10 Tips Nyaman Selama Kehamilan


Anisa AE - Alhamdulillah, saat ini kehamilan saya sudah memasuki usia 8 bulan. Tendangan si kecil makin terasa, tidak hanya itu, aktivitas saya makin terhambat. Dengan perut yang lumayan besar ini, saya jadi tidak bisa bebas bergerak.

Memang kehamilan merupakan hal yang didambakan oleh pasangan yang telah menikah. Selama masa-masa kehamilan, perubahan fisik pada sang calon ibu akan sangat terlihat. Bentuk perut yang semakin lama semakin besar akan membuat ibu merasa tidak nyaman, terutama saat sedang memakai pakaian lama sebelum hamil. Hamil akan membuat perempuan menjadi malas dalam melakukan suatu kegiatan. Seperti saya saat ini.

Banyak hal yang membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman seperti mudah berkeringat, sering bersendawa, sering buang air kecil dan lainnya. Dengan beberapa hal tersebut, ibu akan menjadi tidak nyaman apalagi jika sedang di tempat umum. Dari semua hal itu, yang paling membuat tidak nyaman yaitu urusan pakaian. Saya sendiri selama kehamilan ini, pakaian yang dulu sebelum kehamilan muat bahkan longgar sekarang tidak muat, apalagi bagian perut.

Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali produk-produk khusus ibu hamil. Mulai dari pakaian, peralatan ibu hamil, minuman khusus ibu hamil, bahkan makanan ibu hamil juga sudah tersedia dengan lengkap. Semua itu telah dibuat khusus agar ibu hamil dapat merasa nyaman selama kehamilan berlangsung. Selama 9 bulan ibu mengandung bayi yang pastinya akan sering mengalami ketidaknyaman. Nah, berikut ini 10 tips agar nyaman selama kehamilan berlangsung.



1. Melakukan olahraga
Biasanya selama kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi malas melakukan pekerjaan. Sebenarnya, dengan sering melakukan olahraga, akan membantu melancarkan ibu saat melahirkan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jalan-jalan saja pada pagi dan sore hari sekitar 15 menit. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga di rumah, seperti nyapu atau ngepel juga termasuk olahraga saat sedang hamil, dapat memperkuat otot-otot dan melancarkan darah. Sekarang ini juga sudah banyak kelas olahraga khusus ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga bisa memeriksakan ke dokter tentang olahraga apa yang cocok dilakukan selama kehamilan. Saya sebulan sekali ikut kelas ibu hamil di klinik langganan, pada tiap awal minggu.  

2. Melakukan relaksasi
Melakukan relasasi saat masa kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi nyaman dan bisa menghilangkan strees. Menurut para aromaterapi, dengan relaksasi akan merangsang saraf penciuman yang akan mengaktifkan pusat emosi di otak. Cara melakukan relaksasi yaitu dengan latihan tarik nafas dengan benar. Dengan melaksanakan relaksasi akan menciptakan suasana yang tenang, membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang, menjalin ikatan mendalam dengan jabang bayi dan masih banyak lagi. 

Relaksasi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan yoga. Saat masa kehamilan, ibu akan mengalami sakit pinggang yang akan membuat ibu menjadi tidak nyaman. Nah, dengan melakukan relaksasi akan mengurangi rasa sakit pinggang yang dialami ibu hamil. Biasanya saya tidak yoga, saat kelas ibu hamil, diajari bagaimana melakukan relaksasi sendiri. Hm, mirip yoga gitu duduknya, terus tarik napas panjang dan dikeluarkan.


3. Perawatan kulit
Saat sedang hamil, ibu akan mengabaikan masalah yang satu ini. Mungkin faktor malas juga bisa membuat ibu hamil mengabaikannya. Kulit akan menjadi lebih usang sehingga membuat ibu hamil tidak percaya diri saat tampil di depan umum. Sempatkan waktu untuk merawat kulit. Khususnya pada bagian perut yang biasanya akan timbul stretch mark. Tidak perlu melakukan perawatan kulit yang mahal-mahal, cukup gunakan lotion khusus untuk stretch mark dan pastikan aman digunakan untuk ibu hamil.

Biasanya soal perawatan kulit ini juga dikaitkan dengan jenis kelamin calon bayi. Katanya sih, kalau sudah tidak mau merawat kulit, bisa jadi anaknya nanti laki-laki. Tapi gak juga sih, soalny pas hamil anak pertama dan kedua, saya jarang sekali make up, tapi nyatanya juga yang keluar cewek. 

