Inspirasi Hadiah Lebaran yang Cocok untuk Klien






Anisa AE - Tidak terasa Lebaran akan segera tiba, terhitung kurang dari seminggu. Kita semua pasti sibuk menyambut datangnya Lebran dengan melakukan banyak persiapan. Soal urusan budget, tentu saja kita sudah mulai mengumpulkannya sejak jauh hari. Agar semua kebutuhan saat hari Lebaran bisa terpenuhi tanpa mengganggu kondisi finansial.

Apa saja sih persiapan yang dilakukan menjelang lebaran? Biasanya sih selain baju lebaran, pasti kita juga harus menyiapkan hadiah untuk keluarga terdekat. Entah itu mau ngasih THR atau lainnya.

Tapi selain keluarga, sebagai seorang pembisnis saya merasa merasa memiliki kewajiban untuk memberikan service yang baik kepada klien. Jadilah saya tiap Lebaran harus banget membelikan gift atau hadiah untuk klien saya. Bukan apa-apa, namanya klien service juga penting untuk kelangsungan bisnis, menurut saya.

Kita tak boleh lupa menyiapkan hadiah lebaran untuk klien bisnis. Mengirim hadiah lebaran untuk klien bisnis adalah cara terbaik untuk menjalin hubungan baik. Klien bisnis pun pasti memahami niat baik kita.

Tapi masalahnya kadang ada yang bingung mau ngasih hadiah apa ke klien. Eits, jangan khawatir deh, kini kita tak perlu bingung memilih jenis hadiah yang cocok untuk klien bisnis. Karena ulasan tentang inspirasi hadiah lebaran ini akan menjadi referensi yang tepat bagi kita!

Parcel Makanan Ringan

Kalau tidak ingin kerepotan menyiapkan hadiah lebaran, tentu saja parcel makanan ringan dapat menjadi pilihan yang istimewa. Kita juga tak perlu membeli isi parcel dan menyusunnya sendiri. Sebab sudah banyak penjual parcel yang menawarkan varian menarik.

Banyak pula supermarket yang menyiapkan paket parcel praktis bagi kita yang tak sempat membuatnya sendiri. Kita tinggal membeli parcel sesuai budget yang kita siapkan lalu mengirimkannya kepada klien bisnis. Pastikan bahwa semua isi parcel merupakan produk berkualitas dengan masa kedaluwarsa yang masih lama.

Sekarang ini parcel banyak banget macamnya, dari yang ukuran sedang sampai yang besar. Sesuaikan dengan budget aja sih kalau mau ngasih parcel. Oh ya, biasanya menjelang lebran pasti banyak promo, manfaatkan promo ini deh supaya lebih hemat.

Parcel Kue Kering

Parcel kue kering juga dapat menjadi alternatif hadiah lebaran yang tak kalah menarik dibandingkan makanan ringan dalam kemasan. Kita mesti memilih parcel yang terdiri dari aneka kue kering populer, misalnya nastar, kastengel, dan putri salju. Kemasan parcel kue kering harus didesain dengan cantik supaya tampak menggugah selera.

Idealnya, kita mengirimkan parcel yang minimal berisi 3 toples kue kering. Namun, kita juga bisa menambah isi kue keringnya jika memiliki budget yang lebih besar. Kiriman parcel kue kering kita akan menjadi sajian istimewa di rumah klien bisnis pada hari lebaran.

Biasanya di toko-toko kue sudah ada lho sepaket parcel dengan isisan kue kering. Tinggal kita mau pilih parcel dengan isian berapa. Terus mau isian apa. Kalau saya sih, suka kalau ada yang ngasih parcel isisan nastar, putri salju dan kastengel. Hehe.





Paket Perlengkapan Ibadah

Paket perlengkapan ibadah adalah kiriman hadiah yang memiliki sentuhan personal. Barang-barang yang wajib ada dalam paket ini antara lain mukena, sajadah panjang, dan pakaian muslim untuk keluarga klien bisnis.

Sekarang, banyak sekali produk sajadah panjang istimewa yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Jika kita memiliki waktu senggang, sebaiknya kita memilih sendiri isi paket yang akan kita kirimkan. Sehingga kita leluasa memilih mukena, sajadah panjang, pakaian muslim, dan isi paket lainnya sesuai kebutuhan sang klien bisnis.

