5 Kelebihan Olahraga Memanah yang Perlu Kamu Ketahui





Anisa AE - Panahan atau yang dikenal juga dengan sebutan Archery (Bahasa Inggris) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Pada mulanya, panahan telah digunakan untuk berburu sejak 5000 tahun yang lalu. Baru kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan saat ini telah menjadi sebuah olahraga ketepatan.

Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut sebagai pemanah. Di Indonesia sendiri, olahraga memanah mulai dikenal masyarakat secara luas. Atlit panahan Indonesia juga mulai bermunculan. Terbukti dengan adanya atlet panahan Indonesia yang pernah meraih perak di Olimpiade adalah Nurfitriyana SaimanLilies Handayani dan Kusuma Wardhani di bawah bimbingan atlet panahan senior Donald Pandiangan. Saat ini pembibitan atlit panahan juga telah dilakukan sedini mungkin, sama seperti cabang olahraga lainnya.


Seperti olahraga lainnya, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Baik manfaat secara fisik maupun psikis.

Di antaranya adalah :
·         Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
·         Melatih keseimbangan tubuh
·         Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari
·         Membangun kekuatan tubuh
·         Melatih kebugaran
·         Merelaksasi tubuh
·         Melatih kecepatan dan ketepatan
·         Meningkatkan fokus
·         Melatih kesabaran
·         Dan sebagainya







Selain manfaat, berikut adalah kelebihan yang dimiliki olahraga memanah, yaitu :

1.  Bisa Dimainkan Semua Orang

Sama halnya seperti sepak bola, olahraga ini juga bisa dimainkan semua orang. Dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Permainan ini juga bisa dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan lo. Untuk masalah alat? Tidak usah khawatir, kita tidak perlu membeli peralatan panah professional yang pastinya tidak murah ya.

Kita bisa bermain panahan dengan low budget kok. Bahkan kita bisa membuatnya di rumah. Hanya dengan bermodalkan paralon, tali tampar, dan batang pohon pring bisa disulap jadi peralatan memanah lo hehehe. Dan soal tempat memanah gimana? Tenang, sebenarnya gak butuh tempat khusus kok untuk olahraga ini, cuma butuh menginjakkan kaki di bumi Alloh ini hehe.


2. Merupakan Olahraga Sosial

Selain menembakkan anak panah kepada objek diam ataupun bergerak, olahraga ini juga bisa digunakan untuk war lo hehe. Eh, jangan salah sangaka dulu. Maksut saya di sini adalah archery war loh ya, bukan perang betulah. Yang dinamakan archery war adalah, sebuah pertandingan panahan antara 2 tim. Bayangkan saja di sebuah lapangan, ada tim A di sebelah kanan dan tim B di sebelah kiri lapangan.

Kedua tim ini misalkan sama-sama beranggotakan 5 orang. Kedua tim ini memiliki senjata dan benteng bertahanan masing-masing. Enggak usah di bayangin benteng beneran juga, intinya ada tempat buat sembunyi saat di serang lawan hehe. Terus cara mainnya gimana? Ah gampang banget. Kedua tim tersebut cukup menembakkan anak panah kea rah lawan, jika ada lawan yang terkena anak panah tersebut maka dianggan tewas dan harus segera meninggalkan area pertempuran hehe.

Dan cara mengetahui yang menang gimana? Gampang banget, pemenang akan diketahui jika anggotanya mampu mengahbisi lawan hehe. Biasanya kalau hanya untuk bersenang-senang, tidak ada patokan waktu yang digunakan. Tapi tetap ada wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan secara fair play tentunya. Nah di sini kita bisa bermain, bersenang-senang, sambil belajar bersosialisasi dengan teman dan lawan kita. Pasti bakal seru banget deh hehe.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Seorang pemanah membutuhkan rasa percaya diri yang kuat kepada kekuatannya sendiri untuk menaklukan sasasarannya. Apalagi saat melakukan archery war. Rasa percaya diri sangatlah dibutuhkan. Selain percaya kepada tim kita, rasa percaya kepada diri sendiri juga harus ada. Jadi kita berani untuk menyerang ke depan, berani berhadapan dengan musuh secara terang-terangan, tidak hanya berlindung diam di benteng pertahanan, hehehe. Jadi saat peperangan berlangsung kita tidak takut tewas, kita terus berusaha menyerang lawan.


4. Meningkatkan Kecerdasan

Olahraga panahan menuntut ini menuntut kita untuk berpikir juga. Misalnya memperkirakan tentang arah berhembusnya angin dan kekuatan kita untuk menembus sasaran. Selain itu kita harus memikirkan arah lesatan anak panah kita supaya tepat mengenai sasaran. Seperti yang saya bilang tadi, target panahan tidak hanya diam, tapi juga ada yang bergerak.

