Inilah Variasi Resep Kue Putri Salju Kekinian






Anisa AE - Kita semua mungkin sudah tahu apa itu kue putri salju. Jajanan khas yang biasa ada, bahkan wajib ada, pada saat hari raya ini, merupakan salah satu makanan yang sudah dikenal luas oleh berbagai lapisan masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan.

Namun, tidak semua orang mungkin menyadari bahwa kue putri salju sendiri telah mengalami cukup banyak adaptasi, penyesuaian bahkan variasi dalam bahan, sehingga ketika seseorang memakan kue salju di satu tempat bisa jadi akan berbeda rasa dan sensasinya dibandingkan ketika seseorang memakan kue salju dari tempat yang lain. Seperti apa perbedaanya? Mari kita simak dari sisi pembahasan resepnya.


Kue putri salju sendiri pada awalnya bukanlah berasal dari Indonesia, menurut sebagian literatur, kue ini berasal dari Eropa. Warna putih yang tampak pada kue ini pada asalnya terbuat dari bahan gula vanila, hanya saja karena di Indonesia sedikit sulit untuk mencari bahan tersebut, maka gula vanila ini diganti dengan gula halus atau gula bubuk.
Pada resep kue salju klasik, adonan kue selain terdiri dari tepung, telur dan mentega, juga menggunakan keju untuk menghasilkan rasa gurih pada kue. Sedangkan hari ini, kue putri salju bisa terdiri dari berbagai macam bahan sesuai dengan selera atau jenis yang dingin dibuat. Seperti misalnya, dengan menambahkan kacang almond bubuk pada adonan, selain untuk mendapatkan rasa gurih, menambahkan kacang almond bubuk pada adonan kue juga bisa memberikan “sensasi lumer” karena adonan kue tidak akan terlalu padat, dibandingkan jika hanya menggunakan tepung sebagai bahan untuk membuatnya. 

Selain mendapatkan tekstur kue yang berbeda, menambahkan kacang almond bubuk juga dapat memberikan sensasi aroma bau almond yang wangi, berbeda daripada jika hanya menggunakan tepung.

Namun bukan berarti resep ini sempurna, bagi yang sering memasak atau membuat kue mungkin akan mengerti, bahwa kacang almond merupakan salah satu bahan makanan yang harganya tidak murah. Selain itu, kacang almond juga belum tentu ada pada setiap musim ditambah lagi bahan ini kebanyakan hanya bisa didapatkan dengan cara impor. 

Sehingga, sebagian orang mengakali kondisi ini dengan mengganti kacang almond bubuk dengan kacang tanah bubuk. Kacang tanah relatif lebih mudah didapatkan di pasar dan pusat perbelanjaan serta memiliki harga yang lebih murah daripada kacang almond. Tentunya dengan konsekuensi jika menggunakan kacang tanah, jelas akan menghasilkan kue dengan rasa dan sensasi yang berbeda.

Baca juga: SPESIFIKASI HP OPPO A71 YANG AKAN MEMIKAT HATI KALIAN

Selain menggunakan bahan tambahan seperti kacang, kue putri salju hari ini juga ada yang menggunakan bahan tambahan seperti misalnya essence dan pewarna. Salah satu contohnya adalah kue putri salju pandan. Kue putri salju pandan memiliki warna kue yang berbeda dengan kue putri salju biasa. Hal ini karena pengaruh dari pewarna makanan yang ditambahkan. Selain itu, essence pandan yang diberikan juga akan memberikan cita rasa dan wangi daun pandan yang khas. 





Sebagian orang sangat menggemari kue-kue dan roti yang memiliki rasa pandan, dibandingkan dengan rasa vanila atau coklat. Hal inilah yang bisa jadi menyebabkan kue ini pun memiliki variasi rasa pandan.

Tidak berhenti sampai situ, kue ini juga masih mengalami variasi resep lagi dengan menggunakan bahan yang tidak biasa. Seperti misalnya kue putri salju rasa jeruk dan kue putri salju isi. Untuk kue putri salju jeruk, dibuat dengan menambahkan jeruk lemon pada adonan dan adonan kue yang sudah jadi nantinya akan ditaburi juga dengan gula jeruk jika tersedia. Sedangkan untuk kue putri salju isi, dapat divariasikan isinya sesuai dengan selera, seperti misalnya isi coklat, kismis atau yang lain.

Baca juga: FASHION WANITA YANG AKAN POPULER DI TAHUN 2018

Memang seiring dengan berkembangnya zaman, variasa makanan juga ikut berkembang. Salah satu putri salju ini. Kue kering berwarna putih seperti salju ini dari dulu selalu ada di meja saya ketika hari lebaran. Saya juga baru tahu jika Putri Salju itu ada banyak varian seperti yang saya sebutkan di atas.
Varian rasa dan rasa kekinian banget. Jadi buat yang bosan dengan rasa putrid salju itu-itu saja, sekarang bisa coba rasa lain yaa. Hehe.