4. Memilih dan memakai pakaian dalam khusus
Nah, selama masa kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi lebih terlihat gemuk. Untuk mengatasinya, kita dapat memilih dan memakai bra dan celana dalam yang tepat sehingga akan membuat kita terlihat lebih langsing dan seksi. Selama kehamilan, akan membuat payudara ibu hamil lebih besar, gunakan bra dan celana dalam yang khusus untuk ibu hamil yang akan membuat kita lebih terlihat percaya diri. 

Saat baru memasuki kehamilan awal, kita tidak perlu memakai celana dalam yang khusus. Namun saat kehamilan menginjak usia 4 bulan gunakan celana dalam khusus ibu hamil yang berbahan halus, sehingga akan menghindari terjadinya infeksi jamur. Gunakan celana dalam yang karetnya tidak akan menekan perut, pinggang dan lingkar paha.



5. Pakailah baju yang di atas ukuran biasanya
Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat saat hamil. Sekarang ini telah banyak sekali pakaian khusus ibu hamil. Pastikan kita juga nyaman saat memakainya. Beberapa pakaian khusus ibu hamil yang nyaman digunakan seperti atasan dengan ikatan tali di belakang atau maxi dress. Selain untuk gaya, kita pun akan nyaman untuk mengenakannya. Jika ibu hamil memakai pakaian yang ketat akan membuat sirkulasi udara dalam kulit menjadi berkurang.

Di rumah, saya biasanya memakai babydoll dengan satu ukuran di atas ukuran biasanya. Saat hamil, babydoll memang menjadi pilihan terbaik, wkwkwk. Tapi kalau keluar rumah, pastikan memakai baju khusus ibu hamil atau yang longgar ya.

6. Menjauhi hal-hal yang berbau
Awal kehamilan, wanita akan mengalami mual-mual. Hal inilah yang menjadi masa-masa sulit saat sedang hamil dikarenakan ibu hamil lebih sensitif pada segala hal yang berbau. Agar merasa nyaman, hindari benda-benda yang berbau tak sedap di sekitarnya. Jangan memakai pengharum secara berlebihan disekitar ibu hamil. Untuk barang-barang yang menimbulkan bau, sebaiknya diganti seminggu sekali seperti sprai kasur, makanan, ataupun barang-barang yang lainnya. Dengan begitu ibu hamil akan merasa lebih nyaman dalam masa kehamilan.

Saya saja saat hamil trimester pertama, bisa dipastikan sering ke kamar mandi saat pagi hari maupun malam hari. Kehamilan trimester tiga ini, memang sudah sedikit berkurang, tapi jika ada sedikit bau tidak sedap, bisa dipastikan saya akan mual dan muntah.



7. Hindari hewan
Ibu hamil sangat rentan tertular penyakit dan terserang virus termasuk hewan peliharaan. Penyakit yang sering menular ibu hamil ialah toksoplasma. Penyakit yang satu ini sangat berbahaya terhadap janin dalam rahim dan dapat menimbulkan kematian. Jika memungkinkan hindari memelihara hewan seperti kucing maupun anjing.

Jika berat untuk meninggalkan hewan peliharaan kita, sebaiknya cukup menjauhinya saja. Letakkan di kandangnya dan bersihkan secara rutin. Batasi agar hewan-hewan tersebut tidak dalam satu ruangan yang sama dengan ibu hamil. Jauhi juga tempat makannya dan tempat mereka buang air besar. Lakukan pembersihan itu secara rutin. Dengan sering melakukannya, ibu hamil akan lebih nyaman dan pastinya terlindungi dari virus.

Jangan lupa vaksin hewan peliharaan ya, biar mereka tidak sakit dan menular pada kita.

8. Pastikan sirkulasi udara lancar
Selain sensitif terhadap bau, ibu hamil akan sering mual-mual atau morning sickness. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan membuat sirkulasi udara yang lancar dan baik khususnya tempat-tempat yang sering didiaminya, seperti kamar tidur maupun ruang tamu. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lancar lebih baik membuka jendela lebar-lebar dan jangan selalu menggunakan AC, sehingga ibu hamil akan merasa lebih segar. Hindari juga tempat-tempat yang dapat menimbulkan sesak nafas seperti gudang yang memiliki banyak debu.

Saya pernah nih nangis bombay karena kamar pengap. Ya saat itu kamar saya berada di tengah-tengah, sebelah kamar yang dulunya halaman, dibangun kos-kosan sama Abah. Jadinya jendela kamar tidak pernah dibuka. Pas hamil anak kedua itu, saya nangis agar kamar kos dibongkar, kalau tidak dibongkar, saya bakal cari kos atau kontrakan. 

Ya ampun, lebay banget ya? Padahal memang emosi ibu hamil itu tidak bisa ditebak.

