20 Bawaan Bayi yang Normal Dialami Ibu Hamil






Anisa AE - Bawaan Bayi memang tidak ada yang bisa menduga. Siapa sangka hal aneh yang dialami oleh ibu hamil adalah bawaan dari bayi yang sedang dikandung. Sudah biasa sih, bawaan bayi itu normal kok. Banyak ibu-ibu yang menceritakan keanehan dan kelucuan bawaan bayi mereka selama mengandung.

Sekarang ini saya mau cerita beberapa bawaan bayi yang biasa dialami ibu hamil. Kenapa saya mau cerita soal hal ini? Soalnya saya lagi hamil anak ke tiga, hehe. Alhamdulillah.

Saya benar-benar tidak menduga jika akan mengandung anak ke tiga saya ketika Michan anak ke dua saya baru berusia dua tahun. Hehe. Alhamdulillah juga sih, karena kedua anak saya perempuan, semoga saja anak ke 3 saya nanti laki-laki. Jadi kan lengkap, aamiin.

Sebelum saya mengetahui jika saya tengah mengandung anak ke tiga, ada beberapa kejadian lucu yang saya alami. Namanya juga gak sadar kalau lagi hamil.

Jadi pas saya ada acara launching buku Malang Menulis di daerah Malang, saya mengalami gatal-gatal di punggung. Meskipun saya sudah mandi dan wangi sebelumnya, tetap saja gak ketahan rasa gatalnya. Sampai-sampai saya nyuruh teman buat garukin punggung saya, hahaha.

Selain gatal, saya juga sering pusing beberapa hari ini, perut juga rasanya sakit. Saya kira gara-gara terkena maag, solanya saya kalau makan suka telat-telat gitu kan. Dan biasanya kalau orang terkena maag gejalanya hampir kayak yang saya alami. Cuman bedanya ya gak ada gatal-gatalnya gitu, hahaha.

Ternyata saya nggak lagi sakit maag atau asam lambung. Gak sakit apa-apa juga. Tapi gak taunya lagi hamil, ehe.

Nah berikut ini saya akan membahas seputar Bawaan Bayi yang pada umumnya dialami oleh ibu hamil.

Baca juga : aspadai dan Antisipasi Modus Penculikan Terbaru

1. Gatal-gatal di Punggung

Ini seperti yang saya alami saat ini. Dengan tanpa sebab, saya jadi lebih sering gatal-gatal. Terutamanya di area punggung. Bahkan hampir tiap hari saya harus meminta suami buat menggaruk punggung saya supaya gak gatal.

Ternyata oh ternyata bukan hanya saya yang mengalami hal ini. Mbak Ariany Primastutiek juga mengalami hal serupa. Kadang suka bingung, kalau gara-gara belum mandi itu gak mungkin. Soalnya tiap hari mandi juga masih tetap gatal-gatal. Bawaan bayi emang suka lucu, haha.

2. Sembuh Dari Alergi (Arinta Adiningtyas)

Bawaan bayi yang ke dua ini bisa dibilang berkah kali ya. Soalnya Mbak Arinta Adiningtyas bisa sembuh dari alergi makanan gara-gara mengandung.

Wah, enak dong kalau kata saya ini mah. Jadi bisa makan makanan yang selama ini jadi pantangan, hehe.

3. Makan Mulu

Kalau bawaan bayi yang satu ini hampir banyak dialami oleh ibu hamil. Gak kaget sih kalau ibu hamil jadi doyan makan. Secara dia gak makan sendirian, kan dibagi dua hehe.

Jadi jangan heran kalau biasanya yang gak suka makan jadi doyan makan pas hamil. Bersyukurlh jika ibu hamil jadi doyan makan, karena ada beberapa ibu hamil yang gak bisa leluasa buat makan.

4. Malas Masak

Jagan bilang kalau ibu hamil terus gak suka masak itu karena malas. Bisa saja itu bawaan bayi. Iya, kayak Mbak Kendy Inop nih. Katanya pas dua bulan pertama rasanya males banget buat masak, hahaha.

Namanya juga bawaan bayi, dipaksain juga gak bisa. Kalau saya mah emang gak biasa masak, jadi bukan males masak. Emang gak mau masak meskipun gak sedang hamil.

Source : The Daily Mash

Baca juga : 5 Tips Agar Sukses Menjadi Pejuang ASI

5. Mudah Emosi

Jagan salahkan jika ibu hamil itu dikit-dikit mudah marah. Karena pengaruh perubahan hormon ibu hamil bisa membuat emosinya nggak stabil.

Kayak perempuan pas lagi PMS tuh, diganggu dikit saja pasti langsung badmood. Jadi jangan gangguin atau suka bikin ibu hamil emosi deh, ketimbang kena semprot.

6. Suka Jajan di Luar

Siapa yang kayak gini juga? Haha. Saya boleh nunjuk diri sendiri gak sih? Soalnya saya kalau pas lagi hamil kayak sekarang itu bawaannya suka pingin makan di luar. Seenggaknya beli cemilan atau buah gitu.

