Pemberdayaan Pesisir Pantai pada HUT Pertamina






Anisa AE - Menyambut HUT PT Pertamina ke 59 tanggal 10 Desember 2016 silam, diadakan pelaksanaan program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi di Indonesia. Teluk Penyu, Cilacap merupakan salah satu lokasi yang terpilih untuk dilaksanakannya program ini. Selain merupakan aksi bersama untuk membersihkan area coastal atau lingkungan pesisir, aksi ini juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk negeri. Bahkan terdapat beberapa BUMN yang turut berperan serta menyukseskan program Pemberdayaan Pesisir & Pembersihan Kampung Nelayan di Pantai Teluk Penyu ini. BUMN yang turut hadir antara lain Pelindo I, II, III & IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU.


Keberadaan BUMN dalam program sosial ini memiiki tujuan supaya badan usaha milik negara atau BUMN tersebut bisa dirasakan keberadaannya oleh masyarakat, karena mereka memiliki peran untuk mensejahterakan kehidupan bangsa dan juga negara. BUMN maupun Persero juga tak selalu memikirkan profit, sebab tujuan utama mereka adalah untuk memajukan pembangunan nasional dan masyarakatnya, demikian ungkap Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Menteri BUMN, Rini Soemarno pun turut hadir dalam kegiatan ini. Bahkan beliau yang melepas peserta jalan santai HUT ke 59 Pertamina di komplek gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap. Untuk rute jalan sehat tersebut meliputi Jl. MT Haryono lalu ke Jenderal Sudirman, dilanjutkan ke jalan Boedi Utomo, terus ke Lingkar Selatan dan akhirnya sampai di pantai Teluk Penyu. Setelah sampai di Teluk Penyu, acara pun dilanjutkan dengan bersih-bersih area pesisir dari berbagai sampai plastik dan berbagai limbah rumah tangga yang tercecer di sana.






Selain melakukan kegiatan bersih-bersih pesisir, PT Pertamina juga memberikan beasiswa untuk anak-anak nelayan di sekitar Pantai Teluk Penyu, berupa 100 beasiswa untuk pelajar SD sampai SMA, pemberian sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, renovasi  gedung HNSI, jalan setapak Donan dan Kali Anget. Selain itu ada perbaikan 20 rumah di Kampung Laut serta perbaikan rumah jaga dan renovasi paving block di SDN 9. Di Kelurahan Donan juga diberikan bantuan renovasi untuk perbaikan musala.

Bantuan tambahan lainnya adalah program bank sampah di area TBBM Lomanis, juga pemberdayaan masyarakat jamur tiram, program Sehati (perilaku hidup bersih dan sehat), program mangrove Kampung Laut, dan pembangunan lima Taman Bacaan. Bahkan ada layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 100 warga, dan santunan kepada 59 anak yatim.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pelaksanaan program ini dilaksanakan serentak di lima lokasi, selain di Teluk Penyu Cilacap, juga dilaksanakan di Pantai Kampung Bugis di Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Grand Watu Dodol di  Banyuwangi  Jawa Timur, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Pantai Balongan di Jawa Barat, dan juga Kampung Atas Air Balikpapan.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v