9. Hindari tempat yang berantakan
Ada studi yang menyebutkan bahwa tempat yang berantakan berhubungan dengan naiknya tingkat stress seseorang. Untuk itu hindari ibu hamil dari stress yang dapat membahayakan janin. Selalu jaga tempat tidur ibu hamil selalu rapi dan bersih. Jika banyak barang yang berantakan, ibu hamil bisa tersandung dan akhirnya jatuh. Hal tersebut otomatis akan membahayakan janin. Pastikan rumah dalam keadaan yang rapi sehingga ibu hamil akan nyaman begitu juga dengan anak yang dikandungnya.

Kata dokter, perempuan lagi. Alhamdulillah tinggal menunggu 2 bulan lagi. Rasanya deg-deg ser gitu deh, soalnya bakal dioperasi lagi, dan ini adalah kali ketiga saya akan menjalani operasi. Saat konsultasi dengan dokter kandungan, saya tanya soal steril. Ya, memang sama dokter tidak boleh hamil lagi, mengingat resiko yang lebih besar dari operasi-operasi sebelumnya. Itu yang bikin saya makin deg-deg. Apalagi saat diberi tahu hasil USG bahwa anak saya nanti perempuan. Hm, jadi perempuan semua deh. Tapi, apa pun yang terjadi, insyaallah saya siap menjalankan semuanya. Menyiapkan yang terbaik untuk Michan, Machin, dan calon adiknya. Berbagai persiapan pun saya lakukan, termasuk saat hamil seperti ini, memilih pakaian dalam adalah prioritas. Kebayang kan saat hamil, perut membesar dan celana dalam tidak cukup. Untungnya ada celana dalam khusus ibu hamil dari @mooimom.id dan untuk bra menyusui pun juga sudah ada. Tidak hanya itu, ada pula tank top untuk menyusui yang pastinya akan memudahkan saya sebagai ibu nanti. :) Bismillah, semoga diberi kelancaran saat operasi nanti. Aamiin. #mymooimom #celanadalamhamil #celanadalamhamilnyaman #celanadalamhamiltua #anisae #anisaedotcom
A post shared by Me and family (@anisa.ae) on


10. Mandi air hangat
Ibu hamil akan lebih relax jika mandi menggunakan air hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat akan membuat ibu menjadi lebih nyaman begitu pula janinnya. Lakukan mandi air hangat sebelum tidur, maka akan membuat tubuh ibu menjadi lebih segar. Sehingga akan membuat ibu menjadi lebih nyaman dan nyenyak. 

Tapi kebanyakan sih pro dan kontra saat mandi di malam hari. Bisa mandi air hangatnya sebelum tidur siang saja.

Btw, ngomong-ngomong soal 'dalaman' ibu hamil, saya mau sedikit berbagi cerita. 

Ya kan di tempat saya itu bukan termasuk kota, masih termasuk kabupaten. Jadi, saat mencari dalaman ibu hamil pun susahnya minta ampun. Banyak sih dalaman biasa, yang akhirnya menjadi pilihan terakhir, tentunya dengan ukuran lebih besar dari biasanya. Itu pun saya harus pilih-pilih yang kainnya bisa melar gitu.

Akhirnya, saya menemukan celana dalam berbahan nylon yang cocok untuk ibu hamil di MOOIMOM, salah satu brand yang memang khusus menjual produk untuk ibu hamil dan menyusui. Dalam produk maternity dan nursing bra ini, banyak pilihan bentuk dan warna yang pastinya akan memanjakan pada ibu hamil, khususnya saya.

Dengan cepat, pilihan saya jatuh pada 3 in 1 Seamless Set Bra & Baju Hamil Menyusui yang berwarna hitam. Selain hitam itu tidak gampang kotor, juga merasa bakal cocok dengan kulit sawo matang saya. 


Untuk branya, tidak ada kawat yang akan membuat payudara ibu hamil jadi tertekan, apalagi saat hamil, payudara pun ikut membesar. Desainnya pun lebih membentuk dan terasa nyaman saat digunakan. Pastinya desainnya ini bisa saya gunakan saat menyusui nanti karena terdapat bukaan yang sangat pas untuk busui nanti. Bahannya juga elastis dan mempunyai sirkulasi udara yang baik karena terbuat dari 90% nylon dan 10% spandex, sedangkan innernya terbuat dari 100% polyester. Jadi, saat menyusui, tidak perlu beli bra lagi kan ya? Lebih hemat. 

Untuk celana dalamnya, selain bahannya elastis, bagian perutnya juga lebar. Cocok banget buat ibu hamil yang perutnya akan selalu membesar seiring dengan pertumbuhan janin. Bahannya yang dari katun mempunyai sirkulasi udara tinggi. Celana dalam ini sangat pas saat saya gunakan, melarnya itu gak bikin sesak dan tidak menekan perut. 

