Pesona Tiga Pura Mengagumkan di Badung







Anisa AE - Berbicara mengenai Bali pasti yang akan tertuju di benak adalah pesona akan keindahan pantai serta bangunannya. Bangunan di Bali sendiri memang mempunyai ciri khas yang masih dijaga dengan baik hingga kini. Bangunan seperti pura pasti akan mudah kamu temukan mengingat masyarakatnya yang mayoritas menganut agama hindu.


Pura di Bali memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dilihat secara langsung dan mengagumi akan mahakarya banguna tersebut. Maka tidak salah juga jika pura menjadi destinasi wisata budaya yang patut untuk didatangi. Jika kamu sedang berada di Bali, khususnya kabupaten Badung, maka tiga pura berikut ini sangat patut untuk kamu kunjungi.

1. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun

Pura yang pertama adalah Pura Taman Ayun. Pura ini merupakan salah satu peninggalan taman terindah dari Kerajaan Mengwi. Dulunya, pura ini digunakan sebagai tempat untuk menghormati leluhur Mengwi. Taman genter merupakan nama pertama sebelum mengalami perbaikan akibat bencana gempa alam. Pura cantik ini sendiri mempunyai luas 100 x 250 m2  dengan empat ruang pelataran, tiga pelataran bagian dalam dan satu lainnya berlokasi di bagian luar. Ketika masuk di bagian pelataran kamu akan menemukan gapura besar dengan jalan lurus ke bagian dalam. Kamu akan menyeberang menggunakan jembatan yang dihiasi sejumlah arca melewati kolam.

Baca Juga : Keuntungan Mempunyai Asuransi Perjalanan

Semakin masuk ke dalam kamu akan melihat ruangan yang biasanya digunakan sebagai pertunjukan seni. Tidak hanya itu kamu akan terpesona saat menemukan 9 pancuran air. Di bagian tengah pura terdapat arca berjejer dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang dinamakan pura luhuring purnama. Berhubung untuk menjaga kesuciannya kamu harus mematuhi segala aturan jika ingin datang ke sini. Panorama keindahan pura dari luar, tentu sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

2. Pura Keraban Langit

Sumber : Jalan2.com

Pura Keraban Langit adalah salah satu pura penting di Bali. Pura ini sendiri terbilang unik karena berada di tebing sungai. Pura Keraban Langit semakin ramai ketika hari kelahiran atau persembahan di mana digunakan sebagai tempat penyucian, termasuk dalam Pura Dang Kahyangan. Jika masuk ke dalam pura kamu akan menemukan sumber mata air di mana dipercayai masyarakat sekitar mampu membawa berkah.
Pura Keraban Langit yang berada dalam goa membuat sejumlah orang yang pernah berkunjung mengatakan hawanya sangat sejuk. Hal ini disebabkan adanya lubang sehingga angin atau udara dapat masuk ke dalam. Jika kamu ingin mengunjungi pura yang berada di Desa Sading, Kecamatan Mengwi, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Denpasar.

3. Pura Uluwatu

Sumber : rentalmobilbali.net

            Pura Uluwatu atau dalam bahasa Sansekerta memiliki arti Pura Puncak Batu menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Bali. Dalam kepercayaannya, pura yang menyandang status Pura Sad Kahyangan Jagat ini seakan menjadi poros mata angin pulau Bali. Pura ini sendiri berdiri di atas bukit dengan ketinggian 97 km dari permukaan laut. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan yang bagus, seperti hamparan samudra yang luas serta ombaknya yang menghamtam tepian tebing. Pemandangan akan semakin memukau begitu matahari lengser dari peraduan.







            Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke pura ini akan disuguhkan tari Kecak Uluwatu di mana pemainnya berjumlah lebih dari 50 orang. Tidak sulit menemukan pura yang berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, karena dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi bisa ditempuh dengan jarak 30 menit saja.

Baca Juga : Destinasi Pupoler di Kota Purwokerto

            Membaca ulasan di atas tentunya membuat siapa saja tertarik untuk datang langsung ke Badung. Bagi yang berasal dari luar kota, tidak perlu khawatir akan menginap di mana. Dunia sudah semakin canggih, semua pilihan hotel menarik di Badung ada di traveloka. Booking hotel murah dengan fasilitas menarik banyak ditawarkan aplikasi ini. Jadi, kamu tidak usah bingung lagi. Untuk info lebih lengkap kamu bisa membacanya di Traveloka. Liburan kamu pun semakin tenang dan nyaman.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v