10 Tips Memilih Baju Hamil yang Nyaman dan Modis


Anisa AE - Menginjak masa kehamilan yang sudah tua, sekarang ini saya sedang dalam masa bingung-bingungnya mencari baju yang pas. Dikarenakan, hampir semua baju saya yang sehari-hari dipakai, sudah tidak muat. Kecuali baby doll atau gamis yang memang memiliki ukuran longgar.

Jadi ibu hamil memang berat, sekaligus menyenangkan. Beratnya ya ini, mau pakai baju aja bingung cari ukuran yang pas. Karena perut sudah mulai membesar, kalau pakai kaos atau celana yang agak ketat itu bikin nggak nyaman. Apalagi saya yang notabenenya tidak hanya ibu rumah tangga yang duduk diam sambil makan cemilan.

Saya masih harus bekerja mengurusi penerbitan dan juga ngeblog. Jadi, kalau milih baju harus yang bisa dibuat bebas bergerak atau fleksibel. Kenyamanan dari baju juga menjadi pilihan saya saat memilih baju. Percuma kan, sudah beli baju mahal tapi dipakai nggak nyaman.

Kerjaan saya di kantor ngapain aja? Pastinya udah gak ngedit lagi atau ngurusin yang lain karena ada dua karyawan di kantor. Untuk editing, ada 2 editor freelance dan 1 layouter freance juga. Sekarang kerjanya cuma cek saldo rekening, pasin data yang masuk dari CS dengan jumlah transferan. Lanjut belajar bisnis. Iyup, belajar bisnis itu gak ada habisnya. Ada aja bahasan yang membuat kening mengkerut. Untung aja saya selalu siapin camilan di atas meja, soalnya kalau mikir bisnis, bakal menguras pikiran dan tenaga. Bawaannya lapar terus. @hataribiskuit dengan cokelat di antara biskuitnya bisa buat mengganjal perut dan mengembalikan mood. Kamu wajib cobain juga lho. Hatari bisa didapatkan di toko snack favoritmu. #hatarimargarine #hataricokelat #hataribiskuit #hataridh #makanan #makan #snack #indonesia #travel #kuliner #makanansehat #makananenak #snacks #anisae #camilanenak #camilansehat #inihatariku #magerproduktif @diaryhijaber
A post shared by Me and family (@anisa.ae) on


Beli ya? Iya beli, gimana lagi dong, baju yang biasa sudah tak muat. Beli baju pun saya nggak asal beli sembarangan. Dikarenakan ini baju khusus ibu hamil. Belinya juga gak usah maruk yang harus hedon hehe. Beli secukupnya saja, asal bisa dibuat ganti sehari-hari selama masa kehamilan.

Nah, biasanya kan para ibu hamil bingung tuh, gimana sih cara memilih baju khusus untuk ibu hamil yang nyaman?

Berikut ini saya akan memberikan 10 tips dalam memilih baju hamil yang nyaman.

1. Pilih bahan baju yang dingin.
Hal pertama yang harus ibu lakukan sebelum membeli baju hamil adalah menentukan bahan dari baju tersebut. Bahan kain yang dingin adalah anjuran bagi ibu hamil. Kenapa? Karena ibu hamil cenderung mudah lelah dan berkeringat.

Apabila memakai baju dengan kain dingin, bisa membantu untuk mengurangi efek gerah pada ibu hamil. Kan gak lucu sudah cuaca bikin gerah tapi pakainya berbahan bulu tebal seperti selimut. Bisa makin keringetan dan bikin nggak nyaman.

2. Tentukan ukuran yang longgar.
Selain menentukan bahan yang dingin, ukuran juga harus diperhitungkan saat hendak membeli baju hamil. Jangan menganggap ibu hamil masih berbadan langsing lantas memilih baju dengan ukuran ketat super seksi. Mubadzir nantinya.

Ingat, perut ibu hamil seperti saya sekarang sudah tidak masuk dalam kategori size ketat nan sexy. Pilih ukuran yang sekiranya tidak sesak saat dipakai. Bisa beli dua kali ukuran dari baju biasanya. Bukan berarti ibu hamil hanya boleh pakai daster dan gamis saja yaa.

Pakai kaos juga bisa lho, asal ukurannya dua kali dari ukuran badan normal. Ya karena ada perut yang harus diberi ruang, biar gak sesak. Intinya pilih baju yang longgar saat dipakai.