Nah, satu lagi buat tank topnya, cocok banget buat saya saat sudah lahiran nanti. Perpaduan antara bra menyusui dan pakaian dalam yang bakal membuat perut ibu terasa hangat. Bahannya dari 93% cotton dan 7% spandex. Branya pun bisa dibuka tutup dengan mudah, tanpa kawat. Desainnya elastis juga dan memanjakan banget buat para ibu menyusui. Ah, makin jatuh cinta deh sama produknya Mooimom.

Oh iya, yang kepo produk lainnya, bisa intip juga di FB Mooimom, IG Mooimom, dan juga Youtube-nya Mooimom deh.

Gimana? Itu 10 tips nyaman selama kehamilan. Kalau ibunya nyaman, janin yang dikandung juga akan merasa nyaman. Hindari stress yang berlebih untuk ibu hamil, karena dapat membahayakan bayi yang dikandungnya juga. Nah, buat bapak-bapak yang kebetulan baca tulisan ini, cinta banget sama istri dan calon anaknya, dalaman ini saya rekomendasikan lho. Soalnya bakal bikin calon ibu terasa nyaman selama masa kehamilan. See you on next tips yaaa.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

23 comments:

  1. eh mba aku mau nimbrung soal tokso, jadi aku dikasi tau kalo misalnya bakteri tokso yang paling banyak itu dari kotoran hewan yang mengering dan debunya kebawa angin, jadi selain harus bersih-bersih kandang hewan peliharaan juga harus bersihin makanan tiap beli dari pasar karena kita nggak tau itu makanan udah terpapar apa aja hehehe

    ReplyDelete
  2. Tendangan si kecil makin terasa,? wah berarti sikecil sehat tuh Mbak, mudah-mudah nanti proses persalinanya diberi kemudahan cepat dan IBU dan BAYINYA selamat ini terpenting , amin...!

    ReplyDelete
  3. Olah raga teratur minimal jalan jalan santai di pagi hari akan membantu membuat relaksasi otot otot selama kehamilan Mbak ? gak usah memaksa atau berjalan terlalu jauh, ntar kalau terlalu jauh malah kecapean lhoo..

    ReplyDelete
  4. Menjauhi hal-hal yang berbau ya...menjauhi hal-hal yang berbau atau benda yang memiliki bau menyengat, jika tidak , maka akan berpengaruh dengan fungsi pencernaan yang menyebabkan seorang ibu jamil jadi suka muntah muntah

    ReplyDelete
  5. ibu hamil baju yang paling pas yaitu daster....iya kan ...lha wong saya nggak pernah hamil tapi istri saya pernah dua kali hamil....kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daster memang pakaian favorite ibu hamil:) heheh

      Delete
  6. yang terakhir, agar terasa nyaman saat kehamilan ...ini penting banget lho menurut istri saya, katanya tidak boleh jauh jauh dengan suami...kok bisa begitu ya mbak...kenapa coba ?

    ReplyDelete
  7. Memilih dan memakai pakain dalam khusus, ah jika nanti punya istri mau saya terapkan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya membacanya terlalu meresapi, biar calon pacar saya saja yang membacanya.

      Delete
  8. kak mau tanya. temen sekantor ku tu ada yang hamil, semenjak dia hamil usia 6 bulan wajahnya jadi banyak jerawat yang timbul di wajahnya.. kata dokter karena peningkatan hormon tertentu.. semenjak itu teman saya jadi gk PD bertemu orang.. bagaimana menurut kaka.. pakaian apa yang bisa menunjang PD dari sahabat saya? apakah pake cadar bisa jadi solusi?

    ReplyDelete
  9. betul juga..

    masa kehamilan perlukan tips tersebut agar lebih terasa selesa sepanjang hari..

    apa-apapun ia dalah lumrah yang semua dilalui oleh kaum isteri dumuka bumi ini

    ReplyDelete
  10. Aih, tempat berantakan juga berpengaruh ya buat ibu hamil.
    Ku baru tahu hmmm

    ReplyDelete
  11. Semoga nanti mbak Anisa diberi kesehatan kelancaran dan kemudahan saat melahirkan. Amin.

    ReplyDelete
  12. Pas hamil aku paling ga nyamannya karena sering kebelet pipis..
    Dulu blm kenal sama produk moimoom ini... Masih pke celana/bra biasa..cuma nyari yang ukuran gede.
    Sekarang, produk hamil yang memikirkan kenyamanan wanita banyak...

    ReplyDelete
  13. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.