Arisan Mulai 100 Ribu di Bank Mandiri






Menabung adalah hal yang diperlukan untuk kelangsungan masa depan yang lebih baik. Kebanyakan orang menabung uang dalam rekening bank. Hal ini dikarenakan lebih mudah dan tidak berisiko. Apalagi jika bank yang menjadi tempat kita menyimpan uang adalah bank yang dijamin oleh LPS. 

Risiko menabung di bank memang lebih sedikit ketimbang menyimpan uang sendiri di rumah. Lagian, jika kita menyimpan uang di rumah, kita nggak akan tahan dengan godaan sehari-hari, seperti melihat penjual cilok yang selalu menjadi penggoda perut. Apalagi rumah saya hanya berjarak beberapa meter dari pasar. Makin komplit deh godaannya. Tak tahan dengan godaan ini, akhirnya saya lebih menyukai untuk menyimpan uang dalam bank. Tidak hanya saya, Machin pun punya tabungan sendiri. 

Baca Juga : Jangan Menabung di Bank yang Dijamin LPS

Kali ini saya membuka tabungan yag sedikit berbeda dari tabungan lainnya. Maksud saya tetap dalam konteks tabungan, tapi kali ini tabungan ini terencana. Jadi tabungan yang saya buka ini memiliki jangka waktu tertentu, berbeda dengan tabungan lainnya yang bisa diambil sewaktu-waktu. Ya karena banyak sekali godaan untuk membelanjakan uang, jika tidak disisihkan tiap bulan, pasti habis. Namanya adalah Tabungan Rencana Mandiri.

Berani Menabung di Bank
Buku Tabungan Saya
Tabungan Rencana Mandiri hampir mirip dengan arisan, tabungan ini tiap bulannya memiliki setoran khusus. Setoran yang diharuskan mulai 100 ribu sampai 5 juta per bulannya. Kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan untuk setoran rutinnya. Enaknya, kita tidak bisa mengambil uang yang telah disetorkan secara sembarangan. 


Jangka waktu tabungan rencana mandiri ini dimulai dari jangka waktu 1-20 tahun. Bukankah ini lebih memudahkan kita, jika ingin memiliki tabungan jangka panjang? Misalkan saja kita menabung tiap bulannya 300.000 jika mengambil jangka waktu dua puluh tahun, maka uang kita akan terkumpul sebanyak 72.000.000,- bisa digunakan untuk biaya sekolah anak-anak di masa depan.

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Tanpa Riba

Uang yang kita tabung di dalam tabungan rencana mandiri tidak akan berkurang, karena tidak ada biaya administrasi dalam sistem ini, bahkan mendapat bunga 2.5% dari jumlah yang dibayarkan. Nah buat yang tidak suka dengan bunga bank, uang tersebut nantinya bisa kita sumbangkan kepada orang lain. Sangat menguntugkan bukan?

Btw, kenapa tidak arisan biasa saja?

Banyak faktor sih yang membuat tabungan ini lebih saya pilih daripada arisan konvesional. 

1. Tidak Ribet
Bayangkan saat kita arisan. Pasti ribet mau janjian ma PJ arisan. Pas kita ada waktu, si dia gak ada. Begitu juga sebaliknya. Di tabungan ini, semua sudah diatur oleh pihak bank. 

2. Potong Buku Tabungan
Buat yang suka jajan seperti saya, tabungan kali ini akan langsung dipotong dari tabungan utama kita secara otomatis pada tanggal yang disepakati. Nah, kita jadi gak perlu mikir tabungan lagi karena langsung dipotong oleh pihak bank. 

3. Jaminan Aman
Uug saya masih terbayang dengan uang teman yang terkena tipu arisan online. Bunganya wah banget dan seolah-olah pasti dapat. Nah akhir-akhir ini makin marak penipuan berkedok arisan seperti ini. 
Dengan membuka tabungan ini, pasti kita bisa lebih nyaman dan merasa aman. Gak mungkin kalau sampai ditipu oleh pihak bank langganan kita. 

4. Mendapat Sertifikat
Nah pasti kita bertanya-tanya, apa buktinya kalau menabung dengan memilih Tabungan Rencana Mandiri? Buktinya adalah kita bisa punya sertifikat yang bisa menunjukkan bahwa kita memang benar-benar melakukan tabungan rencana. 


Sertifikat Tabungan Rencana Mandiri






5. Tanpa Biaya Admin 
Jika arisan biasa itu ada potongan biaya buat PJ, tabungan ini tidak ada potongan admin. Ya seperti kita nabung deposito, tapi bisa diangsur. 