3. Hamil tetap modis.
Nih yang saya bilang, kenapa ibu hamil nggak harus pakai daster doang. Karena selama hamil tidak membatasi ibu untuk tetap tampil modis. Apalagi yang ibu hamil yang banyak acara. Maksudnya kumpul bareng teman arisan atau ada acara di luar rumah.

Masak mau pakai daster tuk keluar bareng teman arisan? Nggak lah, hehe. Jadi, ibu hamil juga harus menentukan motif atau model baju hamil yang modis. Sekarang ini sudah banyak desainer khusus yang merancang baju super modis untuk ibu hamil. Selain modis, tetapi tetap nyaman dipakai ibu hamil.

4. Menentukan budget.
Point penting dalam membeli suatu barang tak luput dari yang namanya ketersediaan budget. Sama halnya kalau ibu mau beli baju hamil. Punya budget kisaran berapa untuk membeli baju hamil. Biasanya, harga membawa rupa, itu sih pepatahnya.

Kalau baju hamil yang memiliki kualitas bagus, model yang trendy, juga bahan yang nyaman. Biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Hal tersebut sebanding dengan kenyamanan baju saat dipakai. Bukannya yang dibutuhkan adalah kenyamanan?

Nah, daripada membeli baju yang punya harga grosir, tapi mudah sobek sekali cuci atau nggak nyaman saat dipakai. Mending beli baju yang punya harga sedikit premium, tetapi nyaman dan tentunya awet.

5. Membeli baju untuk dua kepentingan.
Seperti yang sudah saya bilang tadi, baju hamil itu banyak modelnya untuk saat ini. Ibu bisa menentukan sebelum beli baju, pilih model yang bisa digunakan untuk di rumah dan yang khusus untuk bepergian.

Kalau digunakan di rumah, mungkin nggak usah terlalu yang mewah gitu ya. Modelan kayak daster atau babydoll gitu kan bisa dipakai di rumah asal bahannya nyaman. Kalau untuk bepergian, bisa pilih baju hamil yang punya style lebih modis.

Seperti longdress khusus ibu hamil itu bisa dipakai untuk bepergian, gamis juga bisa. Intinya harus menentukan baju yang tepat untuk dua kondisi yang berbeda.



6. Tentukan warna yang tepat.
Warna juga harus diperhatikan tuk beli baju khusus ibu hamil. Warna baju yang tepat itu bisa membangkitkan semangat dan membuat suasana hati ibu hamil jadi lebih baik. Beli sesuai dengan warna kesukaan, jangan hanya ikut-ikutan beli baju dengan warna yang sedang ngetrend.

Selain membuat suasana hati jadi lebih baik, pemilihan warna yang tepat bisa membuat ibu hamil jadi lebih tampil percaya diri. Oleh karena itu, tentukan warna yang tepat sebelum membeli baju hamil yaa.

7. Cari baju hamil yang multifungsi.
Nah, ini nih yang harus diperhatikan juga saat membeli baju hamil. Bisa pilih baju hamil yang memiliki dua fungsi, bukan hanya bisa digunakan saat hamil, tapi bisa gunakan saat menyusui nantinya.

Sekarang sudah banyak baju yang didesain untuk memudahkan ibu dalam menyusui. Bukan hanya multifungsi, tetapi juga menghemat pengeluaran, hehe. Kan enak tuh, baju hamil yang bisa dipakai saat menyusui. Jadi nggak perlu repot nantinya beli baju khusus untuk menyusui.

8. Ibu hamil juga boleh pakai celana.
Kata siapa ibu hamil harus pakai rok terus, gamis atau dress. Nyatanya ibu hamil juga masih bisa tetap modis tampil menggunakan celana yang memang khusus untuk ibu hamil. Bosan kalau selama kehamilan pakai modelan rok terus, ya nggak?

Sekarang sudah banyak celana khusus ibu hamil. Bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk poin penting jangan lupakan soal ukuran. Bisanya celana ibu hamil itu memiliki ukuran sesuai dengan usia kehamilan.

Bisa mulai investasi celana hamil saat kandungan sudah agak besar, kalau masih kecil sih pakai celana biasa juga masih muat. Asal jangan pakai celana bahan jeans saja yaa, nggak baik buat kehamilan.



