10 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk






Anisa AE - Kantuk adalah keadaan di mana seseorang ingin tidur. Kantuk bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Kantuk bisa disebabkan karena merasa bosan atau lelah yang berlebihan. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda tergantung usia dan aktivitas yang dilakukan. Idealnya orang dewasa menghabiskan waktu untuk tidur sekitar 7-9 jam, untuk anak-anak hingga dewasa menghabiskan waktu tidur sekitar 9 jam, balita membutuhkan waktu 10-12 jam, sedangkan bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16-18 jam.

Meskipun terlihat sepele, kantuk juga dapat menyebabkan masalah. Badan akan merasa lemas dan tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas. Kantuk juga bisa menjadi petanda Anda mengidap suatu penyakit seperti diabetes, depresi, stres dan masih banyak lagi. Lebih fatalnya jika kita mengantuk saat sedang mengendarai kendaraan, akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain dan dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal bahkan kematian. Bahkan sekarang banyak kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk saat mengendarai.
Untuk menghindari berbagai resiko akibat kantuk, di sini saya akan memberikan tips agar dapat menghilangkan kantuk. Berikut ini 10 tips yang dapat menghilangkan rasa kantuk :

1. Membasuh muka
Cara yang ini pasti dilakukan setiap orang yang mengalami kantuk saat sedang melakukan aktivitas. Air yang digunakan untuk membasuh muka kita dapat menyegarkan wajah kembali. Meski tampak sederhana, ternyata tips yang satu ini ampuh loh untuk menghilangkan kantuk. Saya juga sering menggunakan tips ini untuk menghilangkan kantuk dan terbukti ampuh juga loh. Apalagi kalau menggunakan air dingin, pasti langsung melek. Nah, bagi perempuan yang sering dilanda kantuk dan tidak ingin mencuci muka, sebaiknya gunakan make up yang anti air sebagai jalan keluarnya ya ….

Sumber Google


2. Tidur yang cukup
Kantuk disebabkan karena kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk. Agar kalian tidak ngantuk, tidur yang cukup merupakan solusi yang tepat. Usahakan kalian tidur setidaknya 8 jam per hari. Selain dapat menghilangkan rasa ngantuk, tidur juga dapat menjaga kalian dari berbagai masalah seperti stress, hipertensi, dan masih banyak lagi lainnya. Selain tidur yang cukup, hal yang paling mujarab untuk menghilangkan kantuk ialah tidur siang. Luangkan waktu Anda sekitar 10-20 menit untuk tidur siang, dijamin rasa kantuk Anda akan hilang. Lebih bagusnya hindari begadang di malam hari karena akan menyebabkan Anda mengantuk di pagi harinya.

Baca Juga :Pentingnya Ikut Asuransi Kesehatan Ala Keluarga Surya
Sumber Google

3. Mengobrol dengan teman
Saat Anda mengalami rasa kantuk yang hebat, Anda dapat mengajak teman untuk mengobrol. Dengan mengobrol, Anda akan mengurangi rasa kantuk. Anda dapat tertawa bersama teman-teman dan melupakan kantuk Anda. Dengan melakukan aktivitas mengobrol, pikiran Anda akan kembali segar. Selain menghilangkan kantuk, dengan mengobrol kalian akan menjalin kedekatan degan rekan kerja dan mengenal satu sama lain.

Sumber Google


4. Berolahraga ringan
Sebelum berangkat kerja, sebaiknya lakukan olahraga ringan. Dengan olahraga ringan, Anda dapat menghilangkan rasa kantuk. Lebih baik lakukan olahraga ringan disela waktu istirahat. Olahraga ringan dapat dilakukan sekitar 2 menit, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda. Selain menghilangkan kantuk, dengan berolahraga tubuh anda akan kembali segar dan sehat. Tidak perlu melakukan oalhraga yang berat, Anda hanya perlu duduk, posisi kaki lurus dan tangan menyentuh jari kaki. Lakukan kegiatan seperti ini selama 5 samapi 8 kali dengan waktu masing-masing 5-10 detik.

Sumber Google


5. Minum air putih secukupnya
Salah satu penyebab kantuk ialah kurangnya oksigen dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan dehidrasi. Jika sudah begitu, selain menghilangkan kantuk juga dapat menghilangkan konsentrasi dan menurunkan kualitas kerja Anda. Air putih memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan baik bagi tubuh, sehingga dapat menghilangkan kantuk. Meminum air putih dianjurkan sebanyak 8 kali sehari. Selain menghilangkan kantuk, air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh kita agar tetap seimbang.

Sumber Google


6. Sarapan
Mungkin sebagian orang menganggap sepele atau tidak terlalu penting. Namun, sebenarnya sarapan merupakan hal yang sangat penting sebelum memulai aktivitas kerja. Sarapan pagi sebenarnya salah satu energi yang kita dapatkan sebelum memulai aktivitas. Untuk sarapan juga tidak boleh terlalu banyak atau memakan makanan yang berat, karena akan membuat Anda mengantuk. Makanlah makanan yang ringan-ringan saja seperti sereal, minum susu, omlet dan lainya yang tidak mengandung banyak lemak dan kadar gula yang tinggi.
Sumber Google

7. Memakan cemilan
Saat Anda dilanda rasa kantuk yang berlebihan, dapat diatasi dengan memakan cemilan. Cemilan yang pas Anda makan saat sedang mengantuk ialah makanan yang pedas atau asin. Dengan memakan cemilan yang pedas, maka tubuh Anda akan kembali bersemangat lagi dan bisa melanjutkan aktivitas. Selain memakan makanan yang pedas, Anda juga dapat memakan cemilan yang sehat. Hindari memakan cemilan yang tidak sehat karena kandungan lemak dalam cemilan tersebut tinggi. Hindari juga minuman yang mengandung kadar gula tinggi yang dapat membuat Anda semakin dilanda kantuk.

Sumber Google


8. Memutar musik
Ternyata, dengan memutarkan musik Anda dapat mengurangi rasa kantuk yang Anda alami. Mendengarkan musik dapat merangsang dan mempertajam otak Anda. Mainkanlah musik yang Anda sukai. Namun, jangan mendengarkan music yang memiliki irama mellow atau semacam bunyi AC dan kipas. Jika Anda melakukannya, ijamin rasa kantuk Anda akan semakin besar. Karena fakta memang, suasana kerja yang sunyi dapat membuat Anda mengantuk.
Sumber Google

9. Minum kopi
Bukan menjadi rahasia lagi, bahwa kopi dapat menghilangkan rasa kantuk. Itu dikarenakan kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Namun, mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak juga tidak dibolehkan loh. Usahakan minum kopi secukupnya. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka Anda tidak akan bisa tidur di malam hari dan menyebabkan kantuk saat sedang bekerja. Meminum kopi dianjurkan tidak melebihi pukul 4 sore karena dikhawatirkan efeknya pada malam hari.

Sumber Google


10. Menempelkan es di dahi
Untuk tips yang satu ini sedikit repot ya. Namun, jika Anda melakukannya dijamin ampuh, karena dinginnya es dapat membantu refleksasi otak dan menyegarkan pikiran Anda. Nah, jika kalian berada didalam kantor, Anda dapat membeli minuman dingin saja.
Sumber Google

Gimana? Anda dapat menghilangkan rasa kantuk dengan beberapa tips yang saya berikan. Jika Anda mengantuk saat kerja, maka kinerja Anda akan buruk. Bahkan jika Anda mengalami rasa kantuk saat mengendarai kendaraan bisa menyebabkan kecelakaan lohh….

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v