17 Oktober, Peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Dunia







Anisa AE - Negara Indonesia adalah negara berkembang. Permasalahan yang biasa dihadapi oleh negara yang sedang berkembang adalah kemiskinan salah satunya. Tidak bisa dipungkiri bila di sekitar kita masih banyak sekali orang-orang yang belum berkecukupan. Pemerintah sepertinya belum bisa mengentaskan kemiskinan yang ada di Negara Indonesia. Terlepas dari usaha pemerintah dalam usahanya mengentaskan kemiskinan yang dari dulu hingga sekarang menjadi masalah pokok negara kita, hari ini pada tanggal 17 Oktober adalah hari dimana seluruh dunia memperingati hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional (International Day For The Eradication Of Poverty) atau biasa disebut hari pemberantasan kemiskinan di dunia atau hari pengentasan kemiskinan di dunia.

Pengertian Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti,pangan, sandang, papan, pelayanan pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Beragam bentuk kemiskinan antara lain; kemiskinan absolut atau mutlak, kemiskinan relatif, dan kemiskinan kultural. Banyak sekali fakor yang menjadi penyebab dari kemiskinan, antara lain faktor alam seperti bencana alam dan kekeringan, sampai faktor manusia seperti eksploitasi sumber daya baik alam maupun manusia secara besar-besaran, monopoli kekayaan dan juga korupsi yang dilakukan oleh aparat yang tidak bertanggung jawab, semua ini dapat memicu terjadinya kemiskinan.

Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia

Sejak tahun 1993 pada tanggal 17 Oktober adalah peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia, sebagai peristiwa yang mengingatkan kita bahwa sejatinya terlepas dari kemiskinan merupakan hak asasi semua orang dan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran semua kalangan jika membangun masa depan yang berkelanjutan harus adanya usaha pemberantasan kemiskinan dan deskriminasi juga memastikan semua orang dapat menggunakan hak asasinya.

Keyakinan akan tindakan ini dituiskan di atas sebuah batu peringatan yang diresmikan yang sama. Replika batunya telah diresmikan di seluruh dunia dan menjadi tempat berkumpul dalam ajang merayakan hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Salah satu replika batu peringatan terletak di kantor sekertariat PBB yang ada di New York. Kemudian majelis umum PBB menyataka tanggal 17 Oktober sebagai hari memperingati Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia dan mengundang negara-negara di dunia untuk mengabadikan hari tersebut serta menyelenggarakan kampanye tentang pengentasan kemiskinan dan kemelaratan.






Langkah-langkah Penanggulangan Kemiskinan

Kemiskinan merupakan masalah pokok bagi setiap negara di dunia. Tidak dapat dipungkiri jika penyebab dan juga faktor pemicu kemiskinan masih belum dapat diatasi oleh pemerintah nasional maupun internasional. Salah satu solusi utuk menanggulangi kemiskinan adalah dengan memperluas lapangan pekerjaan yang dibarengi dengan gaji yang sesuai atau meningkatkan gaji. Dengan memperluas lapangan pekerjaan dan meningkatkan gaji pekerja maka dapat diukur apakah pendapatan gaji dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pekerja. Dengan tinjauan ini maka dapat mengurangi setidaknya kemiskinan yang berlangsung di Indonesia.

Untuk strategi penanggulangan kemiskinan tingkat dunia, Bank Dunia telah melakukan pengamatan pada berbagai negara dan dapat menyimpulkan langkah-langkah yang dapat diambil dalam upaya penanggulangan kemiskinan antara lain :

• Memberikan akses pendidikan yang layak pada semua
Pendidikan untuk semua anak harus mengedepankan mutu dari proses bejarar dan kualitas dari guru itu sendiri.

• Memberikan bantuan tunai untuk keluarga miskin
Bantuan tunai telah terbukti dapat mengurangi kemiskinan. Dengan memberikan bantuan tunai pada keluarga miskin, dapat membantu para orangtua untuk menyekolahkan anaknya dan membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

• Memberikan jaminan kesehatan bagi keluarga miskin
Dengan memberikan layanan kesehatan gratis bagi keluarga kurang mampu, dapat menjamin kesehatan dan memberikan pengobatan bagi mereka yang tidak mmiliki biaya untuk berobat. Dengan demikian mereka yang sakit bisa berobat kemudian bisa kembali beraktifitas dan kembali bekerja. Hal tersebut tentunya bisa membantu dalam upaya pemberantasan kemiskinan.

• Pembangunan infrastruktur yang merata
Pembangunan infrastruktur yang memadai serta merata tentunya dapat membantu berkembangnya suatu negara. Memberikan fasilitas yang memadai pada setiap daerah seperti membangun jalan-jalan untuk mempermudah sarana prasarana dalam lalu lintas masyarakat serta perataan lstrik untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Pemberantasan kemiskinan ini bukan hanya kewajiban dari pemerintah saja, melainkan juga menjadi kewajiban kita selaku masyarakat untuk peduli dengan sesama. Kita sudah harus selayaknya peduli dan berbagi dengan sesama yang mebutuhkan. Dengan demikian kita dapat sedikit membantu usaha pemerintah dalam upaya pemberantasan kemiskinan.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v