Mbak Wian Hermawan juga sama kayak saya nih. Katanya pas hamil jadi lebih suka jajan di luar. Mayan lah bikin tekor kantong. Anak pintar memang, masih dalam kandungan udah jago jajan, haha.

7. Tidak Mau Nyuci Baju

Lah yo, gak ngada-ngada loh soal bawaan bayi yang satu ini. Mbak Ratna Nana ngalamin sendiri keanehan bawaan bayi satu ini. Katanya sih kalau lihat mesin cuci atau cucian gitu pusing dan lemes gitu. Hahaha.

Untung suaminya baik ya, jadi bisa dibantu nyuci kali. Asal gak keterusan saja sih, bisa berabe dong, wkwk.

8. Suka Jalan-Jalan ke Luar

Saya mengalami bawaan bayi yang satu ini waktu mengandung anak ke dua saya, Ilmi. Saya suka banget kalau diajak jalan-jalan ke luar. Pokoknya pinginnya jalan-jalan terus, hahaha.

Sepertinya Kak Anjar Lembayung salah satu Tim AE juga mengalami hal yang sama deh. Katanya dia tuh dulunya gak suka main ke luar, tapi pas hamil pinginya jalan-jalan terus.

9. Nggak Bisa Makan Nasi

Selain ada bawaan bayi yang bikin ibu hamil jadi doyan makan. Ada nih bawaan bayi yang bikin ibunya gak bisa makan. Kayak saya salah satunya. Mulai hamil anak pertama sampai yang saat ini, saya paling gak bisa makan nasi.

Keadaan ini bisa berlanjut sampai trimester pertama bahkan. Huhu, dipaksain makan pun ujungnya juga dimuntahin lagi. Benar-benar bulan terberat menurut saya di trimester pertama. Bikin badan jadi lemes, karena gak bisa makan nasi. Mungkin Mbak Ika Puspita know what I feel ya, soalnya dia bilang juga gak bisa makan nasi pas awal kehamilan.

10. Mual Terus

Selain gak bisa makan nasi, saya pas hamil di trimester pertama suka mual-mual terus. Rasanya kayak ada yang dorong semua makanan yang udah saya telan buat dikeluarin.

Sayang banget deh makanan enak, semuanya harus diutahin lagi. Mungkin debaynya emang gak mau makan kali ya.

Bisa saja pas saya ada acara Flash Blogging kemarin, kan saya sempat cerita kalau mabuk darat tuh. Kira-kira juga karena saya lagi hamil, soalnya saya ngerasain muntah yang gak layak biasaya.


Source : Google
Baca juga :  Little Hippo, Pilihan Ibu Hemat

11. Gak Suka Makanan dan Minum Makanan Favorit

Kalau tadi pas hamil bisa sembuh dari alergi makanan. Kalii ini beda lagi nih, Mbak Ana Ike mengalami hal sebaliknya. Katanya, pas hamil jadi gak suka makan makanan yang enak kayak pizza, atau bahkan gak suka dengan es teh dan kopi yang biasanya jadi makanan favoritnya.

Lah, kok lucu sih, hehe. Untung saya gak kayak gini ya. Cuma ya itu, saya gak bisa makan nasi. Bikin saya harus makan buah yang banyak biar gak lemes.

12. Ngidam Yang Aneh-Aneh

Ada yang ngalamin ngidam aneh-aneh gak? Klau ngidam sate ayam atau ngidam beli bakso urat udah biasa ya. Bisa dibilang ngidam adalah hal normal bagi ibu hamil.

Tapi kalau ngidamnya aneh-aneh ini yang rada sulit. Kayak Bunda Saladin yang katanya pernah ngidam dibeliin sate kebo. Hahaha. Gak tau deh asal ngidamnya dari apa. Yang jelas ini juga bawaan bayi. Terus nemu gak ya suaminya tempat yang jual sate kebo. Kalau di daerah saya sulit nih nemuin yang jual sate kebo. :D

13. Dandan

Ada yang bilang kalau ibu hamil jadi suka dandan itu anaknya pasti cewek. Eh gak tentu juga sih, kadang anaknya cowok tapi pas semasa hamil ibunya juga suka dandan.

Ada yang ngalamin hal ini? Pas hamil jadi lebih over perhatian sama penampilan dari biasanya? Mbak Nia Haryanto ngalamin nih, katanya dia pas hamil anak pertama jadi suka dandan. Nilai plus juga ya Mbak, sekalian nyenengin suaminya, hehe.

Source : UPMC HealthBeat

14. Hobi Tidur

Namanya juga bumil, pinginnya itu tiduran sambil males-malesan. Kalau buat gerak kayak males gitu ya. Ini juga bawaan bayi lo. Mungkin ada yang ngalamin gak? Kayak ngerasa males ngapa-ngapain pas lagi hamil. Pinginnya tiduran terus, hehe.

15. Suka Makan Es Batu

Mbak Gita ngalamin salah satu bawaan bayi yang ini. Tiap hari pinginnya makan es batu sama minum sirup, hihi.

Kalau es batu saja sih gak masalah kayaknya. Tapi kalau kebanyakan yang manis-manis ini yang gak baik yaa. Hehe.

