahan telo, yaitu Repoeblik Telo. Semua olahan makanan di sini menggunakan bahan dasar telo.

Anda bisa mencicipi aneka kuliner dari bahan telo, seperti es krim telo, pizza telo, nugget telo, bakpao telo, dan keripik telo yang semuanya dari telo warna ungu. Ingin tahu rasa kuliner dari bahan telo ini? Langsung saja meluncur ke alamatnya di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang – Malang.



2. Pia Mangkok 
Pia memang identik dengan Jogja. Tetapi, Malang juga penghasil kue pia dengan ciri khas dan rasa berbeda. Pia versi Malang ini disebut Pia Mangkok. Pia mangkok termasuk salah satu oleh-oleh khas Malang yang direkomendasikan karena sanggup bertahan hingga 2 minggu terhitung dari masa produksi. Untuk mendapatkan Pia Mangkok yang lebih awet, pastikan membeli kue pia yang baru saja diproduksi.


3. Strudel Pastry Buah 
Salah satu sentra strudel pastry buah adalah Malang Strudel. Tempat oleh-oleh khas Malang ini terbilang masih pendatang baru mengingat peresmiannya baru pada tahun 2014 silam. Penasaran dengan rasa strudel pastry buah khas Malang? Silahkan datang langsung ke lokasi Malang Strudel di Jln. Ardimulyo No. 14 Singosari.



4. Keripik Ceker
Ternyata tak hanya keripik buah dan keripik tempe, namun keripik ceker termasuk oleh-oleh khas Malang yang patut dicoba. Dari namanya memang unik dan mengundang rasa penasaran, terutama mengenai bentuk dan rasa dari keripik ceker. Ini wajar mengingat ceker adalah bagian dari ayam yang mungkin sudah tidak bisa dimanfaatkan untuk makanan olahan apapun. Ceker yang biasanya dibuang karena tidak mengandung daging ternyata dapat diolah menjadi kuliner yang gurih dan lezat.






5. Aneka Kripik Buah 
Tanaman buah memang cocok dibudidayakan di Malang. Kontur tanah yang bersahabat membuat banyak sekali jenis buah yang dihasilkan di daerah Malang. Aneka jenis buah yang melimpah membuat sejumlah produsen berinisiatif membuat aneka keripik buah. Selain cara menikmati buah dengan sensasi berbeda, keripik aneka buah ini umumnya lebih awet sehingga bisa disimpan lebih lama.


6. Sari Apel 
Sari Apel dibuat dari ekstrak buah apel pilihan. Prosesnya, apel berkualitas bagus dicuci dan dibuang isinya. Berikutnya apel dimasukkan ke mesin peras agar bagain ampas dan sarinya terpisah. Selain Apel Manalagi, Sari Apel ini juga menggunakan jenis apel lain, yaitu Romebeauty.
Di daerah Malang terutama di Kota Batu, banyak sekali produsen yang memproduksi Sari Apel.


7. Keripik Tempe 
Tak hanya keripik buah, Malang juga terkenal sebagai produsen keripik tempe terbesar di Jawa Timur. Hampir di setiap tempat di Malang, terdapat penjual keripik tempe. Mulai dari warung-warung kecil, kios, pusat perbelanjaan, atau di berbagai pusat jajanan khas Malang.


Oke, jika Anda ke Malang jangan lupa mencicipi aneka jajanan sebagai oleh-oleh ini. Selamat berwisata.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v