Antara Artis dan Trend Dunia Fashion Indonesia






Anisa AE -  Dunia fashion tidak pernah berhenti berkembang, selalu ada saja trend terbaru dari berbagai desainer di seluruh penjuru dunia. Begitupula di Indonesia, dunia fashion Indonesia semakin hari semakin berkembang dan beragam. Para desainer muda Indonesia juga mulai bermunculan. Soal kualitas pun tidak perlu diragukan lagi, karena sudah jelas karya anak negeri tidak kalah saing dengan karya desainer luar negeri. Sebut saja Dian Pelangi, Zaskia Sungkar, dan Zaskia Adya Mecca, yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia fashion wanita Indonesia.

Ngomong-ngomong soal dunia fashion wanita di Indonesia, beberapa tahun belakangan ini dunia fashion wanita Indonesia mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat. Selain Dian Pelangi, Zaskia Sungkar, dan Zaskia Adya Mecca, masih banyak lagi desainer perempuan yang melahirkan karya-karya luar biasa. Jadi, karya tersebut dari perempuan, oleh perempuan, dan untuk perempuan pula.

Zaskia Sungkar dan Zaskia Adya Mecca sendiri dulunya dikenal sebagai seorang aktris, sebelum akhirnya memutuskan terjun ke dunia fashion wanita pada umumnya, dan fashion wanita muslim pada khususnya. Sedangkan Dian Pelangi sendiri sejak awal memang dikenal sebagai desainer wanita muslim dengan penggunaan warna cerah sebagai ciri khasnya.

Bagaimanapun latar belakang ketiga wanita cantik tersebut, kini mereka telah menjadi trend center jilbab terbaru di Indonesia. Saat ini, jilbab bukan hanya sekedar kebutuhan seorang muslimah, namun juga telah menjadi trend fashion yang kekinian. Zaskia sungkar sendiri yang memutuskan berhijab sekitar 5 tahun yang lalu, kini telah memiliki brand busana muslim sendiri yaitu KIA by Zaskia Sungkar. Bersama brand ini, Zaskia sudah beberapa kali menggelar pagelaran busana baik di dalam maupun luar negeri.

Meccanism

Sedangkan Zaskia Adya Mecca yang memutuskan berhijab lebih dulu sekitar pada tahun 2005, kini juga mempunyai brand busana muslim yang bernama Meccanism By Zaskia Mecca. Melalui brandnya ini, Zaskia mempromosikan baju-baju dan jilbab terbaru dari hasil desainnya sendiri. Selain itu, Zaskia juga memiliki brand busana muslim baru, yaitu BIA. Jika Meccanism memiliki gaya yang kasual dengan bahan-bahan yang ringan seperti kaus, BIA membidik pasar busana muslim yang premium.

Berbeda dengan duo Zaskia, Dian pelangi yang sebelumnya memiliki 7 brand dirampingkan menjadi 4 brand yang terdiri dari: Privé, Krama, Nom, dan Men. Dian Pelangi selalu memadukan unsur-unsur modern tanpa melupakan unsur Nusantara dan teknik pewarnaan tradisional yang telah menjadi ciri khasnya selama ini. Kini, ketiga public figure tersebut dikenal sebagai desainer yang mengedepankan kesan simple dan elegan pada setiap karyanya.

Dian Pelangi


By the way, menjamurnya brand busana muslimah belakangan ini tentu saja dibarengi dengan permintaan pasar yang semakin meningkat. Menurut saya, pakaian muslimah adalah kebutuhan bagi setiap muslim perempuan. Namun, yang terjadi saat ini adalah pakaian muslimah telah menjadi trend fashion di Indonesia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, tentu saja menjadikan Indonesia sebagai lahan yang subur bagi para pebisnis busana muslim.

Sejujurnya, saya ikut senang karena saudara muslim telah banyak yang memutuskan untuk menutup auratnya. Seperti yang santer diberitakan belakangan ini, saya dikagetkan dengan keputusan seorang Nikita Mirzani yang akhirnya memutuskan untuk mengenakan hijab. Setelah Kartika Purtri yang menghebohkan masyarakat dengan penampilan syar’inya, giliran Nikita Mirzani yang beritanya tak kalah mengejutkan banyak orang. Kini, dua artis berkulit putih ini terlihat lebih cantik dan anggun dengan balutan hijab di kepala mereka.