Saya sarankan kalau memilih paket perlengkapan ibadah harus yang mempunyai kualitas bagus. Kan gak lucu kalau kita mengirimkan paket dengan kualitas yang gak bagus. Apa nanti pendapat klien kepada kita. Hehe. Lagian kalau kualitas barang itu bagus, oleh klien akan digunakan terus dan pasti akan menyenangkan hati mereka.Klien service berhasil.

Peralatan Elektronik

Paket hadiah lebaran untuk klien bisnis memang tak harus selalu bernuansa lebaran. Kita juga bisa mengirimkan barang-barang bermanfaat seperti peralatan elektronik. Mengirim peralatan elektronik seperti televisi, mesin cuci, atau kulkas adalah ide cemerlang. Karena peralatan tersebut pasti dibutuhkan oleh klien bisnis kita. Hadiah berupa peralatan elektronik juga tergolong awet sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun.

Tapi untuk yang satu ini agak menguras budget hehe. Kalau klien itu orang yang berpengaruh dan penting, saya rasa memberikan hadah peralatan elektronik seperti TV atau lainnya merupakan salah satu effort untuk bisnis. Dengan memberikan barang yang berharga, klien akan merasa dihargai oleh kita.

Paket Perlengkapan Kantor

Masih ada satu jenis hadiah lagi yang bisa kita pilihkan untuk klien bisnis, yaitu paket perlengkapan kantor. Kita dapat mengirimkan paket perlengkapan kantor yang berisi agenda dan seperangkat alat tulis berkualitas. Peralatan kantor sudah pasti akan berguna bagi klien, karena setiap harinya pasti akan digunakan di kantornya. Paket yang satu ini dapat digunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan klien bisnis.

Atau kita bisa memberikan jas atau celana yang bisa menunjang penampilan klien bisnis pun akan semkain kelihatan profesional ketika menggunakan hadiah yang kita berikan. Tapi yang ini option yang gak univers sih, soalnya kita juga gak tahu ukuran jas atau celana dari klien kita. Hehe.

Mungkin lebih baik ya peralatan kantor. Atau kalendar juga bisa tuh jadi pilihan. Kalendar tahun depan tapi hahaha. Kalau kalendar tahun ini sih mungkin gak bakalan kepakai, karena sudah pasti mereka udah punya banyak.

Buku

Nah yang terakhir yang akan saya sarankan adalah memberkan buku kepada klien sebagai hadiah lebaran. Karena saya berkecimpung dalam dunia bisnis literasi, tentu memberikan buku bukan lah ide yang buruk. Asalkan buku yang diberikan bisa bermanfaat untuk klien.

Contoh saja yang bisa diberikan adalah buku tentang kewirausahaan. Atau buku marketing, biasanya buku seperti ini akan sangat dibutuhkan untuk beberapa klien. Tapi tak arang ga novel yang bagus bisa jadi plihan. Apalagi novel religi lagi digemari banget, mungkin bisa hadiahkan novel religi jika klien tersebut masih berusia cukup muda.


Di antara kelima pilihan hadiah tersebut, manakah yang paling menarik dan sesuai budget?
Jangan bigung lagi memikirkan apa kado yang pas untuk diberikan pada klien. Kita hanya perlu memilih beberapa option di atas sesua dengan budget kita masing-masing. Kalau memang mampu ya beli yang bagus dan punya rate tinggi sekalian, toh itu untuk klien service. Tapi kalau budget minim, saya sarankan jangan ngoyo, asalkan hadiah tersebut terlihat pantas sih udah bagus.

Yuk tentukan sejak jauh hari supaya kita tidak lupa menyiapkannya sebelum hari lebaran tiba. Berikan hadiah lebaran tersebut secara tepat waktu sebelum klien bisnis sibuk menyiapkan hari lebaran atau pergi mudik.




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

41 comments:

  1. Wah... baru tahu kalau ada yang ngasih tipi, jadi tertarik ikutan sebagai penerima nih mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, boleh kalau jadi mitra AE dulu ya. :))

      Delete
  2. Kalau dari pedagang di pasar saya mendapatkan hadiah lebaran peralatan masak Lumayanlah dr pada tidak mendapatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lumayan lah dapat hadiah hehe.