9. Pilih baju sesuai usia kandungan.
Untuk menghemat pengeluaran, saran saya beli baju hamil saat usia kandungan sudah besar dan ukuran baju sudah tak muat lagi. Kalau masih muat pakai baju lama, ya nggak usah beli dulu.

Pakai kaos juga bisa tuh kalau kandungan belum menginjak usia tua. Perut belum terlalu membuncit. Jadi ibu harus pintar memanage keuangan, beli baju hamil sesuai dengan usia kandungan.

10. Pakai Aksesories.
Yang terakhir bisa menjadi poin tambahan untu ibu hamil. Selain pakai baju yang modis, bisa juga menambahkan aksesoris untuk menambah kesan anggun. Nggak usah yang terlalu ramai juga sih, soalnya risih kalau pakai banyak perintilan gitu yaa.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam memilih baju untuk ibu hamil yang nyaman tapi tetap modis. Ini based dari pengalaman saya sendiri ya. Jadi saya sudah menerapkan ke-10 tips di atas sebelum saya membeli baju hamil.

Kebetulan sekali kemarin saya baru cobain baju hamil super nyaman dari Mooimom. Yaitu One Piece Side Still Long Sleeves Nursing Dress Hamil dan Menyusui. Baju hamil yang mempunyai bahan dingin dan nyaman saat dipakai. Suka banget sama bahannya yang adem, seriusan. Bahan dari dress yang memiliki potongan di bagian sisi dada ini 95% cotton dan 5% spandex. Baju berbahan cotton cenderung menyerap keringat dan tidak membuat gerah.


Selain itu baju hamil dari Mooimon ini juga multifungsi seperti yang saya pointkan dalam tips di atas. Baju hamil dengan model dress ¾ ini bisa digunakan pada masa kehamilan dan saat ibu menyusui. Hal itu sudah tertera dalam nama dressnya yaitu dress hamil dan menyusui.

Alhamdulillah sudah masuk 7 bulan. Perkiraan dokter kandungan dulu sih pas tanggal 28 Oktober, tapi semua bisa maju atau mundur tergantung keadaan janinnya nanti. Makin cantik dan gemuk ya? Hihihi. Alhamdulillah berat badan sekarang menjadi 63.5kg. Untuk mendukung segala aktivitas, pasti saya memilih bahan yang nyaman untuk digunakan. Apalagi sebagai blogger dan owner penerbitan yang pastinya banyak tuntutan. Belum lagi saat hadir dalam acara-acara tertentu. Demi menjaga kenyamanan, saya memilih menggunakan baju hamil dan menyusui dari @mooimom.id Kenapa saya pilih ini? Bajunya multifungsi banget. Tidak hanya bisa digunakan saat hamil, tapi juga bisa digunakan saat menyusui nanti. Ada lubang yang bisa memudahkan ibu macam saya untuk menyusui, tanpa membuat baju jadi molor. Warnanya juga gak gampang kelihatan kotor, tahu banget kan gimana aktivitas emak jika sudah berhubungan dengan anak-anak? Heheh. Ada dua saku di samping kiri kanan untuk menyimpan uang ataupun hape kesayangan. Karena ini modelnya all size, jadi dilengkapi dengan tali bagian belakang yang bisa diatur sedemikian rupa untuk ibu yang langsing. Bajunya bisa digunakan dengan kerudung, panjangnya masih di bawah lutut. Tergantung tinggi badan juga sih. Hm, soal kain, adem dan lembut banget. Dijamin gak bikin gerah karena bahannya memang pilihan buat mendukung masa kehamilan dan menyusui para ibu. Mau cobain juga? #mymooimom #anisae #anisaedotcom #tipshamil #bajuhamil #bajumenyusui #bajuhamildanmenyusuikualitassuper #bajuhamildanmenyusuimooimom #mooimomindonesia #mooimommaternity #mooimom
A post shared by Me and family (@anisa.ae) on


Desainnya simple dan ada pembuka di bagian sisi dada untuk memudahkan ibu saat menyusui. Jadi nggak usah lepas kancing segala atau buka baju ke atas untuk menyusui. Apalagi kalau di tempat umum, biasanya bingung tuh mau menyusui ribet buka baju dan nggak enak dilihat banyak orang. Jangan lupakan jika dress hamil dan menyusui dari Mooimom ini adalah long sleeves, jadi bisa digunakan untuk ibu hamil yang berhijab ataupun tidak. 

