5 Tips Agar Tulisanmu Menarik Pembaca






Anisa AE -  Beberapa hari yang lalu, di facebook ada yang menyakan bagaimana sih agar tulisan kita menarik minat pembaca? Sebenarnya setiap penulis punya ciri khas masing-masing dalam tulisannya. Dan saat menulis, janganlah seskali memikirkan 'aku harus menulis dengan gaya seperti ini, menulis dengan gaya seperti itu', menulis sajalah. Gaya menulis akan mengikuti seiring dengan jam terbang.

Tapi tak bisa dipungkiri jika menulis juga membutuhkan skill. Banyak berlatih, banyak membaca adalah cara terbaik untuk mengembangkan cara menulis kita. Tulisan yang baik belum tentu menarik pembaca, tetapi tulisan yang menarik sudah pasti banyak disukai pembaca. Lalu bagaimana sih cara supaya tulisan kita bisa menarik pembaca dan banyak disukai. Syukur alhamdulillah kalau bisa sampai tulisan kita laris di pasaran, hehe. Yuk simak tipsnya.

Baca juga : Tips Menulis Cerita Remaja

Source : Weclipart

1. Membuat Tulisan Yang Menghibur

Buatlah tulisan yang bisa menghibur pembaca buku itu. Karena orang cenderung mencari buku atau tulisan yang bisa menghibur mereka di saat membacanya. Pengalaman saya sendiri jika membaca tulisan di awal sudah monoton, malas mau ngelanjutin baca, ya gak? Bisa jadi, malah di skip-skip sampai halaman terakhir, deh. xD

Dan juga orang membaca buku kan untuk menghilangkan kejenuhan, kalau buku tersebut bisa menghibur, pasti akan banyak dicari oleh orang. Bukan hanya buku semacam novel sih, tulisan macam di blog gini kalau monoton juga orang males bacanya. :D

Source : Google
2. Menyisipkan Humor Dalam Tulisan

Ya kali, tulisan yang terlalu serius dari awal sampai ending, itu niatnya nulis naskah pidato atau apa?  Tulisan yang bagus itu yang flexible, gak monoton. Menyisipkan unsur humor dalam tulisan itu gak dilarang, kok.

Asal jangan menyisipkan humor yang mengandung sara ataupun kebohongan. Humor seperti itu dilarang dalam agama islam. Ya, bisa menyisipkan humor yang ringan-ringan dalam percakapan. Setelah adegan atau percakapan yang serius bisa membubuhkan sedikit humor di dalamnya.




3. Membuat Kejutan Dalam Cerita

Siapa yang nggak suka dengan kejutan? Dari anak kecil sampai dewasa, cewek maupun cowok pasti suka dengan kejutan. Tapi dalam kata “kejutan” ini bukan berupa kejutan nyata kehidupan sehari-hari loh ya. Yaelah padahal sudah ngarep banget, hehe.

Kejutan dalam tulisan ini berarti sesuatau yang tak terduga yang bisa membuat pembaca berdecak kagum atau sampai ngomong : “kok bisa sih?”, “padahal kan?” nah, tahu kan, maksud saya. Jadi buatlah tulisanmu itu tidak mudah ditebak oleh pembaca, atau alur yang bisa mengejutkan. Bisa mengejutkan jadi bahagia atau sedih. Tulisanmu akan berkesan bagi pembaca jika memiliki alur yang nggak terduga. Alias gak pasaran.

4. Membuat Sesuatu yang Baru

Hampir sama dengan memberikan kejutan bagi pembaca. Buatlah tulisan yang gak biasanya, atau berbeda dari yang lain. Karena tulisan yang unik itu memiliki nilai tersendiri bagi pembaca.

Itulah kenapa banyak membaca itu penting, bisa mempelajari bagaimana sih tulisan-tulisan penulis yang jadi best seller di pasaran. Pasti mereka punya sesuatu yang baru dan beda, itu membuat tulisan mereka unik. Jangan takut untuk meng-eksplore tulisan kalian, semakin banyak menulis maka semakin meningkat kemampuan kita dalam menulis.

5. Membuat Cerita yang Bagus, Of Course!

Sepertinya ini poin tips yang nggak banget deh. Ya iyalah kita harus membuat tulisan yang bagus, masak mau nulis ala kadarnya. Eits, tapi tunggu dulu deh. Meskipun ini hal yang sepele, tapi tetap penting banget untuk menarik pembaca.

Pembaca akan berlama-lama membaca novelmu jika tulisanmu di awal cerita sudah memiliki alur yang bagus. Saya sendiri pun kadang males banget kalau baca novel yang di awal sudah bikin “nguap” alias ngebosenin. Jadi ya, harus banyak berlatih. Supaya kita bisa membuat cerita yang bagus, terlebih menarik banyak pembaca.


Source : Weclipart
Itu dulu deh tips yang bisa saya bagikan mengenai cara agar tulisan kita menarik banyak pembaca. Semakin banyak berlatih, semakin bertambah tingkat kemampuan menulis kita. Sejatinya saya juga bukan pakar dalam hal-hal seperti ini. Hanya saja, saya sama dengan kalian yang masih harus terus belajar, berlatih, konsisten dalam menulis.

Seperti anak kecil yang harus berlatih merangkak untuk bisa berjalan, untuk menjadi seorang penulis, banyak hal yang harus kita latih, termasuk membuat tulisan semenarik mungkin ^^. Semoga bermanfaat bagi kita semua~ Jika ada yang kurang atau ingin menambahkan, welcome banget :D





Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v