Berbagai macam variasi dari kue putri salju ini, selain dapat dicoba sendiri, juga dapat didapatkan di Bukalapak. Bukalapak menyediakan berbagai jenis kue dengan berbagai varian rasa dan bentuk yang semuanya dapat dipesan dari mana saja dan kapan saja.

Yuk langsung cek Bukalapak untuk mendapatkan kue putri salju zaman now dan kekinian. Oh ya, share yuk di kolom komentar, variasi mana yang jadi favoritmu?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




40 comments:

  1. Kesukaankuuu!

    Kue yang wajib ada pas lebaran dan bakal dicemilin bertoples-toples seharian wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe memang enak banget sih kuenya. :)

      Delete
  2. Wiih di Bukalapak ada kue Putri Salju? Mantap. Kira2 bisa order yang ada keju di dalamnya nggak ya, hehe

    ReplyDelete
  3. Bisa dibuat variasi ya, Kue Putri Salju rasa jeruk, kayaknya menarik itu. Mungkin rasanya ada manis-manis jeruk yang segar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, perpaduan antara kue dan buah. Langsung coba order saja mbak hehe.

      Delete
  4. Kalau hari raya sering banget bikin atau kalau gak sempet juga beli atau pesen sama tetangga, rasanya enak banget lembut gitu... coba bisa dikreasikan lagi diberi cokelat diatasnya atau keju dan sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga suka banget sama Putri Salju, dan selalu sedia di rumah setiap lebaran. Wah kayaknya boleh juga tuh mbak idenya. :)

      Delete
  5. aku suka banget putri salju ini
    lumer lumer gimana gitu di mulut
    cus ah ke bukalapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, memang enak banget sih kuenya. :)

      Delete
  6. Meski semakin banyak variasi kue salju. Tapi nampaknya dengan tambahan bahan kacang masih jd kegemaran saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba, lidah orang kan memang berbeda-beda ya :)

      Delete
  7. suka yang asli Mbak, putih itu *maksudnya bukan yg ada essens pandannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang memang punya lidah yang berbeda-beda mbak hehe.

      Delete
  8. Sebelum baca keterangannya aku pikir ini rasa Matcha haha, kalau ngliat kue ijo2 gini aku ngabananginnya green tea mulu hahaha. AKu jg suka banget putri salju loh, next time bisa nih dicoba varian pandannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum warna hijau memang dominan ke matcha mbak, hehe iya selamat mencoba ya :)

      Delete
  9. ngilerrr... kapan yaa aku bisa bikin kueh :D

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Iya mba, bikin siapapun yang melihatnya jadi ngiler hehe.

      Delete
  11. Lebaran kemarain saya sering makan ini, Teh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue ini memang sudah menadi tradisi disetiap lebaran, gak heran sih kalau di rumah-rumah banyak ditemui kue sejenis ini.

      Delete
  12. Pantesan dinamakan kue Putri Salju krn ternyata berasal dari Eropa...
    Walaupun banyak variasinya, tapi saya selama ini baru pernah makan yg satu rasa dan rasanya tentu saja enak. Saya suka kue ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kapan-kapan nyobain yang variasi lain biar gak bosen :)

      Delete
  13. kue ini manis dan lembut. enak ini mbak, kalau bisa nyoba juga yang kekinian. rasa jeruk dan isian,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget, selamat mencoba ya :)

      Delete
  14. Jadi ini bisa diorder di BUkalapak ya mbak?
    Waahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk membeli kue ini jadi semakin mudah dengan bukalapak :)

      Delete
  15. aku pernah kepengeeen banget kue-kue lebaran kaya putri salju ini, ternyata ada juga ya dijual online di lain musim lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kue ini sekarang di jual tidak hanya waktu tertentu saja :)

      Delete
  16. wih. pasti weunaaak.
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  17. Berasa lebaran mba klo ada kue2 kering --termasuk putri salju itu di atas meja. Tapi aku suka sih...asal yang manisnya pas. Pernah aku beli, malah rasanya cenderung asin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah begitu ya? lidah orang memang berbeda-beda mbak.

      Delete
  18. Ini kue favorit anak mbarepku. Asik kayakny klo bs bikin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget tuh mbak, kalau sudah bisa membuat sendiri di rumah lebih baik membuat dari pada memebeli ya :)

      Delete
  19. Dulu waktu kecil makan kue ini , cuma tak emut , habis itu tak lepeh , cuma mau gulanya aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, maklum mas zaman kanak-kanak kan memang doyan banget sama yang manis-manis :)

      Delete
  20. Mba, ini kaya bikinan ibukuuuu...aduh jadi pengen Putri salju kaaan...huhuhu

    ReplyDelete
  21. Duh, favorit saya nih kue putri salju

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.