5 Tips Agar Dilirik Agency Blogger





Anisa AE - Menunggu tulisan ini? Sebenarnya sih ini sudah saya tulis di hape sambil nidurin Michan. Trus pas saya blok dan mau copas ke blog, tiba-tiba kepencet delete. Rasanya sakiiit, pingin makan sandal. Padahal tuh sudah nulis sampai 2 memo lho di hape. Gak kebayang deh gimana capeknya saya nulis di balik aktivitas sebagai IRT.

Sebenarnya sih apa yang menjadi pertimbangan sebuah agency atau pihak marketing untuk meminang sebuah blog?

Sebenarnya awal ngeblog, blog saya 'dilamar' dengab harga 100 ribu per artikel. Itu untuk mempromosikan suatu produk. Jelas dong gak nolak, apalagi feenya setara dengan mengedit satu buku di penerbit indie. Selanjutnya 250 ribu per artikel. Sebuah angka yang lumayan menurut saya, apalagi untuk 300-400 kata.


Kalau saat ini, rate blog ini berkisar di 500 ribu per artikel, bahkan saya mendapatkan 800 ribu per artikel untuk artikel placement saat puasa kemarin. Itu saya melamar agency, PD banget ya? Padahal cuma modal blog. Awalnya dia langsung minta 600 ribu, angka yang sudah luar biasa dan itu diberikan ke saya tanpa nego. Lalu saya minta kenaikan menjadi 800 ribu dengan menjelaskan beberapa keuntungan yang akan didapatkan agency jika menyetujui rate tersebut. Alhamdulillah di-acc.


Sayangnya kemarin saat survey, saya mendapati ada yang mau dengan fee 50-100 ribu saja. Tapi setelah saya cek, ya memang blognya seperti itu. Untuk blog seperti itu mungkin dilirik oleh agency yang hanya membidik backlink tanpa memperhatikan blog tersebut. Ada pula yang kebalikannya, minta fee besar dengan blog yang isinya gitu-gitu aja.

Sebenarnya berapa sih fee untuk blogger? Kalau ini jelas menyesuaikan dengan blognya. Gak mungkin juga agency memilih blog asal-asalan untuk membayar dengan fee yang mahal. Sebenarnya dengan rate yang murah, kita bisa mendapat banyak job. Berbeda dengan rate mahal yang jobnya sedikit. Nah kalo saya sih pinginnya job banyak dengan rate yang mahal juga. Hahaha. Ada yang mau juga?


Setelah saya melakukan survey dan ikut banyak pelatihan dari berbagai sumber (#gaya :D ) akhirnya saya bisa memutuskan untuk merangkum tulisan ini. Yup, tips untuk para blogger agar bisa dengan cepat dilirik oleh agency.

1. Nama Blog
Jangan asal memberi nama untuk sebuah blog, apalagi jika dijadikan com atau sejenisnya. Nama adalah apa yang dipikirkan pembaca tentang blog kita. Misalnya blog keluargabiru dan keluargahamsa, pasti langsung tertuju pada parenting dan tips sekitar keluarga. Blog travelerien dan adventurose langsung ke traveling. Iya kan?

Nah kemarin itu saya mendapati nama blog yang tidak bisa dibaca, alias tidak ada huruf vokalnya. Sulit kan buat mengingat blog tersebut? Apalagi jika ternyata tidak ada niche blog di dalamnya. Ada juga yang namanya panjang seperti kereta. Padahal semakin pendek, akan semakin mudah diingat oleh pembaca.


Kalau blog gado-gado macam saya ini, amannya pakai nama sendiri. Banyak kok akhirnya blogger yang memakai nama mereka untuk membuat blog. Bisa membrandingkan diri pada blog tersebut. Kalau ada orang yang mencari saya, langsung halaman awalnya adalah blog ini.

Oh iya, dengan membeli domain berbayar, blogmu juga kelihatan keren lho. Terlihat banget kalau serius ngeblog.






2. Template
Ini juga penting. Banyak kok template gratis di luar sana yang akan membuat blogmu terlihat manis dan ciamik. Bukan alay bin lebay dan membuat mata sakit. Soalnya saya pernah juga masuk ke sebuah blog (karena tertarik dengab judulnya) lalu out lagi. Mata saya sakit melihat gambar yang berterbangan di layar, latar berwarna gelap dengan tulisan yang juga ikut gelap. Ini gimana saya bisa nyaman bacanya??

Ada juga yang bilang kurang suka dengan blog yang tulisannya warna-warni dengan font acak. Makin bikin sepet. Belum lagi ketika masuk blog tiba-tiba saja dikagetkan oleh musik yang dipasang oleh pemilik blog. Bagusnya bagaimana? Pakai latar putih dengan font standar dan tulisan warna hitam. Bawaannya blogger sudah bagus kok, tinggal dipercantik saja.

