7 Cara Menaikkan DA/PA Tanpa Spam Score






Anisa AE - Berkali-kali berasa ditodong Mbak April buat nulisin ini. Tiap update soal alexa, pasti ujungnya bagaimana cara menaikkan DA/PA. Padahal mah punya saya naik turun juga, gak selalu di atas. Walau pernah juga di atas 30, tapi sekarang di bawahnya lagi. Mungkin ini efek saya jarang update dan bewe kali ya ....

Memang sih, sejak menulis cara menaikkan alexa rank dalam 20 hari, banyak yang minta tips juga menaikkan ini itu. Padahal saya sendiri belum terlalu paham bagaimana caranya, cuma menikmati tiap proses saja. Namun saya mendapat info dari para suhu di grup WA (salim dulu buat yang udah sabar jawabin pertanyaan kepo saya).


Langsung aja tips mudah ala saya. Gak pake bahasa IT, soalnya saya buta juga sih, tapi akan saya coba jelaskan sesuai pemahaman saya. Gini .... DA itu maksudnya adalah rank alamat domain kita. Sedangkan PA adalah rabk artikel yang ada di dalamnya. Nah sudah tahu intinya kan? DA itu yang anisae.com dan PA itu yang http://anisae.com/ ..... (Ilmu dari Mas Febri)

Oke? Fix? Kita langsung cuss ke tipsnya.

1. Blog Walking 
Ini selalu yang jadi andalan saya. Hatsaaah, tapi emang bener kok, bewe rutin bisa menjadi cara menaikkan DA/PA. Saya sudah membuktikannya sendiri. Dulu pas belum masuk DA 20, saya rajin bewe di mana-mana sampai akhirnya masuk. Terus tanpa sadar masuk ke DA 30 dengan PA 49 saat hamil, itu pun karena rajin bewe.

Eh tapi gak asal bewe. Kita WAJIB meninggalkan link url di sana. Kalau mau DA yang naik, tinggalin www.anisae.com (nama blog kamu). Kalau PA yang naik, tinggalin link artikelnya. Tapi ingat, gak perlu pake link hidup di dalam komentar karena banyak blogger yang gak suka (termasuk saya).

Lantas caranya gimana? Pilih name url di pilihan yang disediakan dalam komentar. Ketik nama kamu dan link yang dituju. Gitu aja udah ok kok. Gak perlu pake ninggalin link hidup. Eh tapi tinggalin url di blog yang bagus saja (Misalnya nih di anisae.com, yuk buruan komentar dengan pake url :D ) karena blog yang kurang bagus akan menambah spam score blog kita. 

Nah lho? Gak mau kan dapat spam score? Apalagi kalau spamnya sudah di atas 5, berimbas sangat buruk pada blog kita. Selain karena agensi sekarang lebih memilih di bawah 5, juga karena ada indikasi lebih mudah disemprit si mbah. Dulu sih saya pernah asal bewe. Semua saya tinggalin link url. Entah itu blog besar maupun kecil. Hasilnya? Spam score saya naik di angka 4 saudara-saudara dan itu menyakitkan. Hahaha. Bisa juga kok tanpa ninggalin link dengan komentar menggunakan G+ (salim ke Mas Febri).\


2. Backlink
Sudah pada tahu kan soal ini?  Cara menambahkan backlink bisa dilakukan selain dengan bewe. Misalnya saja arisan blogger, review blog, bahkan sengaja tukar menukar link dengan teman sesama blogger. Sah? Sah sah aja kok. Ingat ya, minta yang dofollow. Hahaha.

Kamu juga bisa kok minta backlink dari web ini. Syaratnya nulis sendiri. Tulis profil kamu sebagai blogger yang nanti ada backlink ke blogmu. Eh, tapi ini khusus lho ya .... Yang minat, bisa baca lowongan untuk penulis dan blogger di sini.






3. Menambah Link Masuk

Jangan hanya menambah link keluar untuk job review ya. Antara link masuk dan keluar harus seimbang. Kalau bisa sih malah banyakan link masuknya. Menambah link masuk di dalam artikel kita. Maksudnya, seperti tulisan saya ini, ada kalimat baca di sini, baca juga, dan baca-baca yang lain. Tulisan tersebut memberi link masuk di dalam blog ini juga. Tujuannya agar pembaca juga betah berlama-lama membaca artikel di sini. Habis baca ini, baca yang itu. Begitu seterusnya (kalau ini mau saya saja).

Link masuk baiknya lebih banyak dari link keluar, salah satu cara menaikkan DA/PA. Katanya sih (lupa kata siapa), link masuk dan link keluar harus seimbang. Kalau bisa sih banyakin link masuknya. Seperti nambah backlink ke web kita gitu. Bagaimana cara menambahkan link masuk? Bisa dibaca di sini.

4. Kurangi Link Keluar
Untuk blogger JR seperti saya, pasti link seperti ini dicari oleh brand. Link dofollow. Nah, jika dalam perjanjian kemarin tidak ada perjanjian link dofollow permanen, bisa mulai bersih-bersih menjadikannya sebagai link nofollow. Apalagi untuk link-link lomba bagi ghost event, pasti sangat banyak ya .... Coba mulai ganti satu per satu itu jadi nofollow, siapa tahu bisa menaikkan DA/PA blogmu.


5. Bersihkan Broken Link
Link-link masuk ke web kita pastinya banyak ya. Mulai dari ikut event, dari brand, sampai pada komentar url yang ditinggalkan blogger. Nah, link-link ini bisa menjadi broken link dan efeknya sangat buruk untuk DA/PA, juga menambah spam score.

Apa itu broken link dan bagaimana cara membersihkannya, bisa dibaca di sini.

6. Artikel Unik dan SEO
Artikel unik ini adalah artikel yang ada di dalam blog kita. Semakin unik tulisan kita dengan metode SEO, maka semakin bagus juga. Kenapa? Karena bisa masuk di page one google yang bisa menarik banyak pengunjung.

Misalnya saja seperti artikel saya yang cara mengurus akta kelahiran. Karena itu pengalaman saya 100%, jadinya tulisan unik dan masuk halaman satu google. Entah di nomor berapa, tapi selalu ada yang inbox, WA, SMS, telpon, sampai email hanya untuk tanya soal pembuatan akta kelahiran. Padahal kan saya bukan petugas capilnya.

Artikel tersebut sampai saat ini menduduki tingkat pertama dengan pengunjung terbanyak di blog ini, 161 ribu lebih. Mungkin nanti saya tuliskan SEO mudah untuk pemula. Ingatkan ya kalau saya lupa.

7. Sabar
Semua proses tidak instan ya .... Jangan minta DA 10 saat baru bikin web 1 bulan, karena umur domain TLD ini juga mempengaruhi banyaknya DA. Jadi, terapkan 7 tips ini agar DA-mu bisa naik dengan cepat. Agar kamu tetep bisa semangat ngeblog, gak ada salahnya baca 10 Tips Agar Semangat Ngeblog. Pastinya kalau kamu semangat, bisa menjadi salah satu cara menaikkan DA/PA.

Gitu aja tips dari saya. Beberapa sudah lupa, sepertinya masuk ke pembahasan menulis artikel SEO. Nanti kalau ingat, tak perbaharui lagi. Janji saya sudah lunas ya ....

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari. ^^