8 Cara Mudah Mengatasi Aroma Tak Sedap Mulut Saat Puasa






Anisa AE - Hai semua ….

Ini adalah postingan saya di awal bulan Mei. Kemarin belum sempat nulis artikel karena jadwal yang padat. HAHAHA. Gak kok, cuma kemarin habis dari liburan bareng tim AE dan keluarga ke Jatim Park 1 Batu. Masih capek dan istirahat sebentar sambil cari inspirasi nulis.

Tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadan, kalau gak salah sih pertengahan bulan Mei ini sudah bisa menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim.

Masalah yang yang sering timbul saat kita menjalankan ibadah puasa adalah aroma tak sedap dari mulut. Sudah wajar sih kalau berpuasa pasti akan timbul aroma tak sedap dari mulut, karena selama kurang lebih 12 jam lebih kita tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman. Hal itu menimbulkan dehidrasi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya aroma tak sedap keluar dari mulut.

Eits, ada lho beberapa cara untuk meminimalisir aroma tak sedap mulut selama puasa. Berikut akan saya bagikan tipsnya.

1. Mencukupi kebutuhan mineral.

Selama berpuasa kita harus menahan untuk tidak mengonsumsi minuman dan makanan selama kurang lebih 12 jam lamanya. Hal tersebut tentu akan membuat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi.

Anjuran air mineral yang harus dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa adalah:
1. Dua gelas saat sahur.
2. Dua gelas saat berbuka puasa.
3. Empat gelas saat malam hari, bisa diminum setelah tarawih dua gelas dan dua gelas sebelum tidur.

Dengan demikian, maka mineral dalam tubuh bisa terpenuhi dan kita terhindar dari dehidrasi. Jika tubuh kita tidak dehidrasi, kemungkinan munculnya bau mulut yang tidak sedap akan berkurang.


2. Sahur secukupnya.

Biasanya saat sahur, orang cenderung makan terlalu banyak agar kuat saat menjalankan puasa seharian. Bahkan ada yang sampai nambah dua kali lipat porsi dari makan biasanya. Saya enggak sih, hehe.

Ternyata hal tersebut tidak baik lho. Makan sahur itu secukupnya saja, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Berhentilah makan sebelum kenyang.

Saat kekenyangan, lambung akan bekerja dua kali lipat dari biasanya dan hal tersebut bisa menimbulkan aroma tidak sedap yang berasal dari pencernaan.

Baca juga :  Secangkir Kopi Sejuta Manfaat


3. Hindari makan makanan yang beraroma tak sedap.

Selain sahur secukupnya, ternyata makanan yang kita santap saat saur juga mempengaruhi aroma mulut lho. Kalau kita makan dengan sayur-sayuran pasti tidak akan menimbulkan bau mulut yang berlebihan.

Hindari makanan beraroma tidak enak seperti jengkol dan pete. Rasanya emang enak, tapi aromanya akan membekas di mulut dan menimbulkan bau tak sedap. Saya sendiri cenderung menghindari makanan ini saat berpuasa, karena tidak mau ambil resiko saat bertemu dengan orang nanti aroma mulut kita bau pete, heheh. 





4. Sikat gigi + mouth wash yang anti bakteri.

Setelah makan sahur jangan langsung tidur ya. Sikat gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa makanan ini akan menimbulkan bau tak sedap di dalam mulut.

Selain gosok gigi, kumur menggunakan mouth wash juga bisa membantu membunuh bakteri yang bisa menimbulkan bau mulut. Jadi, saya sarankan kumur dengan mouth wash setelah gosok gigi ya, biar mulut benar-benar bersih dan terhindar dari bakteri penyebab bau mulut.


5. Jagan lupa bersihkan lidah.

Hal ini juga wajib dilakukan agar terbebas dari bau mulut saat berpuasa. Biasanya sisa makanan tidak hanya tersangkut di gigi saja, tapi juga membekas di lidah.

Dengan rutin membersihkan lidah setelah selesai makan sahur bisa membantu mengurangi bau mulut selama menjalankan ibadah puasa. Kan ada tuh alat pembersih khusus lidah. 

6. Minum teh hijau/kopi hitam tanpa gula.

Beberapa orang membuktikan hal ini, jika setelah makan sahur meminum teh hijau ataupun kopi hitam tanpa gula bisa membantu mengurangi aroma tidak sedap selama berpuasa.

Kandungan dalam teh hijau ternyata bisa membunuh bakteri yang bisa menimbulkan aroma tak sedap pada mulut lho. Jadi minuman ini bisa jadi alternative buat mencegah aroma tak sedap pada mulut selama berpuasa.

Baca juga :  Manfaat Vitabumin Selain Menambah Nafsu Makan

7. Jangan terlalu banyak tidur.

Siapa yang kalau puasa banyak tidur dengan alasan supaya gak kelelahan saat puasa? Hmm, ini nih yang bisa membuat aroma mulut tidak sedap.

Saat tidur terlalu lama, mulut akan menjadi kering. Saat bangun dengan mulut yang kering, hal ini bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap lho. Jadi jangan terlalu banyak tidur saat menjalankan ibadah puasa yaa. Biasanya ini dijadikan alasan agar tidak lapar saat menjalankan puasa. 

8. Olahraga dengan teratur.

Saat berpuasa memang tubuh jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Tapi hal tersebut jangan membuat kita jadi malas beraktivitas. Terutama olahraga, penting bagi orang yang berpuasa melakukan olahraga secara teratur.

Dengan rajin berolahraga, maka racun-racun yang ada dalam tubuh akan keluar melalui keringat. Dengan hilangnya racun-racun dalam tubuh, tentu saja akan mengurangi bau tak sedap yang akan keluar dari mulut selama berpuasa. Selain itu tubuh jadi tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Nah sudah banyak nih tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi aroma tidak sedap mulut selama menjalankan ibadah puasa.

Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancer yaa, hehe. Semangat menyambut bulan Ramadan sebentar lagi. ^^

Sumber foto : 

Alodokter
Kliksehat
Hipwee




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v