Selain lurus ke depan, anak panah akan seorang juga bisa melesat membentuk lengkungan lo. Apalagi jika dilakukan oleh seorang professional ya, hehe. Anak panah juga akan melesat sedikit naik lalu turun dengan ketinggian yang bisa diperkirakan. Tapi jangan dipikir terlalu dalam, learning by doing saja, hehe.

 5.  Merupakan Sunnah Rosul
Setiap hari Uqbah bin Amir Al Juhani keluar dan berlatih memanah, kemudian ia meminta Abdullah bin Zaid agar mengikutinya namun sepertinya ia nyaris bosan. Maka Uqbah berkata, “Maukah kamu aku kabarkan sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Ia menjawab, “Mau.” Uqbah berkata, “Saya telah mendengar beliau bersabda:

يُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلَاثَةَ نَفَرٍ الْجَنَّةَ صَاحِبَهُ الَّذِي يَحْتَسِبُ فِي صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالَّذِي يُجَهِّزُ بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِي يَرْمِي بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَالَ ارْمُوا وَارْكَبُوا وَإِنْ تَرْمُوا خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا
Artinya : “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad – 16699)

Sebenarnya masih banyak lagi hadist Rosululloh SAW mengenai olahraga ini, namun hadist di atas merupakan salah satu hadist yang paling sering saya dengar diantara banyak hadist tentang olahraga memanah lainnya.

Jadi bagaimana, berminat untuk olahraga memanah?




Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

38 comments:

  1. Sepertinya asyik sekali ya olahraga memanah ini

    ReplyDelete
  2. memanah bagi bagi saya bukan lagi olah raga, tetapi hoby, selain buat kebugaran memanah bisa buat gengsi lhoo

    ReplyDelete
  3. sampai sekarang aku suka memanah mbak Ae , apa lagi kalau memanah c..i..n..t..a

    ReplyDelete
  4. ternyata soal memanah ada juga Hadist nya....

    ReplyDelete
  5. sebenernya sudah lama pengen belajar memanah, tapi belom sempet dan belum ketemu tempat latihannya

    ReplyDelete
  6. aku pengen deh nyobain olahraga ini, tapi di tempat ku susah nyarinya, kayaknya juga gak ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin sendiri aja alat panahnya mbak hehe

      Delete
  7. aq pengen banget nyoba olahraga memanah ini, apalagi nonton film srikandi, tambah pengen tapi tempat latihan memanah jauh dari rumah, kalau ada kesempatan pingin banget nyobain

    ReplyDelete
  8. mantap kak :D
    saya mau belajar memanah, dimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari informasi di sekitar rumah mbak, barangkali ada kan hehe

      Delete
  9. Mantap kak Annisa,, main olahraga memanah, olahraga memanah kan salah satu kesukaan dan hobi rasullullah selain berenang.. Jadi selain sehat juga dapat pahala ya kak.. Kalau saya jujur blum pernah coba memanah.. Katanya harus butuh extra tenaga yaa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga kok mbak, coba aja dulu pasti nanti ketagihan hehehe

      Delete
  10. minat buat anak-anak ini semoga nanti bisa belajar memanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga bikin anak jadi senang dan sehat

      Delete
  11. aku dah lama banget pengen belajar memanah

    ReplyDelete
  12. Waaah ... aku jadi makin pengin nyobain Jemparingan, memanah traditional ala prajurit Jawa .. setelah membaca artikel ini.

    ReplyDelete
  13. Ke mana sekarang menjadi tren ya dan merupakan olahraga yang disarankan oleh Rasulullah

    ReplyDelete
  14. pengen banget sebenarnya belajar olahraga memanah. tapi di daerah tempatku tinggal nggak ada nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari tau dulu siapa tau ada, atau mau bikin sendiri hehe

      Delete
  15. Olah raga favorit ayah saya nih :D

    ReplyDelete
  16. pernah sekali menarik anak panah di busurnya, ternyata berat juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai alatnya atlit ya berat mbak hehe

      Delete
  17. Pernah nyoba di game sist, jadi job archer hwarang hihi, kalau gk di daampingi bisaa bahaya sih, soalnya jd senjata

    ReplyDelete
  18. saya dari dulu ingin sekali belajar memanah, ditambah lagi di instansi saya juga ada perlombaan memanah, tapi samapai sekarnag belum kesampaian. mungkin saya harus bangun dari awal supaya bisa memanah

    ReplyDelete
  19. Yess archery ini saya pengen melakukan dari dulu tapi belum kesampaian. Jaman Rasulullah olah raga ini menjadi keharusan sebagai ketrampilan selain berkuda dan berenang.

    Coba deh saya pegang busur dan merentangkan terus difoto, keren kali yaa.. hehe.. :).

    ReplyDelete
  20. Wahh mantep banget nih, aku belum pernah nyoba panahan huhuhu pengen banget nyobain juga

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.