ISBN Itu GRATIS






ISBN

Anisa AE - Beberapa hari ini masih banyak yang bertanya pada saya tentang berapa biaya pengajuan ISBN. Sebagai induk yang mempunya beberapa lini ( Penerbit Oksana, UNSAPress, 2De Media, Penerbit Defa, MP3 Publishing), saya pun menjelaskan secara gamblang bagaimana proses pengajuan ISBN tersebut.

Memang, ISBN itu 100% gratis. Namun, saya menarik biaya 100 ribu untuk pengajuan tiap ISBN. Digunakan buat apa? Untuk cetak 4 eks buku dan ongkirnya. 4 eks buku tersebut dikirimkan ke perpusnas 2 eks dan untuk dokumentasi di AE 2 eks. Namun saat ini harus mencetak 5 eks, karena ada himbauan mengirimkan 1 buku lagi ke perpustakaan provinsi daerah.

Email dari PERPUSNAS

Untuk lini lain yang namanya sudah tercantum di dalam akta notaris (berdiri sendiri) seperti Penerbit Oksana dan UNSAPress, semua kebijakan ada pada masing-masing pemilik penerbitan. Beda dengan lini yang lain, biasanya saya minta 100 ribu atau cetak buku. Untuk yang mencetak 100 eks ke atas, saya bebaskan dari biaya tersebut.

Bagaimana cara mengurus ISBN sendiri? Sebenarnya sangat mudah, untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi situs http://isbn.perpusnas.go.id/Jika ada kesulitan saat pengajuan ISBN, bisa langsung hubungi call center yang tertera di web, bisa juga via email. 






Nah, selamat Hari Buku. :) Mempunyai buku ber-ISBN bukan lagi hal yang ribet, kan? Asal tahu cara dan ketentuannya, membuat penerbitan sendiri pun bukan masalah.

Baca Juga : Cara Cek ISBN Asli atau Palsu

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v