Sebelum mereka berdua, telah banyak deretan artis Indonesia yang akhirnya menjalankan kewajibannya untuk menutup aurat. Sebut saja Fenita Arie, Tia Ivanka, Vebby Palwinta, dan Cinta Penelope. Maraknya kalangan artis yang memutuskan untuk berhijab ini, saya tanggapi dengan positif.



Bagaimana tidak? Mereka adalah seorang public figure yang memilik fans dengan jumlah yang tidak sedikit, sedikit banyak tentu mereka menjadi orang yang berpengaruh di masyarakat. Semoga perubahan positif mereka ini juga mampu membawa dampak yang positif pula untuk masyarakat luas.

Nah, banyaknya kalangan artis yang mengubah penampilan mereka menjadi lebih islami ini, sama sekali tidak mengganggu karir mereka lo, apalagi dengan jilbab terbaru yang selalu mengikuti trend. 

Bahkan, deretan nama artis yang tadi saya sebutkan karirnya bisa dibilang malah semakin bersinar di dunia industri tanah air. Selain karena rezeki setiap hamba itu sudah diatur, mungkin hal itu juga merupakan berkah dari perubahan positif mereka. Kini, para public figure tersebut justru terlihat makin cantik dan anggun dengan menutup aurat mereka.









Oh iya, kembali lagi ke dunia fashion ya. Setelah mengubah penampilannya, tidak sedikit dari para public figure ini yang menjadi trend center pakaian musliman lo. Mereka memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan banyak diminati masyarakat. 

Jadi, meskipun mereka tidak mendesain pakaian atau hijab mereka sendiri, tetapi apa yang mereka kenakan tidak jarang menjadi kiblat fashion para muslimah Indonesia. Dukung terus saudara sesama muslim kita untuk menjadi lebih baik ya, jangan malah dihujat yang macam-macam.

Karena apa pun yang mereka kenakan sering menjadi sorotan, banyak juga lo para kalangan selebritis ini yang memunculkan brand mereka sendiri. Baik itu brand pakaian muslim ataupun brand hijab.


Sebut saja seperti Oki Setiana Dewi, Umi Pipik, Risty Tagor, dan Yulia Rachman yang memiliki brand pakaian muslim sendiri. Selain itu, ada juga yang memiliki brand jilbab terbaru yang banyak diminati. Yaitu Angel Lelga, Laudya Cynthia Bella, Lyra Virna, Nuri Maulida, dan masih banyak lagi.

Dulu, sekitar tahun 2010 ke bawah, fashion busana muslimah Indonesia seperti stuck di situ-situ saja. Mungkin karena saat itu belum banyak orang Indonesia yang mengenakan hijab ya. Ditambah lagi, saat itu kalangan ibu-ibu paruh baya yang kebanyakan telah berhijab. Sehingga, dulu fashion busana muslim Indonesia terkesan kuno dan identik dengan ibu-ibu paruh baya. Namun, sekarang keadaan berbalik. Dunia fashion muslimah Indonesia berkembang sangat pesat.

Sekarang, tidak hanya kalangan ibu-ibu paruh baya yang menjulurkan kerudungnya ke seluruh tubuh. Banyak juga ibu-ibu muda, remaja, hingga anak-anak yang telah mantap menjalankan syariat Islam. Busana muslimah dan hijab yang semakin beragam juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Semoga, saya dan seluruh saudara muslim saya bisa istiqomah dalam balutan hijab ini. Tidak hanya sekedar mengikuti trend fashion semata, semoga setiap perubahan busana yang kita kenakan mencerminkan perubahan positif dalam diri kita pula. Amin.

Tetap semangat saudari seimanku, jangan bosan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Dan kita doakan bersama semoga saudari kita yang hatinya belum terketuk untuk menjalankan perintah-Nya, untuk segera mendapat hidayah dari Yang Maha Kuasa. Tapi ingat, katanya hidayah itu dijemput, tidak hanya sekedar ditunggu. Dan yang terakhir, semoga kita kelak dijadikan saudari seiman di surga. Amin.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v