16. Sakit Gigi

Ini adalah salah satu bawaan bayi yang ekstrem menurut saya. Gimana tidak? Mbak Valencia Tania 
mengalami sakit gigi selama hamil trimester pertama samapai sekarang menjelang trimester kedua.

Kebanyang gak tuh merananya kayak gimana. Saya sakit gigi satu atau dua hari aja rasanya ngenes. 
Semoga saja cepat sembuh sakit giginya Mbak. 

17. Mual Cium Bau Suami

Saya bilang apa, kalau bawaan bayi itu gak terduga. Kayak yang satu ini nih, Mbak Yustiars salah satu yang mengalami mual saat mencium bau suaminya. Hahaha.

Asal suaminya mau ngerti saja ya kalau ini bawaan bayi, gak ada maksud lain. Hehe. Lucu saja gitu, 
kok bisa mual deket sama suaminya, padahal pas belum hamil juga pasti kemana-mana nempel.

18. Alergi Gadget

Nah, ada juga loh yang pas hamil jadi alergi gadget. Jadi selama hamil bawaanya pusing kalau lihat TV ataupun Hp. Kalau saya sampai kayak gini ya berat, soalnya kerja pakai gadget terus sih, hehe. Untung saya gak kena syndrome ini selama hamil.

19. Selalu Pusing

Gandengan sama yang suka mual pas hamil nih. Biasanya juga pusing terus kayak naik pesawat. Kadang saya juga cuma pusing aja gitu, tapi gak mual. Kalau udah pusing harus dibawa tidur seharian, kalau gak gitu bisa oleng saya.
20. Males Dandan

Tadi ada yang bilang kan bawaan bayi bisa buat si ibu hamil suka dandan. Kalau sekarang kebalikannya, ada ibu hamil yang selama hamil jadi males banget buat dandan.

Gak nyalahin juga sih, namanya juga bawaan bayi. Gak ada yang bisa nyuruh si ibu buat tampil cantik kalau bawaan bayinya bikin si ibu jadi males dandan. Maklumin saja lah, nanti pas anaknya lahir juga hilang kebiasaannya ini.

Banyak juga ya bawaan bayi yang dialami oleh ibu selama hamil. Beda ibu beda bawaan bayinya. Suka lucu juga kalau baca pengalaman ibu-ibu teman saya ini. Hehe.

Tapi bawaan bayi ini biasanya hilang kok kalau bayinya udah lahir. So, nikmatin saja keanehan yang ditimbulkan selama proses kehamilan.

Kalau kalian apa bawaan bayi yang pernah dialami? Sharing yuk, hehe.





Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

25 comments:

  1. sepertinya sang suami perlu ada skill masak utk jg2 siapa tahu sang istri sdng males masak gr2 Hamil , biar ngk lemes akibat kelaparan.. :)

    semoga dedek bayinya sehat selalu yach mbak dan lahirannya lancar.... :)

    ReplyDelete
  2. selamat mbak anisa, sehat selalu yah bumil sama cadebay,,
    heuheu, udah anak ketiga aja, aq baru posting ditanyain mulu kapan punya anak kedua ;(
    btw yg gatal punggung itu pas hamil anak pertama yang ngalamin malah suami aq, setelah lahiran hilang begitu saja.. kl aq malah malas makan2an padang yg biasanya aq suka banget... aneh gak bisa dipercaya kl gak ngalamin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, aamiin. Emang bawaan orang hamil beda-beda Mvak :D.

      Delete
  3. heiii...nomor 17 itu akuuuu hihihihihi

    ReplyDelete
  4. Makan mulu dan malas masak haha. Itu mah gue banget pas hamil. Tapi emang kadang bawaan bayi juga kali ya, aku pas hamil kok suka es krim banget setelah lahiran malah nggak terlalu suka ngemil es krim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama Mbak. Aku juga jadi malas bawaannya. XD

      Delete
  5. Soal makanan iya banget mbak. Yang dulunya digilai pas hamil jadi gak suka. Sementara makanan yang dulu gak suka malah mau makan itu terus hahahaaa. Problematika ibu hamil ��

    ReplyDelete
  6. Bawaan bayi memang bermacam-macam ya,bikin moms and dadsnya deg-degan yang penting sehat semuaaa.

    ReplyDelete
  7. masak itu asli bawaan si bayi tah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, soalnya pas bayinya udah lahir kebiasaan di atas langsung hilang.

      Delete
  8. ahahaha aku bener bener gabisa makan nasi nih ka Annisa, parah pisann sekarng.. bumil makannya ga teratur, kadnag suka mikir kasian dede bayi. tapi bener apa ciri2 yang ditulis di artikel ini,

    ReplyDelete
  9. Wahahaha, serasa jadi inget pas hamil dulu. Mau gerak aja susah nggak tahan sama mualnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sama Mbak. Jadi tiduran mulu ya.

      Delete
  10. Wah sangat bermanfaat nih buat yang mau punya momongan jadi tambah pengetahuan :D

    ReplyDelete
  11. Memang seru jadi ibu hamil ya mba...

    ReplyDelete
  12. paling cocok emang bisnis online untuk sampingan ibu hamil

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.