6. Bunga 2,5%
Selain tanpa biaya admin, kita juga akan mendapat bunga 2,5% dari jumlah total yang akan kita dapatkan pada akhir jangka waktu. 

7. Bisa Dicairkan Tanpa Menunggu Jatuh Tempo
Bisa dicairkan setelah jangka satu tahun (jika mengambil lebih dari satu tahun) ke cabang pembuka. Walaupun saat itu baru membayar setengah. Jika saat jatuh tempo, akan langsung didebet ke rekening yang didaftarkan.

8. Asuransi
Jika pemilik meninggal, menunggu jatuh tempo untuk bisa mencairkan dana tabungan. Selain itu juga ada perlindungan asuransi asuransi gratis dari pihak mandiri, yang diketahui jika mandiri telah bergabung dengan PT. AXA untuk menjamin asuransi 5 juta per bulan untuk setiap penabung dengan minimal 500 ribu per bulan

Jika ingin menabung di Tabungan Rencana Mandiri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Syarat utama harus punya tabungan mandiri. Membuka buku tabungan mandiri bisa dilakukan di kantor cabang mandiri terdekat.

Nah kebetulan hari ini saya berkunjung ke Bank Mandiri. Rencananya sih mau meminta token yang hilang, eh diminta ke kantor polisi untuk meminta surat kehilangan. Ternyata lagi, harus membayar 150 ribu untuk mengganti token yang hilang tersebut. Akhirnya mikir lagi deh. 

Baca Juga : Ketika M Token Mandiri Hilang

Saya berkunjung pada Bank Mandiri Cabang Kepanjen dan dilayani oleh Mbak Deasy Apriliany Kahar. Mbak Deasy sangat ramah dan menjawab semua pertanyaan saya dengan baik. (Dasarnya saya itu suka tanya. Wkwkwk). Lalu ditawari Tabungan Rencana Mandiri tersebut. 

Saya dan Mbak Deasy

Sebelumnya saya pernah dikasih tahu teman soal tabungan sistem arisan seperti ini di Bank BCA. Saat ditanya, ternyata minimal 500 ribu per bulan. Wah, saya mikir-mikir lagi, soalnya banyak arisan dan tabungan yang saya ikuti. Rasanya terlalu mahal kalau sampai 500 ribu. Senangnya dapat info tabungan ini dari Mbak Deasy. Makasih ya Mbak, semoga lahirannya lancar #eh.

Setelah memiliki tabungan Mandiri, selanjutnya kita bisa langsung mengikuti progam Tabungan Rencana Mandiri. Gak susah kok kalau mau bikin. Gak sampe 15 menit, kita udah dapat sertifikat. 

Syarat Membuka Tabungan Rencana Mandiri :

1. Buku Tabungan
Seperti yang saya bilang tadi, syarat utama membuka tabungan rencana mandiri adalah adanya tabungan Mandiri. Jadi, buku tabungan jangan sampai lupa tidak dibawa. 

2. KTP
Untuk membuka tabungan mandiri, nasabah harus berusia minimal 18 tahun. Begitu juga untuk membuat Tabungan Rencana Mandiri. 

3. Materai 6 ribu untuk pendaftaran.

Setelah syarat-syarat terpenuhi, maka nasabah diharuskan mengisi formulir pendaftaran tabungan rencana mandiri dan tanda tangan di atas materai. Untuk menjamin keamanan dan perlindungan tabungan nasabah.




Jika tidak membayar selama 3 bulan berturut-turut, maka otomatis Tabungan Rencana Mandiri akan ditutup, tapi ada pinalti 150 ribu, berapa pun yang dibayarkan. Wah, sayang banget ya kalau sampai ditutup. Tapi gak bakal ditutup kalau kita tahu berapa nominal yang akan dibayarkan setiap bulan tanpa beban. 

Jika ada yang berniat untuk memiliki tabungan jangka panjang, tapi kesulitan untuk mengumpulkannya, tabungan rencana mandiri ini bisa jadi solusi. Bukan hanya saya yang nyatanya kesulitan untuk menabung, kan? Pasti diantara kita yang sedang membaca ini mengalami hal yang sama.

Langsung saja jika ingin mengurus Tabungan Rencana Mandiri ini, datang ke kantor cabang mandiri terdekat. Untuk area Kepanjen bisa langsung datang ke Mandiri Jl. A. Yani no.10 Kepanjen. Banyak CS yang akan melayani kita dengan baik. 

Btw, saya sudah punya sertifikat dari Tabungan Rencana Mandiri lho. Ambil yang satu tahun aja. Kalo cocok dan bagus, baru deh ambil yang jangka lebih panjang buat Machin dan Michan. Kalau kamu, sudah punya belum? Atau punya pengalaman menabung dengan tabungan rencana yang lain? Bisa sharing lho. 