      Delete
  3. Paling seneng dikasih parcel makanan dr klien trs dibagi-bagi sm tmn kantor, hihi..

    Ide kasih buku boleh juga dicoba tuh mbak, biar beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, paling enak dikasih parcel makanan emang.

      Delete
  4. Yang paling lumrah dan sering diberikan vendor umumnya parcel makanan sepengelaman saya :D

    ReplyDelete
  5. Kalau saya lebih prefer dengan paket perlengkapan ibadah mbak. soalnya lebih berasa deket gitu secara itu adalah barang yang paling dikenang sama orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga setuju nih dengan mas Bimo. Jadi bisa digunakan dalam waktu panjang. Apalagi digunakan terus untuk ibadah :)

      Delete
    2. Alhamdulillah, iya Mas, bisa bermanfaat juga kalau dikasih perlengkapan ibadah.

      Delete
  6. Huwaaaa perlengkapan ibadah bikin saya mupeng dan unik buat dijadikan pacel tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, udah ada yang ngasih Mbak?

      Delete
    2. Biasanya sih embak yg ngasih, bukan si dia. #eh 😂

      Delete
    3. Jadi baper ya mbak hehe

      Delete
  7. untuk "klien".. saya pikir ibu tadi nyeleneh dengan memelesetkan kata "kalian" dalam logat orang batak.. hehhe

    ReplyDelete
  8. Saya kalau dapat hadiah parcel makanan aja sudah senang jadi ingat waktu kecil saat menjelang lebaran ortu sering dikirimin parcel dari relasi kerja beliau.
    Sebagai anak kecil... begitu ada kiriman parcel selalu kegirangan.. seperti dapat hadiah lotre aja ya? Hehehe...
    Kalau sekarang ortu sudah pensiun nggak ada kiriman parcel lagi.
    Justru sekarang kita sudah dewasa.. Kita lah yang harus ngasih bingkisan lebaran... sungkem minta maaf kepada ortu atas kesalahan kita... Itu sudah buat hati ortu terbuka dan senang untuk memaafkan.

    Untuk menjalin hubungan baik dengan klien memang harus rajin memberi parcel ya mbak?
    Makasih info dan tips-tipsnya ya mbak.
    Semoga makin sukses mbak Anisa,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama-sama. Semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Yang paling sering...kue2 ya mba... Td aku lihat di tv, parcelnya batik gitu..ditata cakep. Alat2 ibadah gitu, tp motif batik. Kreatif yaa

    ReplyDelete
  10. Wah iya. Aku gak kepikiran akan kasih parcel buat klien, biasanya aku yg suka dikasih parcel sama klien :D

    ReplyDelete
  11. Seru juga ya semua parcelnya saya siap menerima dengan senang hati :)

    ReplyDelete
  12. Kalau saya nih yang jadi mitra kerjanya mbak Annisa, saya maunya dikirimin buku aja, hehehe...

    ReplyDelete
  13. Kalo aku, apa aja hadiahnya aku suka ... , namanya juga hadiah .. xixixi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, apa pun yang penting gratis.

      Delete
    2. Toooss .. kita sama,kak 😁
      Apapun hadiahnya kita suka terimanya.

      Kalo buat kado klien, aku lebih cenderung milih memberikan parcel makanan ringan, agar saat klien ngemil asyik selalu ingat aku .. xixixi 😁

      Delete
  14. biasanya aku suka dikasih kue kering sama anak les hehe
    kayaknya itu paling asyik deh biar gak perlu beli kue lebaran lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, anak les suka ngasih kue kering ya. Enak banget dong.

      Delete
  15. Saya kebagian sirup Marjan nggak apa apa mbak AE, saya nggak nolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sudah gak bagi-bagi parcel dong.

      Delete
  16. Yang agak murah sih parcel kue kering ya ka Annisa, tapi kalau lebih bermanfaat emang ngasi parcel perlengkapan ibadah biar kita semakin banyak rezeki yang mengalir sudah memberikan peralatan ibadah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ita Mbak. Paling murah emang kue kering. Alhamdulillah, semoga bisa bekah.

      Delete
  17. Aku paling suka klo dpt parcel makanan ringan, lebih awet karna exp nya lama hahahha


    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  18. Kayaknya semenjak pemerintah melarang pemberian parcel, saya udah jarang nerima parcel mak T_T

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.