3. Tulisan
Tulisan yang unik juga sangat mempengaruhi. Uniknya seperti apa? Dengan gaya bahasa sendiri karena tiap blogger punya gaya bahasa yang berbeda. Tidak terlalu baku juga sih. Seperti blog saya ini, kalau yang tulisannya baku, bisa ditebak deh artikel apa.

Baca Juga : 7 Keuntungan Ngeblog

Pastinya jangan copas tulisan orang lain. Hari gini masih copas? Ke mana aja??? Selain tidak ada keunikan di dalam tulisannya, terlihat banget kalau kita tidak kreatif. Trus kalau tidak kreatif, minta fee besar?? Jangan harap deh.


4. Lengkapi
Lengkap blogmu dengan beberapa keterangan di dalamnya. Misalnya kontak, privacy police, grup yang diikuti, fanspage, twitter, about, alexa, dan lainnya. Jadi saat agensi masuk ke dalam blogmu, akan punya sebuah gambaran dengan melihat kelengkapan di sana. Eh jangan sepelekan about dan kontak ya .... Kan gak mungkin tuh agensi cari-cari kontakmu sampai lubang semut.

5. Optimasi
Setelah semua selesai. Kita lakukan optimasi pada blog. Misalnya seperti memperbanyak tulisan dan bewe. Jangan lupa share blogmu ke sosmed. Gak bakal ada yang tahu kamu punya blog jika tidak dishare.

Seharusnya di mana? Bisa di mana aja. Grup FB, twitter, dan akun-akun yang lain agar blogmu banyak pengunjung. Jangan sampai malas membagikan link blogmu. Misalnya nih saat nulis soal parenting,  bagikan di grup ibu-ibu. Kalau soal travelling, bagikan di grup yang sejenis.



Setelah semuanya selesai, jangan lupa berdoa agar dilirik agency. Eh tapi setelah dilirik, jangan langsung minta tinggi. Ya standar gitulah. Jangan tiba-tiba minta 500 ribu untuk blog yang baru dioptimasi. Kabur dong agencynya. Kalau status blog kamu sudah tinggi, bolehlah mulai kasih harga tinggi pula.

Lha kemarin kok saya woro-woro dengan fee sedikit? Itu cuma buat yang minat kok, soalnya kan banyak pula yang mau, walau gak sedikit juga yang nolak. Apalagi kemarin saya nego harga tidak bisa karena budget hanya segitu.

Nah buat yang mau dilirik dan dapat fee besar, bisa banget deh nyoba tips ini. Intinya, HARGA = KUALITAS.

Tapiii sangat disarankan untuk MENOLAK JOB REVIE DI BAWAH 100 RIBU. Kenapa? Ya agar kita kompakan dong mau kasih harga mahal. Masak iya sudah susah-susah naikin status blog kita, bayarannya gitu-gitu aja? Belum lagi capek nulisnya. Ini disarankan lho ya, bukannya tidak boleh. Kenapa saya sarankan ini?

Ya agar saat ada yang melempar job, agency itu sadar kalau semua blogger juga patut untuk dihargai. Kalau untuk placement, bolehlah dipikir dulu. Apalagi saat ini tuh agency memilih blogger dengan spam score di bawah 5. Kalau kita terima job terus dengan harga murah, tanpa diimbangi dengan artikel unik atau link masuk yang seimbang, bisa jadi spam score di atas 5 dan apa yang terjadi? Kita juga yang didepak oleh agency.

Dengan memberi harga mahal, jika tidak ada job, kita bisa mengisi dengan artikel lain. Ini untuk mengimbangi job artikel pada blog kita. Toh nantinya akan ada juga dengan kita melamar. Bayangkan jika banyak blogger yang mau diberi harga murah, otomatis agensi pilih yang murah dong. Lama-lama harga blogger juga bakal turun. Walau tidak menutup kemungkinan, agensi yang tahu itu mengerti mana blog yang 'berisi' atau tidak. Kalau bukan kita sendiri yang menghargai, lantas siapa lagi?

Baca Juga : Broken Link, Penyebab dan Cara Menghapusnya

Oh iya, saya mau bagi-bagi media kit gratis nih. Sudah ada isinya dari saya, tinggal dihapus, dan ganti beberapa yang sesuai dengan kamu. Memang untuk apa media kit? Ya agar brand atau agensi gak tanya-tanya lagi berapa fee untuk blogger saat mereka tertarik. Selain itu, media kit atau portofolio blogger bisa digunakan pula untuk melamar job review agar mendapatkan fee yng besar.

Yang tertarik, bisa inbox di FP Anisa AE (ada aplikasinya di bawah sendiri) dan jangan lupa like FP-nya. Saya tidak menerima inbox si FB pribadi, takut ketimbun inbox yang lain. 

Oke! Sekarang waktunya bikin blog kita menarik agar dilirik agency. Siap?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v