41 comments:

  1. program yg diikuti sangat bagus mbak....buat cadangan dana dimasa depan, arisan model baru yach mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Hehe arisan model simpanan :D

      Delete
  2. waaah...semoga tabungannya makin banyak mba. Aku juga suka arisa, tapi yang cara tradisional hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin YRA, aku juga ada tabungan tradisional. Tapi tabungan terencana ini lebih menguntungkan ^^

      Delete
  3. Aku belum punya. Waktu kapan itu juga ditawarin, tapi nggak kuambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sayang banget Mbak, padahal banyak untungnya kalau buka Tabungan Rencana Mandiri ^^

      Delete
  4. Betul mba banyak sekali manfaat membuka tabungan rencana Mandiri dan kebetulan saya sudah mengikuti program ini dengan tujuan untuk biaya anak sekolah kelak

    ReplyDelete
  5. Untuk saat ini akumah nabung mandiri aja ga pake arisan kek gini wkwk.
    Nabung rutin aja susahnya naujubillah haha

    ReplyDelete
  6. Sepertinya 100 ribu perbulan enggak terlalu berat-berat amat, tapi syaratnya mesti nabung dulu di mandiri ya mbak Nisa, baru bisa ikut arisan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus punya tabungan Mandiri dulu ^^

      Delete
  7. Dulu juga pernah di tawarin sama mbak2 salles nya yg ada di bank, tp karena saya pemasukan saat itu lagi ga seimbang ya jadi nya di tolak.
    Mungkin next time bisa mulai nih untuk persiapan di masa yg akan datang.

    ReplyDelete
  8. Mau ikut ah. Dulu pernah ditawari tapi belum iyain karena baru buka tabungan pas itu. Hehe

    ReplyDelete
  9. menguntungkan bangt ya, tapi sayang pemasukan kami belum mencukupi untuk buka tabungan lbh banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga keuntungannya bisa lebih yaa, biar bisa ikutan tabungan ini ^^

      Delete
  10. Wah,kayaknya menarik. Apalagi aq suka kalap kalo belanja online. Kalo gini kan jd bs nabung y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, betul Mbak. Cus lah ke Mandiri ^^

      Delete
  11. wah enak ini bisa buat nabung beli panci blirik
    eh...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah saya juga udah menikmati TRM ini sejak 2016 lalu.
    jadi semacam terkontrol lah ada tabungan terencana gini, gak ada potongan pula malah dapat bunga :-D

    ReplyDelete
  13. Syaratnya mudah ya mbak, semua orang pasti bisa memenuhi persyaratannya. Iya nih paling cocok buat persiapan biaya anak sekolah, dan keuntungannya nggak dipotong biaya administrasi. Langsung kepoin deh :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy lah Mba, langsung kepoin ke Mandirinya ^^

      Delete
  14. Wah, enak banget ya mba? aman ini kalau ikut arisan di bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, betul banget Mbak. Aman itu salah satu poin plusnya.

      Delete
  15. sepertinya cara ini lebih enak, lebih aman, lebih nyaman dan tentunya lebih makyuzzz buat masa depan yach Mbak .:)

    ReplyDelete
  16. Pengen nabung sih...tapi kalau sudah mampir ke Pasar Proyek Sukapura duitnya langsung berubah jadi beras, telor, dan sayuran...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, gak jadi nabung dong. XD

      Delete
  17. Terjangkau banyak kalangan ya setoran 100 ribu perbulan, bisa disisihkan buat travelling ke lokasi incaran 😉

    ReplyDelete
  18. Yah baru tahu ternyata ada juga yaa aarisan di bank wkwkkw.. dapat sertifikat pulakkk.. BErfungsi banget ketika gada duta langsung aja minta di cairin wkwkkww.. Makasih sharenya ka Annisa.. mau atu ikutan arisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nyoba arisan di Mandiri. ^^

      Delete
  19. Maaf tanya min jika langsung nabung misal 20 jt untuk jangka 3thn bisa gk ya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat ya. ^^

      Delete
  20. Hi kak.. ane baru daftar nih tabungan rencana mandiri.. btw kata csnya minimal perbulan 350.000?? Jadinya ane ikutan 400rb tiap bulan dan gk ada jangka waktux... Itu gmn y? Apa program baru mungkin

    ReplyDelete
  21. Wah... makannya saya punya tabungan nie dikembalikan padahal sudah auto kemarin ternyata gara2 pemotongan dari rekening gagal di tanggal yang diperhitungkan

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.