Pakai dress baju hamil dari Mooimom ini tinggal menyibak bagian samping dada, menyusui bisa lebih tenang tanpa takut dilihat banyak orang. Kebetulan saya dapat yang warna navy, pas bangetlah bikin tambah adem pakai baju warna gelap gini, hehe.



Di bagian kanan kiri dress juga terdapat saku. Bisa buat naro tangan kalau dingin, hehehe. Baju ini dilengkapi dengan tali belakang yang bisa dilepas dan pasang sesuai keinginan. Intinya saya suka banget sama dress hamil dari Mooimom ini. Bisa dipakai sampai saya menyusui nanti. Oh iya, buat yang pingin kepoin baju hamil dan menyusui dari Mooimom yang lain, bisa kunjungi FB Mooimom IndonesiaYoutube Mooimom, dan juga IG dari Mooimom.

Semoga tips di atas bisa membantu para ibu yang sedang dilema mencari baju hamil yang nyaman tetapi tetap trendy dan modis. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

Sumber gambar : Mooimom Indonesia

35 comments:

  1. skrg udah enak, nyari baju hamil sangat mudah, dulu waktu saya hamil, agak susah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sekarang juga sudah banyak yang jual baju khusus ibu hamil :)

      Delete
  2. wahhh... bisa jadi ilmu nih buat laki-laki, beli baju hamil buat istri biar tambah di sayang...

    ReplyDelete
  3. Iya baju hamil sekarang biasanya multifungsi jg bs utk menyusui

    ReplyDelete
  4. Hihi aku salah satu penyuka dress hamil mooimom kak aannisa.. semenjak hamil, beli koleksi untuk ibu hamil selalu beli disana, soalnya baju2nya bagus dan bener2 busui friendly. Jadi ga hanya bisa dipake buat bumil aja, tapi buat busui juga bisa ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mbak:) saat lagi hamil memang harus tepat dalam memilih pakaian seperti dress hamil mooimom. selain bajunya bisa buat ibu hamil juga bisa untuk ibu menyusui :)

      Delete
  5. sekarang baju hamil banyak yang modis, dan lagi jamannya pakai gamis syari jadi kayaknya lebih mudah deh

    ReplyDelete
  6. Aku juga lebih suka pakai celana pas hamil ini, karna kalau pakai gamis juga dalemannya musti pake celana, hehe. Nice tips Mba :)

    ReplyDelete
  7. Tentukan ukuran yang longgar ini harus menjadi prioritas. Jangan yang ketat-ketat, kasihan jabang bayikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget kak. Sebagai ibu hamil memang harus memikirkan kenyamanan untuk calon bayinya juga :)

      Delete
  8. Bagus banget yah mbak bajunya
    Multifungsi banget juga xixiix

    ReplyDelete
  9. Itu yang dipakai mbak anis bikin langsing deh. Hehe.. Maklim saya tuh kalau hamil pasti milih yg gak bikin badan kliatan ndut. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh sama mba:) udah naluri perempuan ingin kelihatan langsing :)) heheh

      Delete
  10. Aku suka deh klo liat bumil modis
    Gemes aja gitu. Keliatan cerah dan segar jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun lagi hamil harus kelihatan cerah dan cantik dong:) heheh

      Delete
  11. Jadi makin ngebet pengem hamil lagi, siapa tau bisa nyobain dress bumilnya mooimom hehe

    ReplyDelete
  12. Bhahahaha.... Istriku malah udah mau lahiran. Nyarinya baju ibu menyusui dah

    ReplyDelete
  13. Praktis ya sudah sekalian bisa untuk menyusui, gak ribet lagi buka kancing. Manis-manis model bajunya

    ReplyDelete
  14. model baju hamil dan menyusuinya cakep-cakep ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba:) nyaman juga dipakai ...

      Delete
  15. Selamat menanti kelahiran buah hati ya mbak. Semoga diparingi gangsar.

    Bener mbak, pas sudah hamil tua tuh temannya daster lagi daster lagi. Ga modis blas. Nah kalo ada yang cakep kayak punya mbak Nisa nih asyik. Bisa dipake dolan plus sampe nyusuin nanti ya.

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.