4 Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark







Anisa AE - Stretch mark merupakan garis-garis yang terlihat jelas pada permukaan kulit. Setiap orang terutama wanita pasti tidak percaya diri jika terdapat stretch mark pada kulitnya. Apalagi jika bagian tersebut terbuka dan dapat dilihat orang seperti di area betis.

Pada umumnya stretch mark muncul di bagian perut, paha, payudara, lengan atas dan juga pinggul. Stretch Mark bisa menyebar luas dan menutupi area kulit juga. Faktor utama munculnya stretch mark yaitu kehamilan. Namun, selain kehamilan faktor juga bisa menjadi munculnya stretch mark seperti kenaikan dan penurunan berat badan secara singkat, perubahan fisik, stress, kekurangan nutrisi dan masih banyak lagi. Stretch mark sebanarnya muncul pada bagian dermis atau lapisan tengah kulit.

Stretch mark sendiri sebenarnya terjadi akibat peregangan kulit secara berlebihan. Namun, ternyata stretch mark bisa muncul akibat mengonsumsi obat dengan steroid tinggi. Stretch mark muncul 90% saat wanita sedang hamil. Untuk itu tidak heran jika hampir setiap ibu yang sedang hamil akan muncul stretch mark.

Stretch mark ini tidak bahaya untuk kesehatan, dan sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan medis. Walaupun sekarang ini sudah banyak produk-produk untuk menghilangkan stretch mark alangkah baiknya jika lebih menggunakan bahan alami yang tidak ada efek samping nya. Nah, berikut ini 4 cara alami menghilangkan stretch mark :



1. Minyak Jarak

Minyak jarak ini memang dipercaya untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, noda hitam, tahi lalat, dan garis halus maupun bekas jerawat. Ternyata selain itu, minyak jarak ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Sebenarnya minyak jarak juga sudah terkenal sejak zaman dahulu. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak jarak ini antara lain vitamin A, D, dan juga E yang dipercaya mampu menghilangkan guratan putih dan merah yang ada pada bagian paha.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Siapkan minyak jarak secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Oleskan minyak jarak tersebut pada area yang terdapat stretch mark serta berikan pijatan pada area tersebut dengan gerakan memutar selama 5 sampai dengan 10 menit. Lalu bungkus area stretch mark dengan kain tipis. Panaskan area tersebut dengan menggunakan botol yang telah diisi air hangat selama kurang lebih setengah jam. Lakukan perawatan ini selama kurang lebih sebulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ada sebaiknya jika kalian juga mencapurkan minyak jarak satu sendok dengan satu sendok madu pada bagian yang ada stretch marknya.


2. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah terkenal dengan sejuta manfaatnya. Manfaat lidah buaya biasanya untuk perawatan rambut, dan ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Lidah buaya sendiri merupakan produk rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark. Tanaman yang satu ini juga terkenal dapat menyembuhkan kulit dan digunakan orang untuk mengobati luka bakar akibat sengatan sinar matahari. Dengan menggunakan gel lidah buaya secara terus-menerus dapat membantu kulit kalian menjadi lebih kenyal dan secara perlahan juga dapat menghilangkan dan juga mengurangi stretch mark. Cara menggunakan dan juga mendapatkan lidah buaya tidak sulit.

Cara menggunakannya :
1. Siapkan satu tangkai lidah buaya
2. Kupas lidah buaya menjadi dua belah lalu ambil gelnya saja.
3. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada area yang terdapat stretch mark-nya.
4. Agar gel dapat meresap lebih optimal, berikan pijatan secara lembut selama 10 menit lalu kalian dapat mendiamkannya selama kurang lebih 45 menit.
5. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bersihkan dengan menggunakan air bersih.
6. Lakukan secara 2 sampai 3 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.



3. Putih telur
Walaupun agak amis, tapi demi menghilangkan stretch mark tidak ada salahnya menggunakan putih telur bukan? Cara yang satu memang sudah cukup terkenal. Jika kalian telah memutuskan untuk menggunakan putih telur untuk menghilangkan stretch mark karena tetangga ataupun teman kalian pernah melakukannya dan mendapatkan hasil yang cukup cepat maka kalian harus mengingat bahwa untuk perihal kecepatannya berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Misalnya teman kalian mendapatkan hasilnya sekitar 5 bulan, jika kalian mendapatkan hasil sekitar 12 bulan maka tidak perlu terkejut. Seperti yang saya bilang, hasil pada setia orang berbeda. Kalian juga dapat mengkombinasikannya dengan susu.

Cara menggunakannya :
1. Siapkan satu butir telur dan juga susu
2. Campur susu dan putih telur sampai tercampur rata.
3. Bagi kalian yang tidak tahan dengan bau putih telur dan juga susu, kalian dapat menambahkan vitamin E atau minyak lavender agar baunya menjadi harum.
4. Lalu kalian dapat mengoleskan campuran susu dan putih telur pada area yang terdapat stretch marknya.
5. Diamkan seitar 20 sampai dengan 30 menit lalu kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
6. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan




Selain cara di atas, ternyata juga dapat menggunakan cara lainnya :
1. Siapkan telur, terserah bisa dengan menggunakan telur ayam maupun telur bebek.
2. Pecahkan telur tersebut dan pisahkan antara putih dan kuningnya. Ambil putih telurnya saja lalu kocok sampai mengeluarkan busa atau buih.
3. Oleskan pada bagian yang terdapat stretch mark nya lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Setelah 30 menit bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.


4. Kentang

Kentang ternyata yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Tanaman ubi-ubian ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Kalian pasti tidak akan mengira bahwa kentang juga memiliki kandungan sari dan kelembapan. Sari yang dikeluarkan setelah dipotong juga memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang penting. Nutrisi ini dapat membantu memulihkan dan juga memacu pertumbuhan sel kulit kalian. Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotic alami yang dapat membantu regenerasi kulit. Anti-oksida yang ada pada kentang ini juga dapat menghilangkan stretch mark.

Cara menggunakannya :
1. Siapkan kentang sesuai dengan kebutuhan saja
2. Potong kentang ukuran yang sedang menjadi irisan yang tebal
3. Usap dengan lembut irisan kentang tersebut pada daerah yang terdapat stretch mark selama beberapa menit hingga sari nya keluar.
4. Lalu biarkan sari kentang selama beberapa menit sampai kering
5. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku.
6. Lakukan secara teratur sampai mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah itu tadi beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan strech mark. Memang ada cream/ slaep yang bisa dengan cepat menghilangkan strech mark. Akan tetapi, kebanyakan dari salep/ cream penghilang stretch mark dibandrol dengan harga yang mahal. Jadi, dengan adanya bahan-bahan alami tadi, semoga bisa membantu kalian semua yaa. ^^

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



0 komentar:

Post a Comment

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.